MENU TUTUP

Polda Papua dan Trigana Air Teken Kerjasama Pelayanan Penerbangan ke Wilayah Pegunungan

Sabtu, 03 Februari 2024 | 05:52 WIB / Andi Riri
Polda Papua dan Trigana Air Teken Kerjasama Pelayanan Penerbangan ke Wilayah Pegunungan Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri didampingi Karo Ops I Ketut Gede Widjatmika dan Manager Area PT. Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan memberikan keterangan pers usai MOU/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Polda Papua menjalin kerjasama dengan PT.Trigana Air Service untuk pelayanan penerbangan personil ke wilayah Pegunungan Papua diantaranya Kabupaten Jayawijaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan Puncak Jaya. 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri dan Manager Area PT.Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan berlangsung di ruang rapat Mapolda Papua lama di Kota Jayapura, Jumat (02/02/2024).

Kapolda Papua kepada wartawan usai penandatanganan MoU mengatakan, luas wilayah hukum Polda Papua cukup luas, dan wilayah tersulit adalah di daerah pegunungan, yang hanya bisa  diakses dengan menggunakan transportasi udara.

"Oleh karena itu, dengan kerjasama ini kita bisa lebih cepat jika terjadi peristiwa (gangguan keamanan,red) yang kami (polri) harus segera hadir disana," ungkap Kapolda.

Menurut ia, selama ini pihaknya agak kesulitan untuk melakukan pergeseran personil terutama ke daerah daerah konflik yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara.

"Kami agak kesulitan bila ada kejadian yang harus kami segera hadir disana, jadi dengan kerjasama ini kita bisa cepat melayani ke daerah-daerah konflik itu," tukasnya.

Lanjut Kapolda, didalam kerjasama ini juga termasuk kerjasama dengan maskapai pesawat kecil yang bisa menjangkau ke daerah sangat terpencil.

"Memang kerjasama dengan Trigana, tapi nanti melalui Trigana, mereka yang akan berkomunikasi dengan penerbangan penerbangan kecil lainnya," terangnnya.

Selaku Kapolda, Fachiri menyampakan ucapan terima kasih atas kerjasama ini.

"Kerjasama ini untuk 2 tahun pertama. Kalau bisa berjalan baik dan bisa berkomunikasi dengan penerbangan lain kita akan evaluasi dan kita akan lanjutkan lagi kerjasama," ujarnya.

Mengawali kerjasama, dalam waktu dekat akan dilakukan pergeseran pasukan untuk pengamanan Pemilu.

"Kita perlu daya gerak untuk menggeser pasukan, tentunya Trigana yang punya Armada cukup mumpuni untuk bisa mengangkut. Kita akan mulai dari pengamanan pemilu yang tinggal 12 hari lagi," terangnya.

Sementara itu, Manager Area PT Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda dan jajaran atas kerjasama ini.

"Terima kasih kepada Polda Papua yang sudah memberikan kesempatan kepada kami bekerjasama dan kami siap untuk selalu melayani," ucapnya.

Ia menambahkan, kerjasama ini bukan yang pertamakali. "Dulu pernah ada kerjasama tapi sudah lama sekali. tahun 2009 lalu saat kami masih punya armada pesawat jenis Twin Otter," tukasnya.**


BACA JUGA

Nekat Bawa Kabur Mobil Dinas Brimob Polda Papua, Pemuda Ini Dilumpuhkan Timah Panas

Sabtu, 11 Mei 2024 | 18:58 WIB

Kejari Papua Kembali Eksekusi 4 Terpidana Kasus Pelanggaran Pemilu

Rabu, 08 Mei 2024 | 09:37 WIB

Berhasil Lumpuhkan KKB di Pegubin, 11 Personel Polda Papua Terima Penghargaan Kapolri

Selasa, 07 Mei 2024 | 19:31 WIB

Kapolda Sebut Tidak Ada Aksi Demo di Peringatan Hari Buruh Internasional di Papua

Rabu, 01 Mei 2024 | 18:55 WIB

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

Jumat, 26 April 2024 | 13:27 WIB
TERKINI

Demi Mendapatkan Uang, MCA Tega Menjajakan Kekasihnya ke Pria Hidung Belang

6 Jam yang lalu

Pembukaan Festival Cenderawasih: Wujud Sinergi Ekonomi Kreatif, Digitalisasi, Eksyar, Pariwisata, dan Budaya Papua

7 Jam yang lalu

TP-PKK Papua Tengah Borong Piala di Acara HUT HKG-PKK di Solo

9 Jam yang lalu

Kemendagri Apresiasi Kinerja Ribka Haluk Pimpin Provinsi Papua Tengah

10 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Puncak Perayaan Hut Dekranas dan HKG di Solo

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com