MENU TUTUP

Dua Pekan Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Kota Jayapura, Baru Satu Distrik Selesai

Rabu, 13 Maret 2024 | 23:15 WIB / Andi Riri
Dua Pekan Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Kota Jayapura, Baru Satu Distrik Selesai Ketua KPU Kota Jayapura, Octovianus Injama/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Dua pekan KPU Kota Jayapura menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Hasil Penghitungan Suara tingkat Kota Jayapura pada Pemilu 2024, baru satu Distrik yang telah selesai pleno yakni Distrik Muara Tami. Rapat pleno telah digelar sejak 2 Maret 2024 lalu di hotel Grand Abepura, Kota Jayapura.

Ketua KPU Kota Jayapura, Octovianus Injama saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/03/2024) malam mengatakan, hingga 13 Maret baru Distrik Muara Tami yang telah selesai pleno rekapitulasi, sementara empat Distrik lainnya yaitu Distrik Heram, Abepura, Jayapura Utara dan Jayapura Selatan sementara masih dalam proses.

Octovianus mengaku jika keterlambatan dari Distrik Heram yang menyebabkan proses rekapitulasi beberapa kali tertunda.

“Keterlambatan ini dari Distrik Heram, sebenarnya sudah hampir selesai, namun ada beberapa saksi partai yang keberatan karena ada angka yang berkurang sehingga dilakukan kroscek data ulang," ujarnya.

Lanjut Oktovianus, saksi partai mengusulkan untuk dilakukan croscek data manual milik PPD Distrik Heram, dan data milik pengawas distrik.

"Setelah croscek data ada beberapa data yang harus mengalami koreksi sehingga harus diubah, sehingga disampaikan lah kepada PPD, untuk memasukkan kedalam, membatalkan berita acara yang lama dan dimasukan perubahan itu kedalam berita acara yang baru, dan itu membutuhkan waktu yang lama, karena bukan saja memasukan tapi harus sertifikasinya harus dirubah juga," jelasnya.

Karena membutuhkan waktu yang lama, ungkap Octovianus, hingga jam 2 dini hari pada Selasa malam, PPD meminta waktu 3 jam untuk memperbaiki.

"Namun para saksi kembali keberatan, karena dipastikan akan selesai di jam teman teman muslim makan sahur, sehingga diputuskan dilakukan skorsing hingga pukul 8 pagi tadi, sambil PPD memperbaiki data tersebut,” paparnya.

Lanjut ia, namun hingga waktu yang ditentukan sudah selesai dan siang akan dimulai kembali pleno, justru operator pemegang data belum kunjung datang kembali dengan membawa laptop yang berisikan data data tersebut. Hal inilah yang membuat keterlambatan rapat pleno distrik Heram hingga pukul 19.30 WIT.

“Inilah yang menjadi kendala kami, seharusnya jam 12.00 siang tadi sudah kami buka. Tapi ketika ditanya kepada PPD terkait operator data, operator yang bersangkutan sedang pergi dengan membawa laptop sehingga jalan satu satunya dikerjakan ulang lagi dari awal oleh operator yang lain," tukasnya.

"Ini tinggal berapa data lagi yang dimasukan, mudah mudahan segera malam ini bisa diselesaikan. Ini hanya membacakan ulang nanti ditanggapi oleh saksi seperti apa kemudian selanjutnya disahkan,” sambungnya.

Ditambahkannya setelah pleno Distrik Heram, selanjutnya  Distrik Jayapura Utara yang siap pleno. “Setelah Jayapura Utara maka tinggal dua distrik lagi yang sedang proses. Untuk Distrik Abepura sementara sedang rapat pleno di lantai 7, dan untuk Jayapura Selatan sedang dilakukan dilantai 2,” sebutnya.

Octovianus mengimbau kepada seluruh PPD untuk bekerja sesuai dengan aturan . “Kerjalah sesuai aturan , kalau kita kerja sesuai aturan tidak memanipulasi atau merubah segala sesuatu pleno akan berjalan aman aman saja,” tegasnya.

Dirinya optimistis rapat pleno tingkat Kota Jayapura akan selesai dalam waktu satu dua hari kedepan .

“ Saya optimis dalam satu hingga dua hari ini kita sudah bisa selesaikan dan segera diantarkan ke KPU Provinsi Papua,” tandasnya.**


BACA JUGA

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

Jumat, 26 April 2024 | 21:08 WIB

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

Jumat, 26 April 2024 | 13:27 WIB

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

43 Menit yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

19 Jam yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com