MENU TUTUP

Kapolda Papua Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022

Kamis, 22 Desember 2022 | 19:19 WIB / Andi Riri
Kapolda Papua Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 Pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Kepolisian Daerah Papua menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 dalam rangka mempersiapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

Apel yang berlangsung lapangan Mako Brimob Polda Papua, Kamis (22/12) dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.

Hadir dalam kegiatan apel, Kabinda Papua Mayjen TNI Gustav Agus Irianto, Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H, PJU Polda Papua, Kepala BNN Papua Brigjen Pol Drs. Rahmat Hidayat, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nanang Haryono, Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Inf. Arif Budi Situmeang dan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Papua Bapak Sunarto.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Papua, menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. 

"Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif," ujarnya.

Lanjut, momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini. 

2.470 Personil Disiagakan

Sementara itu Operasi Lilin 2022, khusus di Provinsi Papua sebanyak 2.470 personil disiagakan terdiri dari 350 personel Polda Papua dan 2.120 personel Polres jajaran.

Kapolda menyampaikan, pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular. 

Oleh karena itu, Kapolda meminta untuk lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi peduli lindungi.

"Pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan," tuturnya.

Sterilisasi Lokasi Ibadah

Kemudian khusus pengamanan ibadah natal, Kapolda Fachiri menekankan, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, k-9 dan Densus 88/ AT. 

Tidak hanya itu, juga harus melibatkan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama. 

“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas," tegasnya.

Di akhir amanat Kapolda Papua mengucapkan selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Semoga cahaya dan cinta kasih tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

"Selamat bertugas dan Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, serta perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," pungkas Kapolda.**


BACA JUGA

Bertemu Polisi New Zealand, Kapolda Papua: Ada Pihak Manfaatkan Isu Penyanderaan Kapten Philips

Senin, 26 Februari 2024 | 19:05 WIB

Sebanyak 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Mencoblos, Terbanyak Daerah yang Gunakan Sistem Noken

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:43 WIB

Konflik Warga di Kampung Karya Bumi Nimboran, Kedua Pihak Sepakat Damai

Minggu, 07 Januari 2024 | 05:47 WIB

Kapolda Papua Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utama dan Dua Kapolres

Kamis, 04 Januari 2024 | 18:33 WIB

Kapolda Papua: Pendekatan Kesejahteraan Tetap Dikedepankan dalam Penanganan KKB di 2024

Senin, 01 Januari 2024 | 08:04 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

8 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

9 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

11 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

11 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

11 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com