MENU TUTUP

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB / Cholid
Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan Heriyanto, SH.,M.H/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Akhir-akhir ini serangan politik kepada Partai Golkar, sebagai pemenang pemilu di Provinsi Papua Barat mengalami kenaikan intensitas seperti yang dilakukan oleh pengacara atas nama Christian Yan Warinussy dari Lembaga Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari. 

"Hal ini perlu di klarifikasi mengingat citra Partai Golkar yang sedang harum di tengah masyarakat. Partai Golkar merupakan induk dari lahirnya partai lain, dan Partai Golkar sudah bekerja nyata di tengah masyarakat. Bahkan karya-karya Partai Golkar sudah bisa dirasakan oleh masyarakat Papua Barat,"ujar Heriyanto, SH.,M.H., Kuasa Hukum Ketua DPD Golkar Papua Barat Komjen Pol (Pur) Drs.Paulus Waterpauw.,M.Si, dalam rilisnya, Rabu (21/2/2924) 

Dugaan politik uang yang dihembuskan oleh Christian Yan Warinussy sudah di tangani oleh Sentra Gakkkumdu. Sehingga tidak perlu saudara Chistian Yan Warinussy menggiring opini dan menilai, bahwa peristiwa tersebut tidak benar yang tersebar di masyarakat hanya berupa foto seorang perempuan yang memegang uang dan kartu nama. 

"Peristiwa tersebut belum bisa dikatakan sebagai perbuatan melawan hukum, yang mana sudah di klarifikasi oleh bersangkutan (Perempuan) di dalam Foto bahwa itu hanya keisengan semata dan uang yang dipegang adalah uang pribadi tidak menyangkut uang dari Partai Golkar,"ungkapnya.

Ungkapnya, bahwa saudara Christian Yan Warinussy seharusnya membaca dengan benar unsur politik uang didalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 bahwa politik uang harus dibuktikan dengan keaktifan sedang memberikan uang, bukan foto orang pegang uang. 

"Sebagai seorang pengacara yang memahami hukum harusnya membaca aturan dengan cermat sebelum berbicara ke publik karena apa yang dilakukan saudara Christian Yan Warinussy merupakan penyesatan masyarakat yang mayoritas masih awam hukum,"tukasnya.

Dikatakan, tuduhan lainnya terkait kemenangan calon anggotan DPRD Kabupaten atas nama Suryati yang dituduh tidak pernah berbuat apa-apa bagi masyarakat merupakan fitnah mengingat terpilihan Suryati seorang DPRD Kabupaten merupakan upaya 5 tahun melayani masyarakat Papua Barat, khususnya di daerah pemilihan.

"Partai Golkar melihat sejak awal Christian Yan Warinussy dan LP3BH mengeluarkan pernyataan-pernyataan menyesatkan masyarakat Papua Barat sehingga kepada yang bersangkutan harus mengklrarifikasi dan meminta maaf. Atau kami dari partai Golkar akan melaporkan yang bersangkutan kepada aparat pihak berwajib. Sebab apa yang dinyatakan didalam media-media telah merugikan institusi Partai Golkar bukan hanya di Papua Barat tetapi juga Partai Golkar secara nasional,"ujarnya.

Sebaiknya saudara Christian Yan Warinussy tidak perlu memperkeruh suasana di Provinsi Papua Barat yang sudah aman, damai,l dan tentram. 

"Segala dugaan-dugaan pelanggaran dari partai politik manapun sudah ada Sentra Gakkkumdu, Bawaslu dan Aparat Penegak Hukum yang memiliki integritas menindaklanjuti itu semua,"ujarnya.*


BACA JUGA

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB
Semoga Pemilu Aman

Pertamakalinya Paulus Waterpauw Gunakan Hak Pilihnya

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:35 WIB
TERKINI

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

16 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

23 Jam yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com