MENU TUTUP

BWS Papua Berharap Sinergitas Perguruan Tinggi dan Komunitas Peduli Sungai dalam Pengelolaan SDA

Selasa, 07 Mei 2024 | 06:42 WIB / Andi Riri
BWS Papua Berharap Sinergitas Perguruan Tinggi dan Komunitas Peduli Sungai dalam Pengelolaan SDA Para peserta kegiatan Pembinaan Kemitraan Perguruan Tinggi dan Komunitas Peduli Sungai yang digelar BWS Papua/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Balai Wilayah Sungai (BWS)  Provinsi Papua menggelar kegiatan Pembinaan Kemitraan Perguruan Tinggi dan Komunitas Peduli Sungai di Provinsi Papua, bertempat di salah satu hotel Kota Jayapura, Selasa, Senin (06/05/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, akademisi dan perwakilan komunitas peduli sungai dari Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Biak dan Nabire.

Kepala BWS Papua, Nimbrot Rumaropen ST.MT kepada wartawan mengatakan, merujuk pada UU no.19 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air, salah satu dari lima pilar sumber daya air yaitu pemberdayaan masyarakat.

"Jadi kegiatan ini adalah bagian dari pemberdayaan masyarakat. Dimana dalam pengelolaan sumber daya air kita libatkan masyarakat, salah satunya komunitas peduli sungai dan juga perguruan tinggi," ujarnya.

Keterlibatannya yaitu bagaimana bekerjasama dalam kemitraan agar setiap program pengelolaan sumber daya air bisa disinergikan dengan masyarakat.

"Dalam hal ini kita fokus ke komunitas dan perguruan tinggi. Karena kominitas ini yang biasa ada di lapangan, bergaul langsung dengan masyarakat, sehingga program kita bisa disinergikan dengan kegiatan mereka," jelas Nimbrot.

Ia mencontohkan, semisal program pemeliharaan rutin sungai, pembersihan sungai, nanti akan melibatkan komunitas ini.
Pun dengan perguruan tinggi, lanjut Nimbrot, selama ini kemitraan sudah berjalan.

Seperti dari perguruan tinggi, mengirim mahasiswanya untuk melakukan praktek atau magang di kantor BWS Papua.

"Kita berharap bukan hanya praktek magang, tapi mahasiswa juga bisa menulis skripsi terkait sumber daya air," harapnya.

Lalu dengan akademisi (dosen), pihak BWS bisa meminta saran tekhnis jika terjadi masalah di lapangan.

Nimbrot berharap melalui kegiataan pembinaan ini, ke depan baik komunitas maupun perguruan tinggi bisa bersama, bersinergi dalam pemeliharaan sungai di Provinsi Papua.

"Terutama sungai dalam kota, seperti menjaga lingkungan di sekitar sungai atas daerah aliran sungai (Das) nya bisa tetap terjaga," harapnya.

Sementara itu Dr.Ir. Happy Mulia, M.E dalam paparannya menjelaskan, dalam pengelolaan sumber daya air (sda) ada sejumlah permasalahan diantaranya karena terjadi degradasi daerah aliran sungai, eksploitasi air tanah yang tidak terkendali, hingga keterbatasan pemahaman dan kepedulian masyarakat.

Sedangkan tantangannya dalam pengelolan sda diantaranya curah hujan musiman dan indeks ketersediaan air yang bervariasi pada setiap Pulau, dinamika kependudukan dan implikasinya terhadap sumber daya, ketahanan air dan dampak perubahan iklim global.

Menurut mantan Kepala BWS Papua ini, pengelolaan sumber daya air harus secara terpadu melibatkan pemerintah baik pemerintah pusat (kementerian/lembaga), pemerintah daerah, masyarakat dan pihak swasta lainnya.

"Bahwa semua punya hak untuk mengelola, memanfaatkan, mengeksploitasi sumber daya air. Oleh karenanya tanpa keterpaduaan maka akan terjadi degradasi sumber daya air baik secara kualitas dan kuantitas," katanya.**


BACA JUGA

Puncak Peringatan Hari Air Dunia ke-32, BWS Papua Gelar Seminar Kerjasama Kampus Uniyap

Jumat, 22 Maret 2024 | 20:57 WIB

Pertamina Kolaborasi Program Kemitraan dengan Komunitas Social Enterprise Papua

Senin, 16 Maret 2020 | 17:54 WIB

Peduli UMKM, Pertamina Salurkan Bantuan Program Kemitraan 

Kamis, 25 April 2019 | 17:03 WIB
Rektor Uncen

Rakyat Papua Akan Sejahtera Lewat Semangat Kemitraan

Kamis, 31 Mei 2018 | 04:17 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

2 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

3 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

12 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

12 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com