MENU TUTUP

Tekan Inflasi, Pemda Puncak Jaya Gelar Pasar Murah di Distrik Muara

Kamis, 19 Oktober 2023 | 15:48 WIB / Andi Riri
Tekan Inflasi, Pemda Puncak Jaya Gelar Pasar Murah di Distrik Muara Pj Bupati H. Tumiran didampingi Pj Ketua TP-PKK Ny Hj. Manikem Tumiran saat meninjau pasar Murah di Distrik Muara, Kamis (19/10)/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Guna menekan laju inflasi daerah, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Pasar Murah di Distrik Muara, Kamis (19/10).

Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos, M.AP, didampingi Pj Ketua TP-PKK Ny. Manikem Tumiran bersama Pj Sekda Puncak Jaya Yubelina Enumbi, SE, MM dan sejumlah Pejabat Eselon II berkesempatan meninjau pelaksanaann pasar murah.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperindag Ewonggen menyebutkan, ada sebanyak 2.000 paket sembako yang disediakan untuk dijual dengan harga Rp100 ribu/paket. Setiap paket berisi Gula, Kopi, Garam, Ajinomoto, Minyak Goreng 2 Liter, Supermi dan Susu

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk menekan laju inflasi dalam daerah, sehingga dapat menjangkau daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok. Ini merupakan upaya Pemerintah Daerah sehingga kegiatan Pasar Murah boleh terlaksana hari ini,” kata Ewonggen.

Sementara itu, Pj Bupati H. Tumiran dalam kunjungannya menyampaikan, kegiatan pasar murah ini dilaksanakan untuk membantu meringankan beban masyarakat agar bisa mendapatkan kebutuhan pokok masyarakat, dengan harga yang lebih murah di tengah harga sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan harga (inflasi).

"Pemerintah Daerah terus mengupayakan langkah-langkah untuk membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Puncak Jaya, salah satunya pembangunan Ruko Pasar Muara yang sampai saat ini belum beroperasional," ungkapnya.



Pj Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk mulai menggunakan Pasar Muara, terutama para pegawai. "Pasar ini harus benar-benar dimanfaatkan, minimal belanja  dua kali seminggu disini. Serta bersama-sama menjaga keamanan yang ada di pasar, agar yang mengisi ruko nantinya juga merasa aman," harapnya.

Mewakili masyarakat, Mama Jubena mengaku, ingin sekali berjualan bahkan tidak dua kali dalam seminggu tapi setiap hari.
"Tapi kami terkendala lampu dan air, sehingga membuat masyarakat yang ingin mengisi ruko menjadi terkendala,” keluhnya.

Mama Jubena juga berpesan kepada para penjual yang ingin berjualan, harus menjual sayur yang besar-besar dan segar setiap ikatnya supaya pembeli senang.

"Mama-mama yang ada di Distrik Muara juga tidak perlu jauh-jauh membawa jualannya lagi, karena Pasar Muara sudah ada,” pesannya.

Kegiatan pasar murah merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Indonesia Jokowi melalui Mendagri Tito Karnavian. Dimana menginstruksikan agar mendukung terwujudnya ketahanan pangan di daerah dalam rangka pengendalian inflasi.  Kegiatan pasar murah ini sangat disambut antusias oleh masyarakat yang datang berdesakan untuk antri membeli sembako.

Selanjutnya Pj Bupati H. Tumiran yang didampingi Ny. Manikem beserta Pj Sekda Yubelina dan rombongan memantau mama-mama yang sedang berjualan dipasar, masyarakat yang berada di lokasi pun sangat antusias dengan kehadiran Pejabat di Kabupaten Puncak Jaya tersebut.

Sambil berkeliling di lokasi pedagang sayur, Pj Bupati H. Tumiran menyempatkan diri untuk berbincang dengan mama-mama yang berjualan dipasar dan membeli sayuran serta buah hasil kebun pasar tersebut.

Pj Bupati H. Tumiran beserta Rombongan kemudian berkunjung ke lokasi PLTA untuk memantau langsung permasalahan listrik yang terjadi di Distrik Muara. Pihaknya menyatakan akan mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut.(adv/valent)


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

1 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

1 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

15 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com