MENU TUTUP

Bappeda Puncak Jaya Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

Sabtu, 02 Desember 2023 | 07:14 WIB / Andi Riri
Bappeda Puncak Jaya Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045 Pj Bupati Puncak Jaya berfoto bersama para pejabat yang hadir di Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Puncak Jaya, Bappeda Kabupaten Puncak Jaya menggelar Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2025-2045. Kegiatan Berlangsung di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (30/11) lalu.

Forum ini dihadiri Pj Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos, M.AP, Pj Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM, Ketua Komisi B DPRD Mendi Wonerengga, Kepala Bappeda Temin Enumbi, S.IP, serta menghadirkann Narasumber Utama Ahli Kebijakan Publik Dr. Andri, S.IP, M.Si, Ahmad Riyadi, SE, M.Si. Sementara peserta dari pemerintahan, TNI Polri dan perwakilan stake holder.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Temin Enumbi menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan penting dalam menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan dengan kurun waktu RPJPD, sesuai dengan kurun waktu RPJPN serta periodesasi RPJPD 2005-2025 akan berakhir pada tahun 2025.

Sementara itu, Pj Bupati H. Tumiran dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan peraturan per Undang-undangan dengan amanat UU No 25 Tahun 2004 dan juga berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017, selaku Pj Bupati mendapatkan tugas khusus terkait dengan penyiapan RPJPD 2025-2045.

"Kabupaten Puncak Jaya beberapa bulan lalu telah menjalin kerjasama antara narasumber yang kami nilai sangat ahli dan berkompeten,” ujarnya.

Menurut Pj Tumiran, Forum Konsultasi Publik ini menandai langkah awal yang positif dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Puncak Jaya, dengan harapan bahwa visi "Puncak Jaya Maju dan Sejahtera Secara Berkelanjutan Berlandaskan Semangat YABU EERUWOK dapat diwujudkan melalui kolaborasi dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap peserta rapat dapat memberikan saran dan masukan agar penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Puncak Jaya dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Perencanaan pembangunan daerah periode 20 (dua puluh) tahun terhitung sejak tahun 2025 sampai tahun 2045, disusun dengan maksud memberikan arah sekaligus menjadi acuan bagi seluruh komponen pelaku pembangunan daerah (pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha) dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan daerah.

Integral dengan tujuan nasional sesuai dengan visi, misi, dan arah pembangunan daerah yang telah disepakati bersama, sehingga seluruh upaya yang dilakukan oleh segenap komponen pelaku pembangunan akan menjadi lebih efektif, efisien, terpadu, berkesinambungan, dan saling melengkapi satu dengan lainnya.

Para peserta terlihat aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi dan penjaringan masukan, menjadikan forum ini sebagai wadah yang efektif untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Keikutsertaan mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam arah kebijakan RPJPD Kabupaten Puncak Jaya.(adv/prokompim/valent)


BACA JUGA

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB

Jelang Pemilu, Polres Puncak Jaya Intensifkan Pengamanan Gudang Logistik dan Kantor KPUD Mulia

Senin, 15 Januari 2024 | 19:04 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com