MENU TUTUP

Pemprov Papua Tengah Kirim Bantuan Bama untuk Warga Terdampak Bencana di Puncak Jaya dan Intan Jaya

Kamis, 08 Februari 2024 | 12:11 WIB / Andi Riri
Pemprov Papua Tengah Kirim Bantuan Bama untuk Warga Terdampak Bencana di Puncak Jaya dan Intan Jaya Penyerahan simbolis bantuan bama untuk warga terdampak bencana alam yang diterima Pj Bupati Puncak Jaya/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua Tengah merespon cepat bencana alam yang terjadi di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya, dengan mengirimkan 4 ton bantuan bahan makanan, Kamis (08/02/2024).

Bantuan tanggap darurat itu, untuk masing masing kabupaten menerima 2 ton bama berupa beras, gula, susu, teh bubuk dan bahan makanan lainya. Bantuan tersebut diangkut menggunakan pesawat, dimana setiap Kabupaten 2 kali penerbangan.

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM mengungkapkan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Puncak Jaya dan Intan Jaya mengakibatkan akases jalan tranportasi rusak parah.

Ia telah memerintahkan 3 pejabat dilingkungan Pemprov Papua Tengah untuk turun langsung melihat kondisi di 2 kabupaten tersebut.

“Tiga pimpinan SKPD saat ini telah berada di Puncak Jaya dan Intan Jaya, untuk turun langsung ke lokasi bencana. Lalu saya juga mengintruksikan dinas terkait untuk mengirim 4 ton makanan seperti, beras, gula, susu, bubuk teh dan bahan makanan lainya, guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” terang Pj Ribka.



“Kami berusaha memberikan bantuan bahan makanan secepat mungkin, apalagi akses kesana hanya bisa dilalu menggunakan pesawat. Diharapkan ini mampu memberikan bantuan yang siginifikan bagi masyarakat yang terdampak,” harapnya.

Pj Ribka juga telah meminta dinas teknis untuk segera mendata dampak dari bencana alam di 2 kabupaten tersebut. Ia mengharapkan agar akses pelayanan publik di daerah tersebut tetap berjalan dengan baik.

“Saya sudah minta agar dinas teknis berkoordinasi ke pemerintah kabupaten untuk memperoleh informasi yang lengkap imbas bencana alam ini. Harapannya, kita bersama-sama mencari solusi untuk mengatasinya,” tegasnya.



Bantuan bahan makanan itu diserahkan langsung ke masing-masing kabupaten. Lalu bahan makanan itu nantinya akan dibagikan ke masyarakat yang terdampak akibat bencana alam tersebut.

Bencana alam banjir bandang sebelumnya terjadi di Distrik Gurage, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (3/2/2024). Akibatnya 1 jembatan hanyut terbawa arus dan akses jalan terputus antara Distrik Kalome-Tinggi Nambut-Kota Mulia.

Sementara bencana alam longsor di Kampung Wandoga dan Yokatapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, mengakibatkan kebun dan ternak mereka hanyut terbawa longsor.(adv)


BACA JUGA

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

Rabu, 21 Februari 2024 | 18:07 WIB

Pasca Pemilu, Pj Sekda Yubelina Ingatkan ASN Kembali Fokus Bekerja

Senin, 19 Februari 2024 | 17:58 WIB

Kapolres Intan Jaya Sebut Tidak Ada Perampasan Logistik Pemilu di Distrik Hitadipa

Senin, 19 Februari 2024 | 08:58 WIB

KKB Rampas 119 Kotak Logistik Pemilu di Bandara Hitadipa Intan Jaya

Minggu, 18 Februari 2024 | 15:44 WIB

Polisi Buru Pelaku Penembakan Saat Konflik Massa Pendukung Caleg di Ilu Puncak Jaya

Minggu, 18 Februari 2024 | 14:17 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com