MENU TUTUP

Babinsa Kodim Jayapura Kunjungi Warga yang Mengungsi Akibat Gempa

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:25 WIB / Andi Riri
Babinsa Kodim Jayapura Kunjungi Warga yang Mengungsi Akibat Gempa Babinsa Koramil Jayapura Utara mengunjungi pasien di RSUD Jayapura yang terpaksa dilarikan keluar ruangan akibat gempa yang terus berulang sejak Senin lalu/dok:Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Babinsa Koramil Jayapura Utara Kodim 1701/Jayapura, mengunjungi warga yang sempat mengungsi karena panik usai rentetan gempa susulan yang mengguncang Kota Jayapura, Papua, sejak Senin (02/01) lalu.

Puluhan warga yang mendiami kawasan Kelurahan Trikora memilih mengungsi ke lapangan Kampung Baru, pada Selasa (03/01) malam karena khawatir terjadi tsunami pasca gempa, apalagi air laut sempat surut usai terjadinya gempa, begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di lereng gunung dan kali memilih mengungsi akibat gempa susulan yang terus terjadi.

“Semalam masyarakat yang tinggal di sekitar lereng gunung dan kali di Kelurahan Trikora memilih mengungsi ke daerah aman karena takut gempa berkekuatan Magnitudo 5,2 semalam, ditambah lagi gempa susulan yang terus terjadi membuat mereka takut terjadinya longsor,” ujar Babinsa Sertu Asri, Rabu (04/01) siang.

Ia menjelaskan, dari laporan Ketua RT setempat, Imanuel Ukago, beberapa warganya mengungsi di lapangan Kampung Baru Kelurahan Trikora.

"Masyarakat dan Ketua RT yang lain berharap ada bantuan dan dukungan tenda pengungsian jika sewaktu-waktu hal seperti ini terus terjadi. Masyarakat takut kembali kerumahnya dikarenakan berada dilereng gunung dan kali,” terangnya.

Saat ini masyarakat sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Begitu pula dengan pasien di RSUD Dok II yang panik dan keluar gedung kini sudah kembali ke ruangan bangsal masing-masing.

Sementara itu Dandim 1701/Jayapura, Kolonel Inf Richard Y. Sangari mengimbau masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya untuk tidak panik.

"Kami harapkan kepada masyarakat untuk tidak panik dan terus waspada. Seluruh informasi akan terus diupdate oleh pihak BMKG. Saya minta masyarakat sebaiknya berhati-hati dan memperhatikan kondisi bangunan yang ditinggali, sebab gempa susulan bisa semakin memperparah bangunan yang sebelumnya hanya rusak ringan," harapnya.

Untuk diketahui hingga Rabu sore, telah terjadi 287 kali gempa susulan dengan intensitas sedang.

Dari data BMKG Wilayah V Jayapura, jumlah gempa yang mengguncang Kota Jayapura sebanyak 287 kali. Dari jumlah itu, 34 kali dirasakan oleh masyarakat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

"Berdasarkan hasil pengamatan BMKG pasca gempa bumi magnitudo 4,9 hari Senin kemarin hingga hari ini (Rabu-red) jumlah gempa bumi yang terjadi di wilayah Kota Jayapura sebanyak 287 kali dengan 34 gempa di antaranya dirasakan oleh masyarakat Kota Jayapura dengan kekuatan terbesar M5,2 pada Selasa malamq," kata Koordinator bidang Observasi Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura, Danang Pamuji ketika dikonfirmasi pada Rabu (04/01/2023) sore.**

 


BACA JUGA

Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,2, Puskesmas Airu Rusak Ringan

Senin, 03 Juli 2023 | 17:05 WIB

Hadiri Pelantikan Panitia Pemilihan MRPP, Dandim Jayawijaya Berharap Semoga Amanah Jalankan Tugas

Kamis, 13 April 2023 | 09:39 WIB

Dandim 1701/Jayapura Kini Dijabat Letkol Inf Henry Widodo

Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:29 WIB

Polda Papua Berikan Trauma Healing Kepada Warga Terdampak Gempa di Jayapura

Minggu, 12 Februari 2023 | 19:26 WIB

Korban Akibat Gempa Tektonik di Kota Jayapura Bertambah Jadi 22 Orang

Jumat, 10 Februari 2023 | 12:48 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

9 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

10 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

10 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

17 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com