MENU TUTUP

Ciptakan Sitkamtibmas Kondusif, TNI di Pegubin Gencar Lakukan Pendekatan Humanis ke Masyarakat

Senin, 23 Januari 2023 | 14:36 WIB / Andi Riri
Ciptakan Sitkamtibmas Kondusif, TNI di Pegubin Gencar Lakukan Pendekatan Humanis ke Masyarakat Pabung Kodim 1715/Yahukimo Mayor Arh Soni B.S. Simanjuntak memimpin patroli malam di Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang/dok:Penrem172

OKSIBIL, wartaplus.com - Aparat keamanan TNI Polri di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan terus berupaya menciptakan situasi keamanan di tengah masyarakat agar tetap kondusif, pasca serangkaian aksi teror yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris (KST) Kodap XXXV pimpinan Ananias Ati Mimin.

Seperti kegiatan patroli gabungan dan pengamanan bandara yang terus diintensfkan di wilayah Oksibil yang merupakan pusat kota dari kabupaten Pegunungan Bintang.

"Ini dilakukan agar masyarakat bisa kembali merasakan kenyamanan dan keamanan terutama dalam beraktivitas di kota Oksibil yang merupakan barometer kegiatan sosial ekonomi di Kabupaten Pegunungan Bintang," ungkap Pabung Kodim 1715 Mayor Arh Soni Simanjuntak, Minggu (22/01) malam.

Ia menuturkan, bersama dengan pihak Kepolisian terus berupaya melakukan himbauan dan ajakan kepada masyarakat secara persuasif sehingga masyarakat bisa berasama-sama menjaga kantibmas di wilayah kota oksibil.

"Atas dasar himbauan secara berkesinambungan tersebut, kesadaran masyarakat yang selama ini masih kurang akhirnya mulai terbangun," ujarnya. Ini terlihat dengan mulai aktifnya masyarakat baik orang asli Papua maupun masyarakat non Papua yang bersama sama melaksanakan siskamling (jaga malam,red) hingga subuh.

"Seperti yang terlihat di Kampung Balusu jalan Aldom dan di Kampung Kabiding Lokasi 3, dimana masyarakat secara sadar tanpa diperintahkan mulai melakukan penjagaan untuk mengantisipasi adanya gangguan kembali dari kelompok KST yang sangat meresahkan masyarakat," terangnya.

Pabung menambahkan, pihaknya akan terus upaya-upaya serupa agar dapat terus membangun kesadaran masyarakat Kota Oksibil hingga ke seluruh pelosok-pelosok kampung.

"Mari kita bersama-sama menciptakan keamanan kondusif dan tidak membiarkan kelompok-kelompok pengacau menganggu kenyamanan masyarakat," ajaknya.

Melihat antusias masyarakat yang mulai terbangun dalam upaya menjaga keamanan di wilayah Kota Oksibil sambil melaksanakan patroli malam ditengah dinginnya udara pegunungan Oksibil, sekitar pukul 24.00 WIT, Pabung bersama Koramil 1715/Oksibil menyempatkan memberikan bantuan makanan dan minuman untuk menambah semangat dan moril masyarakat di Kampung Balusu Jalan Aldom dan masyarakat di Kampung Kabiding Lokasi 3 yang sedang melaksanakan jaga malam.

Terlihat senyum dan wajah yang bahagia dari masyarakat ketika menerima bantuan makanan dan minuman dari rombongan TNI.

Sambil bersalam-salaman dan tertawa bersama tidak lupa Pabung mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa keamanan bukan hanya menjadi tanggungjawab TNI-Polri tetapi menjadi tanggungjawab bersama. 

Selesai memberikan bantuan makanan dan minuman untuk masyarakat yang melaksanakan jaga malam, Pabung bersama rombongan melanjutkan patroli malam. 

Hingga berita ini diturunkan situasi Kota Oksibil saat ini sudah mulai Kembali kondusif berkat upaya aparat TNI-Polri dan bantuan dari masyarakat yang mulai melaksanakan penjagaan.**


BACA JUGA

Ops Damai Cartenz Gencarkan Patroli dan Sambang di Distrik Kiwirok, Pastikan Keamanan Masyarakat

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:14 WIB

Bupati Spei Bidana Raih Penghargaan Sebagai Alumni Berprestasi dari UGM

Kamis, 16 November 2023 | 06:22 WIB

Di Masa Kepemimpinan Spei Bidana, Pegubin Raih Penghargaan Nasional Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023

Rabu, 08 November 2023 | 08:43 WIB

Kaskogabwilhan III: Korban Pembantaian KST di Yahukimo Bukan Intelijen TNI, Murni Masyarakat Sipil

Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:32 WIB

Pasca Gangguan KST, TNI Dampingi Warga yang Mengungsi Kembali ke Distrik Serambakon

Selasa, 17 Oktober 2023 | 05:30 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

14 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

15 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

17 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

17 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

17 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com