MENU TUTUP

Kasus Lalu Lintas Berbuntut Saling Serang di Wouma Dua Warga Tewas, Belasan Luka-Luka dan Rumah Dibakar

Jumat, 14 Juni 2024 | 07:06 WIB / Roberth
Kasus Lalu Lintas Berbuntut Saling Serang di Wouma Dua Warga Tewas, Belasan Luka-Luka dan Rumah Dibakar Personel di pertigaan Yagara, Jalan Baru Lokasi Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungann dan Wouma/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Polres Jayawijaya melakukan upaya antisipasi pasca aksi saling serang yang terjadi antara masyarakat Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, dan masyarakat dari Distrik Asolokobal serta Asotipo, Kabupaten Jayawijaya di Wouma pada Kamis (12/6/2024).  Pertikaian yang dipicu oleh kasus kecelakaanLaka Lantas  terjadi tangga 17 Mei 2024 di Megapura lalu

Akibatnya aksi saling serang menyebabkan dua orang meninggal dunia dan lima orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan menggunakan alat tajam, batu, dan senjata tradisional.

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo, S.I.K menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya aksi susulan.

"Kami telah melakukan penyekatan antara kedua belah pihak dan terus berupaya melakukan pendekatan terhadap para tokoh masyarakat dari kedua belah pihak agar dapat mengendalikan masyarakatnya masing-masing,"ujar Kapolres Heri Wibowo, Kamis (13/6/2024).

Menurut Kapolres, pertemuan dengan tokoh masyarakat sangat penting untuk meredam emosi kedua belah pihak dan mencari solusi damai.

"Kami masih berupaya untuk mengundang para tokoh masyarakat dari kedua belah pihak untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini serta menahan massa masing-masing. Kami juga meminta bantuan para tokoh agar permasalahan ini dapat cepat diselesaikan sehingga situasi di Wouma dapat kembali kondusif," tambahnya.

Selain itu, Kapolres Heri Wibowo menjelaskan bahwa pihaknya telah menempatkan personel di lokasi-lokasi strategis untuk mencegah terjadinya aksi susulan.

"Untuk mencegah aksi susulan, kami telah menempatkan personel di pertigaan Yagara, Jalan Baru Lokasi Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, dan Wouma sambil menunggu hasil negosiasi antara dua belah pihak yang bertikai," jelasnya.

Dalam upaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif, Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh provokasi yang dapat memperkeruh keadaan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi dan tetap tenang. Polres Jayawijaya bersama para tokoh masyarakat sedang berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan konflik ini dengan cara damai," tutup Kapolres Heri Wibowo.

Dengan langkah-langkah antisipatif ini, diharapkan situasi di Wouma dan sekitarnya dapat segera kembali normal dan kondusif, serta tidak ada lagi korban jiwa maupun luka-luka akibat pertikaian tersebut.

Polres Jayawijaya terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, demi terciptanya perdamaian dan keharmonisan di tengah masyarakat.

Dari data yang diperoleh ada 11 orang terluka juga Kantor Kampung Nogonoba Distrik Wouma dan 3 tiga unit rumah di areal Yagara dibakar.*


BACA JUGA

Momen Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Salurkan 8.000 Paket Bansos untuk Masyarakat

Selasa, 25 Juni 2024 | 18:22 WIB

Pemprov Papua Tengah Bantu Rp1 Miliar untuk Pelaksanaan MTQ se- Tanah Papua

Senin, 24 Juni 2024 | 16:41 WIB

Tingkatkan Kompetensi ASN, Biro Barjas Gelar Bimtek SPSE di Lingkungan Pemprov Papua Tengah

Senin, 24 Juni 2024 | 16:04 WIB

Dua Anak jadi Korban Tabrak Lari di Kurulu Jayawijaya, Satu Meninggal Dunia

Minggu, 23 Juni 2024 | 15:13 WIB

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Gelar Turnamen Catur

Minggu, 23 Juni 2024 | 15:09 WIB
TERKINI

 10 Klub Ikuti Freeport Grassroot Tournament 2024 di Jayapura

2 Jam yang lalu

Momen Hari Bhayangkara ke-78, Polda Papua Salurkan 8.000 Paket Bansos untuk Masyarakat

11 Jam yang lalu

Bersama Wujudkan Kamtibmas Kondusif Jelang Pilkada 2024, Polri Gelar Tabligh Akbar di Kota Jayapura

20 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Bantu Rp1 Miliar untuk Pelaksanaan MTQ se- Tanah Papua

1 Hari yang lalu

Tingkatkan Kompetensi ASN, Biro Barjas Gelar Bimtek SPSE di Lingkungan Pemprov Papua Tengah

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com