MENU TUTUP

Kolaborasi Laskar Merah Putih Papua dengan Kodam Cenderawasih Bangun Tugu Pancasila

Selasa, 02 Mei 2023 | 19:15 WIB / Andi Riri
Kolaborasi Laskar Merah Putih Papua dengan Kodam Cenderawasih Bangun Tugu Pancasila Pangdam XVII/Cenderawasih foto bersama anggota Laskar Merah Putih di depan Tugu Pancasila yang baru diresmikan, Senin (01/05)/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com - Laskar Merah Putih Papua bersinergi dan berkolaborasi dengan Kodam XVII/Cenderawasih dan Korem 172/PWY dalam pembangunan serta peresmian Tugu Pancasila di Kampung Kalimao, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, dimana Tugu Pancasila tersebut telah diresmikan langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang dihadiri sekitar 1000 orang dari perwakilan pejabat Forkopimda, tokoh pemuda, tokoh adat, ormas, OKP, Perwakilan Mabes LMP Pusat, Paguyuban Nusantara, mantan simpatisan KST dan masyarakat Adat Waris, Senin (01/05/2023).

Dalam sambutannya, Pangdam mengungkapkan bahwa pembangunan Tugu Pancasila tersebut dipelopori oleh Ormas Laskar Merah Putih Papua, guna untuk menegaskan Papua merupakan bagian dari NKRI. 

Dimana sebelumnya di wilayah Distrik Waris dikenal oleh masyarakat Papua sebagai tempat deklarasi pertama kalinya perjuangan Papua Merdeka yang dilakukan oleh Seth Jafet Rumkorem sebagai Presiden Papua Barat dan Jacob Prai sebagai Ketua DPR (Legislatif).

"Momentum ini adalah momentum bersatunya orang Papua untuk merubah pandangan orang luar bahwa Waris merupakan daerah aman dan merubah pemikiran masyarakat Waris tentang 1 Desember, tidak menjadi hari yang menakutkan, terima kasih kepada saudara-saudara kami yang pernah berjuang untuk Papua di hutan-hutan, sekarang juga mari kita berjuang sama-sama untuk Papua, mari kita sama-sama merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari ketertinggalan," ajak Pangdam Saleh.

Simbol Persatuan Kesatuan

Pada kesempatan yang sama Ketua Laskar Merah Putih Papua Wilhemus Rollo, yang biasa disapa Kamada menanggapi dan menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak baik langsung maupun tidak langsung sehingga Laskar Merah Putih Papua dapat merealisasikan agenda organisasi.

Kamada berharap dengan adanya Tugu Pancasila ini dapat menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta kedepan lokasi tersebut dapat menjadi embrio ekonomi masyarakat Keerom khususnya Waris sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Waris.

"Saya secara pribadi mewakili LMP sangat berterimakasih  khususnya kepada Kodam XVII/Cenderawasih dan Korem 172/PWY sehingga hari ini tepat tanggal 1 Mei 2023 Tugu Pancasila dapat diresmikan dan saya mengharapkan lokasi Tugu Pancasila ini ke depan dapat menjadi embrio ekonomi masyarakat Waris, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Kami LMP sangat bahagia karena bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kodam dan Korem bisa berhasil sukses di hari ini," katanya. 

Kedepan, sambungnya, LMP siap bekerjasama dan siap menjadi Garda terdepan untuk membantu TNI/Polri serta pemerintah untuk mendukung Pembangunan sehingga tercapainya Papua maju, Aman, Damai dan Sejahtera.

"Sekiranya selama ini TNI Khususnya Panglima Kodam XVII Cenderawasih dan Komandan Korem 172/PWY cukup bekerja keras menjaga Papua dengan penggalangan terhadap masyarakat Papua. Saya pernah melihat motto Korem 172/PWY mengobati, menyembuhkan luka, mengubur dendam dan memperkuat kohesi itu sangat tepat dan wajar Korem dan Kodam bisa dekat dengan masyarakat Papua," pungkasnya.**

 


BACA JUGA

Pangdam Izak Hadiri Perayaan Natal Bersama Jajaran Kesdam XVII/Cenderawasih

Minggu, 14 Januari 2024 | 06:49 WIB

Peresmian Kodim 1704/Mappi Diharapkan dapat Membantu Pemda Ciptakan Kondusifitas Daerah

Jumat, 22 Desember 2023 | 04:52 WIB

Pangdam Cenderawasih Pimpin Sertijab Kasdam, Asrendam, Aspers Kasdam, Katopdam dan Dandeninteldam

Rabu, 06 Desember 2023 | 19:01 WIB

Safari Pemilu di Papua Pegunungan, Pangdam Cenderawasih Singgung Kerawanan Konflik Sosial yang Harus Diwaspadai

Minggu, 08 Oktober 2023 | 17:47 WIB

Pangdam Cenderawasih Benarkan 2 Senpi yang Disita dari KKB Pegubin Milik TNI

Kamis, 05 Oktober 2023 | 19:00 WIB
TERKINI

Maraknya Aksi Pencurian Pasca Ricuh, Pj Bupati Puncak Jaya: akan Ditindak Tegas

2 Jam yang lalu

Pemkab Tolikara Sukses Salurkan Dana Desa Tahap Pertama di 541 Kampung

5 Jam yang lalu

Dana Desa Diduga Dibawa Kabur Kepala Kampung Ampera, Ini Penegasan Pj Bupati Tolikara

11 Jam yang lalu

Situasi Puncak Jaya Berangsur Kondusif, Pj Gubernur Imbau Hentikan Sebar Informasi Hoax

13 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Pimpin Rakor Pastikan Situasi Kembali Kondusif Pasca Ricuh

14 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com