MENU TUTUP

Pemprov Papua Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Olah Cabai di Keerom

Selasa, 20 Februari 2024 | 16:51 WIB / Adm
Pemprov Papua Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Olah Cabai di Keerom Foto bersama usai acara penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian di Arso 9, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (22/2/2024). ANTARA/HO-Dinas Kominfo Papua

KEEROM,wartaplus.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov Papua) melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura,  menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk pengolahan tanaman cabai bagi kelompok tani di Arso 9, Kabupaten Keerom.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Papua Semuel Siriwa di Jayapura, Papua, Kamis, mengatakan bantuan yang diberikan pada Kamis ini merupakan jawaban atas keluhan yang disampaikan pada kunjungan Penjabat Gubernur Papua pada Selasa (20/2/2024). "Dengan memberikan peralatan tersebut diharapkan produksi cabai bisa meningkat," katanya.

Menurut Siriwa, bantuan alsintan yang diserahkan berupa cultivator sebanyak empat unit, pompa air dua unit, serta selang sepanjang 200 meter, yang mana bantuan tersebut sumber dananya dari APBD Provinsi Papua.

"Kami berharap juga dengan pemberian bantuan alat mesin pertanian ini dapat menjaga ketersediaan pasokan komoditas cabai,”ujarnya.

Dia berharap bantuan tersebut turut menekan harga cabai yang menjadi salah satu penyebab inflasi di Provinsi Papua. "Produksi saat ini di perkirakan ada 95 ton cabai rawit dan cabai besar 70 ton, sehingga dipastikan menjelang bulan Puasa stok komoditas cabai aman," katanya lagi.

Dia menambahkan berdasarkan laporan perkembangan komoditas cabai di Kabupaten Keerom dari Januari hingga Februari 2024, terdapat lahan cabai rawit seluas 35 hektare dan cabai besar 29,5 hektare yang akan panen, sehingga saat bulan Puasa serta Lebaran nanti komoditas tersebut aman.*


BACA JUGA

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

Selasa, 16 April 2024 | 19:14 WIB

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

Senin, 15 April 2024 | 19:57 WIB

Pengendalian Harga Pangan di Daerah

Kamis, 29 Februari 2024 | 14:15 WIB

Tokoh Adat Keerom Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian di Tapal Batas

Senin, 26 Februari 2024 | 16:37 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

2 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

3 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

12 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

12 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com