MENU TUTUP

MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia

Kamis, 02 Mei 2024 | 12:54 WIB / Andi Riri
MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia Pembentangan bendera merah putih di sepanjangan ruas jalan pantai Hamadi - Holtekamp Kota Jayapura/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Kota Jayapura kembali meraih rekor MURI usai membentangkan kain merah putih di sepanjang ruas jalan Ring Road dan jalan Holtekamp sejauh 10.076 Km, pada Rabu (01/05/2024).

Pembentangan kain merah putih oleh berbagai komponen masyarakat ini dalam rangka memperingati hari Integrasi Papua bergabung kedalam bingkai NKRI 1 mei 1963.

Direktur Marketing Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Awan Rahargo mengatakan, pembentangan merah putih yang merupakan bendera bangsa Indonesia berhasil mengalahkan catatan rekor muri sebelumnya yang diraih  Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang membentangkan bendera merah putih sepanjang 7,8 kilometer di Pantai Taipa, Kecamatan Lasolo.

“Penghargaan yang diberikan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan apresiasi kepada kota Jayapura dengan kriteria superlatif," kata Awan.

Ia menjelaskan, superlatif memiliki arti "yang paling", "yang Ter", yaitu dengan membentangkan kain merah putih terpanjang tidak saja di Indonesia tapi Muri mengklaim sebagai rekor dunia.

Awan berharap kegiatan ini dapat menjadi sumber motivasi para generasi muda Papua untuk semakin mencintai Indonesia.

“Sesuai dengan komitmen bapak wali kota Jayapura bahwa NKRI adalah Papua dan Papua adalah NKRI, itulah sejatinya catatan rekor muri di hari ini,” tukasnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini.

“Semua ini boleh terselenggara berkat dukungan kolaborasi kerjasama dan lebih dari itu semua memiliki semangat dan komitmen yang sama untuk tetap menegakkan NKRI di Papua khusunya di kota Jayapura," ucapnya.

"Ini merupakan wujud kita mencintai negara kesatuan Republik indonesia dengan membentangkan kain merah putih terpanjang di Indonesia bahkan dunia pada hafi ini,” sambungnya.

Frans Pekey juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura atas semua dukungannya

"Mari kita tetap terus maju, tetap bersatu membangun kota Jayapura sesuai dengan motto kota Jayapura dan tetap berada dalam bingkai NKRI, mencintai empat pilar bangsa yakni  Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ajaknya.

Selain menggelar kegiatan pembentangan bendera merah putih, di momen peringatan hari integrasi ini, Pemerintah Kota Jayapura juga memberikan santunan kepada keluarga para pejuang integrasi Papua.**


BACA JUGA

KPK: Papua dan Papua Barat, Daerah Rentan Tindak Pidana Korupsi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:00 WIB

Banjir Rendam Organda, Pemkot Jayapura Bisa Digugat Class Action

Sabtu, 23 Februari 2019 | 11:14 WIB
TERKINI

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Puncak Perayaan Hut Dekranas dan HKG di Solo

19 Jam yang lalu

Tahun Ini Pemprov Papua Tengah Bangun Perpanjangan Landasan Bandara Baru Nabire

1 Hari yang lalu

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka, Menteri PANRB Ingatkan Hal Ini

1 Hari yang lalu

Paulus Waterpauw Dinantikan, Dewan Adat Sarmi: Suara Akan Kami Bungkus Untuknya

1 Hari yang lalu

KPK Kembalikan 90 Unit Mobil yang sebelumnya Ditarik dari Mantan Anggota DPR Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com