MENU TUTUP

Partai Demokrat Papua Buka Pendaftaran Balon Ketua DPC di 9 Kabupaten/Kota Wilayah Mamta dan Saireri

Sabtu, 26 November 2022 | 20:18 WIB / Andi Riri
Partai Demokrat Papua Buka Pendaftaran Balon Ketua DPC di 9 Kabupaten/Kota Wilayah Mamta dan Saireri Plt Ketua DPD Demokrat Papua, Willem Wandik didampingi para Ketua Panitia Muscab saat memberikan keterangan pers di kantor DPD Demokrat di jalan Amphibi Hamadi Kota Jayapura, Sabtu (26/11)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua membuka pendaftaran Bakal Calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 8 Kabupaten dan 1 Kota yang masuk dalam wilayah adat Mamberamo Tabi (Mamta) dan Saireri.

Pendaftaran dibuka terhitung mulai hari ini, Sabtu, 26 November hingga 1 Desember 2022 mendatang di kantor DPD Partai Demokrat Papua, jalan Amphibi Hamadi serta di setiap kantor DPC Kabupaten .

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Willem Wandik S.Sos dalam keterangan persnya di Jayapura, Sabtu sore mengatakan, pembukaan pendaftaran ini dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) yang akan digelar serentak di dua wilayah yakni Mamta dan Tabi pada tanggal 3 sampai dengan 5 Desember mendatang.

"Partai Demokrat dalam perkembangannya selama ini mengalami berbagai situasi dan kondisi yang naik turun seirama dengan dinamika partai yang dijalankan oleh kepengurusan partai dan jajarannya," ujar Willem yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPP Partai Demokrat.

Berkaitan dengan itu, lanjut ia, maka berdasarkan ketentuan pasal 85 Anggaran Dasar Partai Demokrat dan Peraturan Oraginisasi Partai Demokrat Nomor: PO/02/DPP-PD/V/2021, telah mengatur adanya kegiatan konsolidasi organisasi dan penyegaran kepengurusan baik ditingkat daerah, cabang, anak cabang, ranting dan anak ranting melalui penyelenggaraan musyawarah/musyawarah luar biasa dan penunjukan.

"Kegiatan Muscab ini adalah forum musyawarah Partai Demokrat dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis di tingkat cabang atau Kabupaten/Kota," ungkapnya. 

Melalui rapat koordinasi baik ditingkat DPD maupun DPP Partai Demokrat, telah disepakati bahwa pelaksanaan Muscab di Provinsi Papua dibagi dalam 5 (lima) zona wilayah adat yaitu, zona wilayah adat Mamberamo-Tabi (MAMTA) dipusatkan di Kota Jayapura, zona wilayah adat Saireri dipusatkan di Kabupaten Biak Numfor, zona wilayah adat Lapago dipusatkan di Kabupaten Wamena, zona wilayah adat Mepago dipusatkan di Kabupaten Nabire dan zona wilayah adat Anim-ha dipusatkan di Kabupaten Merauke.

Dengan demikian berdasarkan Surat Pemberitahuan Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat nomor: 89/BPOKK/DPP-PD/XI/2022, tanggal 24 November 2022 telah menyetujui dan memproyeksikan pelaksanaan Muscab serentak untuk pertama kali dilaksanakan di 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota di Provinsi Papua, antara lain Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mamberamo Raya untuk zona wilayah adat MAMTA (Mamberamo Tabi,red).

Lalu Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Waropen untuk zona wilayah adat SAIRERI.

Di akhir keterangan persnya, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat ini berpesan kepada seluruh kader yang dipercayakan sebagai panitia penyelenggara baik panitia pengarah (Steering Committee) maupun panitia pelaksana (Organizing Committee) serta semua peserta yang bakal hadir dalam pelaksanaan Muscab agar dapat tetap menjaga marwah Partai Demokrat dalam pelaksanaannya.

Terbuka Untuk Umum

Koordinator Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) Albert Bolang menjelaskan langkah selanjutnya pembukaan pendaftaran, pihaknya akan memberitahukan ke DPC bahwa seluruh kader telah diberi ruang untuk berkompetisi secara elegan dengan mengedepankan marwah organisasi untuk tetap mempertahankan Partai Demokrat sebagai partai yang merakyat.

"Kita juga menjaring calon-calon bukan hanya dari kader partai, tapi dibuka untuk umum. Jadi para tokoh yang ada di Papua terutama di daerah Mamta dan Saireri untuk dapat berkontribusi aktif, bisa mandaftar karena sudah dibuka saat ini hingga tanggal 1 Desember," jelas Albert.

"Kita akan siap memfasilitasi siapapun yang datang berkontribusi melalui Partai Demokrat melalui kerja kerja politik, demi kejayaan Papua dan NKRI, " sambungnya.

Sementara itu Ketua Panitia Muscab wilayah Mamta, Mustaqim membeberkan persyaratan untuk setiap calon yaitu harus mendapatkan dukungan 20 persen dari jumlah pemilik hak suara di daerahnya. Lalu harus mempunyai visi dan misi untuk membesarkan Partai Demokrat. 

"Pada prinsipnya kami sebagai Ketua Panitia untuk 5 Kabupaten/Kota wilayah Mamta siap untuk melaksanakan Muscab yang akan digelar di Kota Jayapura," tegas Mustaqim yang juga anggota DPR Papua dari fraksi Demokrat ini.

Hal senada juga ditegaskan Ketua Panitia Muscab Wilayah Saireri, Boy Markus Dawir.

"Pada prinsipnya kami panitiia sudah siap. Rencananya akan dilaksanakan tanggal 5 Desember. Namun kita akan melakukan verifikasi peserta mulai dari tanggal 4. Sehingga semua peserta baik dari Supiori, Yapen, Waropen itu sudah harus bergeser ke Biak pada tanggal 3," jelasnya menginfokan.

Legislator DPR Papua ini berharap, kepengurusan yang baru terplih nantinya dapat membenahi partai dan melakukan persiapan menghadapi Pemilu 2024.**


BACA JUGA

Demokrat Papua Gelar Muscab III Serentak Wilayah Mamta Tabi, Ini Pesan Ketum AHY

Sabtu, 03 Desember 2022 | 17:18 WIB

Demokrat Nyatakan Tidak Percaya Terhadap Ketua DPR Papua

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:44 WIB

Rayakan Hut ke-20 Partai Demokrat, Ini Pesan Lukas Enembe Untuk Para Kader

Kamis, 09 September 2021 | 20:56 WIB

Massa Demokrat Ancam Duduki Kantor Gubernur Papua dan Minta Sekda Flassy Dicopot

Jumat, 25 Juni 2021 | 16:04 WIB
TERKINI
Ketua Peradi Kota Jayapura, Petrus Paulus Ell

Peradi Kota Jayapura Akan Memberikan Bantuan Hukum Secara Gratis Kepada Masyarakat

2 Jam yang lalu

DPD PDIP Papua akan Gelar Hajatan Besar 8 - 9 Februari di GOR Cenderawasih Jayapura

8 Jam yang lalu

Dua Korban Perahu Karam di Sungai Mamberamo Ditemukan Meninggal Dunia

15 Jam yang lalu

Seorang Pemilik Bengkel Terluka Parah Dibacok OTK di Intan Jaya

18 Jam yang lalu

Dipilih Secara Aklamasi, Gubernur Waterpauw Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se Tanah Papua

18 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com