MENU TUTUP

Pemda Puncak Jaya Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Konsultasi Publik

Selasa, 30 April 2024 | 13:18 WIB / Andi Riri
Pemda Puncak Jaya Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Konsultasi Publik Pj Bupati Puncak Jaya, Dr.H.Tumiran membuka secara resmi kegiatan Musrenbang 2024 yang ditandai dengan pemukulan tifa/ProkompimPj

MULIA, wartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2025-2045, bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Selasa (30/04/24).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Puncak Jaya Dr. H. Tumiran, S.Sos, M.AP, dan dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para pejabat Eselon II dan III, perwakilan pimpinan TNI Polri, Kepala Distrik dan perwakilan stake holder. Hadir sebagai narasumber dari Bapperida Papua Tengah, Suwignyo S.sos, MH.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Temin Enumbi menuturkan, pelaksanaan Musrenbang RPJPD ini sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Inmendagri Nomor 1 Tahun 2024 dan Surat Edaran Bersama tentang Penyelarasan RPJPD dengan RPJPN Tahun 2025-2045, dimana periode RPJPD Kabupaten Puncak Jaya akan berakhir pada tahun 2025.

"Kita diamanatkan untuk menyusun RPJPD satu tahun sebelum masa berakhirnya RPJPD,” kata Temin Enumbi.

Adapun RPJPD 2025-2045 akan menjadi pedoman dan acuan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam penyusunan visi, misi, dan program pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Sementara itu, Pj Bupati Puncak Jaya dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan konsultasi publik I, dilakukan mengingat batas waktu yang diberikan oleh Kemendagri.

"Dimana RPJPD Provinsi dan Kabupaten/Kota ditetapkan paling lambat minggu pertama bulan agustus tahun 2024, sehingga pembuatan KLHS RPJPD merupakan syarat mutlak untuk RPJPD," kata Pj Tumiran.

Lanjut katanya, RPJPD Kabupaten Puncak Jaya 2025-2045 merupakan honai besar yang nantinya akan dijabarkan ke RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ) kemudian ke RKPD (Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah) yang diharapkan tetap pada arah dan harapan yang telah disepakati bersama.

"Kita yang hadir dan terlibat disini, merupakan pelaku sejarah, kita sedang memberikan roh pada dokumen RPJPD yang berlaku selama 20 tahun kedepan” ujarnya.

Pj Bupati Tumiran berharap seluruh SKPD dapat memperkuat kolaborasi agar proses penyusunan dokumen KLHS dapat disusun dengan baik. 

Secara khusus untuk Kelompok Kerja (Pokja) KLHS RPJP Kabupaten Puncak Jaya untuk intens membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pokja KLHS RPJPD Provinsi, sehingga dokumen yang akan kita disusun dapat mewarnai cita-cita Indonesia Emas Tahun 2045 dan mimpi masyarakat Puncak Jaya.

“Harapan saya, kita semakin memperkuat koordinasi, sinergi dan konsolidasi antar Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, stakeholders dan setiap elemen masyarakat untuk Puncak Jaya yang semakin baik," harapnya.

Pembukaan Musrenbang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Pj Bupati Puncak Jaya dan disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir.(adv/valent)


BACA JUGA

Ibadah Gabungan GIDI Klasis Mulia Dihadiri Ribuan Jemaat

Minggu, 19 Mei 2024 | 11:31 WIB

Waspada Curah Hujan, Pemda Puncak Jaya Imbau Masyarakat Berhati hati Beraktivitas

Minggu, 19 Mei 2024 | 05:53 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Malam Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 di Kota Solo

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:49 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Puncak Perayaan Hut Dekranas dan HKG di Solo

Kamis, 16 Mei 2024 | 14:52 WIB

Resmikan SPBU Satu Harga di Puncak Jaya, Pj Bupati: Pelayanan Menyeluruh kepada Masyarakat

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:38 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

11 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

12 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

20 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

20 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com