MENU TUTUP

Pasca Teror KKB, Distrik Suru suru Semakin Kondusif, Warga Mulai Kembali

Senin, 20 Februari 2023 | 07:10 WIB / Andi Riri
Pasca Teror KKB, Distrik Suru suru Semakin Kondusif, Warga Mulai Kembali Sejumlah warga yang telah kembali ke Distrik Suru suru setelah sebelumnya mengungsi akibat teror KKB/dok:Penrem172

DEKAI, wartaplus.com – Setelah sebelumnya pada 28 Januari 2023 lalu, Kepala Distrik Suru suru Kabupaten Yahukimo, Sepanya Payage bersama sejumlah warga telah kembali, usai mengamankan diri akibat adanya teror KKB. Kini beberapa warga lainnya pun menyusul kembali ke kampung halamannya.

Dari laporan yang diterima, pada Sabtu (18/02), sebanyak 4 orang masyarakat dengan membawa Bendera Merah Putih tiba di Kampung Suru-suru dalam keadaan aman dan disambut oleh Danpos Satgas Yonif R 600/Modang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring saat dihubungi, pada Minggu (19/02). 

Danrem menuturkan, ini merupakan kemajuan dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh TNI bersama Pemerintah Kabupaten Yahukimo selama ini, untuk meyakinkan masyarakat bahwa di wilayah tersebut telah aman.

Danrem menjelaskan Satgas Yonif R 600/Modang telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan Distrik tersebut aman agar masyarakat dapat kembali ke kampung halamannya.

“Wilayah ini merupakan bagian dari Kodim 1715/Yahukimo Korem 172/PWY. Namun Satgas yang ditugaskan dibawah Komando Korem 174/ATW. Saya apresiasi dan bangga daerah tersebut sudah aman dan sudah ada masyarakat yang kembali dan menetap,” ujar Danrem.

Ia menyebut, saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang telah menetap dipimpin oleh Kepala Distrik Suru-suru, Sepanya Payage.

“Beberapa masyarakat sebelumnya juga datang untuk melihat kondisi kampung, namun kembali lagi ke tempat mereka mengamankan diri. Saya berharap informasi wilayah tersebut sudah aman segera tersebar luas ke masyarakat Suru-suru yang saat ini mengamankan diri ke beberapa wilayah,” harapnya.

Lanjut Danrem, ia juga telah memerintahkan Dandim 1715/Yahukimo untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Yahukimo agar masyarakat dapat segera kembali, sehingga pemerintahan dan roda perekonomian distrik tersebut kembali berjalan.

Untuk diketahui, sejak November 2021, masyarakat Distrik Suru suru memilih meninggalkan kampung halamannya akibat adanya teror dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Sejak saat itu Suru Suru bagai kota hantu, karena tidak ada satupun warga yang tinggal. Kini, daerah tersebut telah dijaga oleh Satgas TNI Yonif R 600/Modang.** 

 


BACA JUGA

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB
TERKINI

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

3 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

5 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

6 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

21 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com