MENU TUTUP

Ciptakan Sitkamtibmas Kondusif, TNI di Pegubin Gencar Lakukan Pendekatan Humanis ke Masyarakat

Senin, 23 Januari 2023 | 14:36 WIB / Andi Riri
Ciptakan Sitkamtibmas Kondusif, TNI di Pegubin Gencar Lakukan Pendekatan Humanis ke Masyarakat Pabung Kodim 1715/Yahukimo Mayor Arh Soni B.S. Simanjuntak memimpin patroli malam di Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang/dok:Penrem172

OKSIBIL, wartaplus.com - Aparat keamanan TNI Polri di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan terus berupaya menciptakan situasi keamanan di tengah masyarakat agar tetap kondusif, pasca serangkaian aksi teror yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris (KST) Kodap XXXV pimpinan Ananias Ati Mimin.

Seperti kegiatan patroli gabungan dan pengamanan bandara yang terus diintensfkan di wilayah Oksibil yang merupakan pusat kota dari kabupaten Pegunungan Bintang.

"Ini dilakukan agar masyarakat bisa kembali merasakan kenyamanan dan keamanan terutama dalam beraktivitas di kota Oksibil yang merupakan barometer kegiatan sosial ekonomi di Kabupaten Pegunungan Bintang," ungkap Pabung Kodim 1715 Mayor Arh Soni Simanjuntak, Minggu (22/01) malam.

Ia menuturkan, bersama dengan pihak Kepolisian terus berupaya melakukan himbauan dan ajakan kepada masyarakat secara persuasif sehingga masyarakat bisa berasama-sama menjaga kantibmas di wilayah kota oksibil.

"Atas dasar himbauan secara berkesinambungan tersebut, kesadaran masyarakat yang selama ini masih kurang akhirnya mulai terbangun," ujarnya. Ini terlihat dengan mulai aktifnya masyarakat baik orang asli Papua maupun masyarakat non Papua yang bersama sama melaksanakan siskamling (jaga malam,red) hingga subuh.

"Seperti yang terlihat di Kampung Balusu jalan Aldom dan di Kampung Kabiding Lokasi 3, dimana masyarakat secara sadar tanpa diperintahkan mulai melakukan penjagaan untuk mengantisipasi adanya gangguan kembali dari kelompok KST yang sangat meresahkan masyarakat," terangnya.

Pabung menambahkan, pihaknya akan terus upaya-upaya serupa agar dapat terus membangun kesadaran masyarakat Kota Oksibil hingga ke seluruh pelosok-pelosok kampung.

"Mari kita bersama-sama menciptakan keamanan kondusif dan tidak membiarkan kelompok-kelompok pengacau menganggu kenyamanan masyarakat," ajaknya.

Melihat antusias masyarakat yang mulai terbangun dalam upaya menjaga keamanan di wilayah Kota Oksibil sambil melaksanakan patroli malam ditengah dinginnya udara pegunungan Oksibil, sekitar pukul 24.00 WIT, Pabung bersama Koramil 1715/Oksibil menyempatkan memberikan bantuan makanan dan minuman untuk menambah semangat dan moril masyarakat di Kampung Balusu Jalan Aldom dan masyarakat di Kampung Kabiding Lokasi 3 yang sedang melaksanakan jaga malam.

Terlihat senyum dan wajah yang bahagia dari masyarakat ketika menerima bantuan makanan dan minuman dari rombongan TNI.

Sambil bersalam-salaman dan tertawa bersama tidak lupa Pabung mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa keamanan bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI-Polri tetapi menjadi tanggungjawab bersama. 

Selesai memberikan bantuan makanan dan minuman untuk masyarakat yang melaksanakan jaga malam, Pabung bersama rombongan melanjutkan patroli malam. 

Hingga berita ini diturunkan situasi Kota Oksibil saat ini sudah mulai Kembali kondusif berkat upaya aparat TNI-Polri dan bantuan dari masyarakat yang mulai melaksanakan penjagaan.**


BACA JUGA

Tali Jembatan Gantung Putus, 4 Anggota TNI-Polri Terjatuh ke Sungai Digoel

Sabtu, 28 Januari 2023 | 18:48 WIB

TNI Lakukan Trauma Healing Kepada Warga Khususnya Anak-Anak Pasca Aksi Teror di Pegubin

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:30 WIB

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rutin Gelar Patroli Humanis Sekaligus Mengajar Siswa SD Batom

Kamis, 26 Januari 2023 | 07:06 WIB

TNI Polri, Pemda dan Masyarakat Bergotong Royong Bangun Kembali Distrik Kiwirok

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:55 WIB

Danrem 172/PWY Turun Langsung ke Oksibil Pastikan Situasi Keamanan Kondusif

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:20 WIB
TERKINI

Seorang Anak Balita di Jayapura Dianiaya Secara Keji oleh Ayah Kandungnya

7 Jam yang lalu

Tali Jembatan Gantung Putus, 4 Anggota TNI-Polri Terjatuh ke Sungai Digoel

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

1 Hari yang lalu

Polisi Bersama Komunitas Cap Panah Merah, Panen Cabai dan Tomat di Merauke

1 Hari yang lalu

Bocah 12 Tahun Nyaris Jadi Korban Penculikan di Sentani

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com