MENU TUTUP

Danrem 172/PWY Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Wapres ke Papua

Minggu, 27 November 2022 | 14:56 WIB / Andi Riri
Danrem 172/PWY Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Wapres ke Papua Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring memimpin apel gelar pasukan di lapangan Trisila Lantamal X Hamadi, Minggu (27/11) siang/dok:Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kunjungan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin ke Papua, yang dijadwalkan tiba, Senin (28/11) malam di bandara Sentani Kabupaten Jayapura.

Apel gelar pasukan berlangsung di Lapangan Trisila X Hamadi Jayapura, Minggu (27/11). Sebanyak 3.000 personil gabungan TNI Polri diturunkan untuk mengamankan kunjungan tamu VVIP ini.

Danrem JO yang juga selaku Komandan Satgas Pengamanan Wilayah kunjungan Wapres, kepada wartawan menyatakan, apel ini digelar dalam rangka pengecekan pasukan yang akan melakukan pengamanan VVIP di setiap titik, termasuk lokasi yang akan dikunjungi oleh Wapres.  

"Ini adalah kunjungan simbol negara dalam hal ini bapak Wakil Presiden yang rencananya besok (senin,red) akan tiba. Jadi hari ini kita sudah cek dan kita akan masuk pada posisi masing-masing yang telah ditentukan. Selanjutnya masing-masing unsur akan melakukan pengendalian pengawasan," ujar Danrem.

Ia berharap semua pihak terutama para Tokoh baik Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan semua warga yang ada di Kota maupun Kabupaten Jayapura, untuk bersama sama menjaga kedamaian, ketentraman selama kunjungan Wakil Presiden di Papua.

"Mari kita tunjukkan bahwa kota ini penuh keramahan, kota ini penuh kedamaian karena setiap kunjungan VVIP pasti ada efek domino bagi masyarakat setempat," imbau Danrem.

Penekanan Personil 

Di kesempatan itu, ia juga menekankan kepada seluruh personil yang bertugas agar tetap mengantisipasi adanya pergerakan warga yang ingin menghambat kelancaran kegiatan kunjungan Wapres. Belajar dari peristiwa di Bali, seorang wanita berhasil menerobos pengamanan dan mendekati mobil Presiden.

"Memang masyarakat kita ini banyak yang antusias bahkan ada yang over akting. Namun tetap saya sampaikan, kita lakukan langkah-langkah persuasif terhadap masyarakat yang akan menghambat kegiatan ini," tekannya.

Juga untuk masyarakat, Danrem kembali mengimbau agar bisa bersama sama memberikan contoh yang baik ke daerah lain. 

"Agar kejadian di Bali itu tidak terulang di Papua," imbuhnya.

"Pada intinya jika tamu VVIP ada masyarakat kumpul, maka kita akan mewadahi. Kita berharap tidak ada yang main selonong boy (terobos,red)," harapnya.

Kunjungan Wapres ke Papua rencananya dalam rangka meresmikan gedung kantor Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang dijadwalkan pada Selasa, 29 November 2022. Lalu pertemuan dengan Pemerintah Daerah Papua serta mengunjungi salah satu PAUD yang ada di Jayapura.**


BACA JUGA

Kasrem 172/PWY Kini Dijabat Kolonel Inf Bobbie Triyantho, Pejabat Sebelumnya jadi Danrem 063/SGJ

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:32 WIB

Bertemu Para Tokoh Papua, Cawapres Gibran Janjikan Dorong RUU Masyarakat Hukum Adat

Jumat, 26 Januari 2024 | 14:41 WIB

Kampanye di Papua, Cawapres Gibran Kunjungi Pasar Pharaa Sentani

Jumat, 26 Januari 2024 | 08:16 WIB

Pasca Rusuh, Danrem 172/PWY Kunjungi Distrik Namblong Pastikan Situasi Kondusif

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:03 WIB

Mendadak Dipanggil Presiden, Wapres Batalkan Kunjungan ke Jayawijaya dan Merauke

Kamis, 12 Oktober 2023 | 10:34 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

4 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

4 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

4 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

11 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com