MENU TUTUP

Pemda Puncak Jaya Bantu Biaya Duka dan Pengobatan Korban Ricuh, Pj Sekda: Semua Masyarakat Kami!

Jumat, 19 Juli 2024 | 07:29 WIB / Andi Riri
Pemda Puncak Jaya Bantu Biaya Duka dan Pengobatan Korban Ricuh, Pj Sekda: Semua Masyarakat Kami! Kadis Kominfo Puncak Jaya, Akbar Fitrianto menyerahkan bantuan biaya pengobatan kepada keluarga salah satu korban luka yang akan di evakuasi ke Jayapura/DiskominfoPJ

MULIA, wartaplus.com - Kejadian penembakan yang berujung terjadinya kericuhan di Puncak Jaya telah mengakibatkan empat orang warga nusantara terluka, bahkan satu diantaranya meninggal dunia.

Kericuhan yang terjadi di depan RSUD Mulia, Rabu (17/07/2024) terjadi akibat ketidakpuasan keluarga korban penembakan kepada aparat TNI.

Empat korban warga nusantara yaitu Abdullah Jaelani/Suku Jawa(meninggal dunia), Arief/Suku Jawa (Luka Berat), Surati Nina/Suku Jawa (Luka Berat) dan Sani Lololembang/Suku Toraja (Luka Berat).  Kempatnya baik korban luka dan meninggal dunia telah dievakuasi ke Jayapura denghan menggunakan pesawat Smart Air pada Kamis (18/07/2024).

Pj. Bupati Puncak Jaya, Dr. Tumiran, S.Sos, M.AP via telepon menyampaikan ucapan duka cita mendalam.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya kami menyampaikan Duka Cita mendalam kepada korban baik dari masyarakat yaitu 3 orang yang salah satunya kepala Kampung maupun dari warga Nusantara. Kejadian ini merupakan musibah bersama yang tidak kita inginkan," ucap Pj Tumiran.

"Untuk Korban telah kami bantu biaya duka dan yang luka kami  tanggung biaya rujuk dan santunan," sambungnya.

Bantuan duka diserahkan Kadis Kominfo Akbar Fitrianto didampingi Kadis Kesehatan Eliatas Telenggen kepada korban yang dirujuk ke Jayapura di Bandara Mulia.

Terpisah, Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE yang ditemui di kediamannya mengungkapkan duka mendalam.

"Musibah ini terjadi di masyarakat, kami sama sekali tidak kami harapkan. Sudah sejak lama ini baru terjadi di Mulia, sebelumnya tidak," akunya.

"Kami turut berbelasungkawa baik kepada ketiga masyarakat kami yang di Karubate dan masyarakat kami yang kena dampak kericuhan kemarin. Kami telah bentuk tim dan bersama Dandim 1714/PJ dan Kapolres untuk dapat mempercepat pemulihan keamanan di Mulia," ucapnya.



Pj. Sekda berharap kejadian ini tidak terulang kembali dimasa depan. "Hari ini keluarga telah bersepakat berdamai dan jamin tidak ada pengrusakan dari keluarga korban. Jadi kalau terjadi sesuatu, itu berarti diluar konteks kejadian kemarin. Artinya sudah kriminal murni yang menjadi tanggung jawab TNI/Polri untuk mengamankan," tegasnya.

Penegasan ini disampaikan Yubelina, menyusul terjadinya aksi pencurian pembobolan baik rumah maupun kios milik warga. Ini dimanfaatkan oknum untuk mencari keuntungan ditengah warga yang mengamankan diri di Mapoleres maupun Makodim.

"Selepas ini kami langsung menuju Mapolres dan Makodim untuk memberikan pengguatan dan memberikan informasi ini. Agar nantinya masyarakat kami bisa kembali pulang dan beraktivitas seperti biasa," tutupnya.(rilis)


BACA JUGA

Aparat Gabungan Gelar Patroli Dialogis di Seputaran Kota Mulia Puncak Jaya

Senin, 02 September 2024 | 12:18 WIB

Pimpin Apel Pagi, Plh Sekda Esau Imbau ASN Konsisten Sebagai ASN

Senin, 02 September 2024 | 07:41 WIB

Seorang Warga Sipil Tertembak di Dogiyai Papua Tengah

Senin, 02 September 2024 | 07:31 WIB

Serma Anumerta Jefry May yang Gugur Ditembak OPM Puncak Jaya, Dimakamkan di TMP Waena

Senin, 19 Agustus 2024 | 12:09 WIB

Satgas Damai Cartenz Tangkap Orang Kepercayaan Egianus Kogoya

Minggu, 18 Agustus 2024 | 09:00 WIB
TERKINI

Akhiri Masa Tugas Sebagai Kapolda Papua, Komjen Fakhiri Serahkan Pataka Rastra Samara

1 Hari yang lalu

Valentinus Sudarjanto Sumito Dilantik Sebagai Pj Bupati Mimika

1 Hari yang lalu

Lantik Pengurus FKUB Papua Tengah, Ini Pesan Pj Gubernur Ribka

2 Hari yang lalu

Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Papua Tengah dan Papua Selatan

2 Hari yang lalu

Hari Pelanggan Nasional, Sejumlah Direktur Telkomsel Turun Langsung Sebagai Agen Customer di GraPARI

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com