MENU TUTUP

Kembali Panen Cabai, Pj Gubernur Papua Pastikan Stok Aman Saat Ramadhan

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:08 WIB / Andi Riri
Kembali Panen Cabai, Pj Gubernur Papua Pastikan Stok Aman Saat Ramadhan Pj Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun dan Pj Ketua PKK, Linda Onibala melakukan panen cabai di Kampung Ifale, Sentani, Kabupaten Jayapura/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun bersama Penjabat Ketua TP-PKK, Linda Onibala kembali menghadiri acara panen cabai milik kelompok tani binaan pemerintah Provinsi Papua yang berada di Kabupaten Jayapura, Senin (27/02/2024).

Kali ini , Pj Gubernur melakukan panen cabai di lahan seluas setengah hektar milik Pdt. Alberth Suebu dari total lahan 4 hektar yang dikelola oleh masyarakat/jemaat gereja setempat di Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tampak hadir Pj Sekda Papua, Derek Hegemur bersama para Asisten, sejumlah pimpinan OPD, juga turut hadir Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo.

Kepada wartawan usai panen cabai, Pj Ridwan Rumasukun mengatakan, melalui kegiatan panen cabai ini selain bertujuan untuk menekan inflasi, tetapi juga sebagai penggerak ekonomi umat, dimana lahan yang ditanami cabai seluas 4 hektar, ini merupakan lahan yang dikelola oleh jemaat gereja setempat.

"Kalau ini bisa digerakkan dalam skala yang lebih besar lagi, pastinya akan membuat ekonomi mereka semakin bagus," kata Ridwan.

Ia menegaskan, Pemerintah Provinsi Papua saat ini sangat konsen dalam rangka membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

"Dalam kesempatan ini kita juga membantu pompa air dan alkon untuk bedeng, sehingga bisa membantu masyarakat mengelola tanaman cabainya. Selain itu sesuai dengan permintaan mereka untuk suntikan dana, kami juga telah siapkan untuk masing masing kelompok sebesar Rp10 juta," ungkap Ridwan.

Dengan panen cabai yang telah dilakukan di dua lokasi ( Arso Keerom dan Sentani,red) dan nantinya ada beberapa lokasi lainnya, Ridwan memastikan bahwa kebutuhan cabai saat ramadhan tercukupi.

"Pastinya aman untuk selama ramadhan, harga cabai tidak pedis," canda Ridwan.

Ia berharap, lahan cabai dan sayuran yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat Kampung Ifale bisa  menjadi contoh untuk Kampung kampung lain.

"Kalau disini berhasil, tentunya masyarakat ditempat lain bisa mengikuti," tukasnya.

Sementara itu pemilik lahan cabai, Pdt. Alberth Suebu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Gubernur Papua dan jajaran yang telah hadir langsung untuk melakukan panen cabai di lahan miliknya.

"Terimakasih karena bapak Pj Gubernur sudah hadir, bahkan memberikan bantuan alat pompa  air dan alkon juga bantuan dana kepada kami," ucapnya.

Alberth menuturkan, total lahan yang ditanami cabai dan sayuran yakni seluas 4 hektar dan dikelola oleh 20 kelompok tani.

"Harapan kami dengan kehadiran Pj Gubernur, bisa menjadi motivasi bagi kami petani di Kampung Ifale, juga masyarakat dalam memberdayakan ekonomi keluarga," harapnya.

"Terutama kita dalam mencegah stunting, tapi juga kesulitan ekonomi, inflasi yang semakin naik. Dengan adanya usaha-usaha keluarga seperti ini bisa menopang ekonomi setiap harinya," sambungnya.

Ia menambahkan, saat ini yang sudah dipanen ada sebanyak 1.700 pohon cabai.

Kendala yang dihadapi ungkap pendeta Alberth adalah biaya pupuk yang harganya semakin tinggi.

"Sehingga dengan adanya bantuan dana dari bapak Gubernur tentunya itu bisa membantu kami untuk pembelian pupuk,"pungkasnya.***


BACA JUGA

PKK Puncak Jaya Laksanakan Gerakan Tanam Cabai Serentak, Peringati HKG PKK ke-52

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:13 WIB

Sebanyak 113 Pejabat Administrator di Lingkungan Pemprov Papua Dilantik

Jumat, 15 Maret 2024 | 20:54 WIB

TP-PKK Papua Tengah Turut Berpartisipasi Dalam Aksi Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Rabu, 06 Maret 2024 | 12:54 WIB

Pj Gubernur Papua dan Ketua TP PKK Kunjungi Bayi Stunting di Doyo Kabupaten Jayapura

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:51 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

3 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

4 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

13 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

13 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com