MENU TUTUP
PON Papua

Kadispora: Cabor Tanding di PON XX Segera Lakukan Pemusatan Latihan

Selasa, 03 Juli 2018 | 04:59 WIB / Andi Riri
Kadispora: Cabor Tanding di PON XX Segera Lakukan Pemusatan Latihan Kadispora Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi saat diwawancarai pers,Senin (2/7)/Andi Riri

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemuda dan Olahraga meminta agar cabor (cabang olahraga) yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional(PON) XX tahun 2020 segera mempersiapkannya atletnya dengan baik.

"Jadi kami berharap cabor-cabor yang sudah pasti di ikutkan dalam PON 2020 itu segera mempersiapkan atletnya untuk melakukan pemusatan latihan," pinta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi di Jayapura, Senin(2/7).

Selain itu Yusuf juga meminta agar KONI Papua segera melakukan konsolidasi cabang cabang olahraga yang sudah diumumkan dan menentukan skala prioritas untuk masing-masing cabor yang aka melakukan pemusatan latihan.

"Ada 48 cabor dan 770 nomor yang dipertandingkan serta medali emas yang nanti diperebutkan di PON 2020 dan kita sudah umumkan di media massa soal penetapan 48 cabor sesuai hasil rapat KONI,"sebutnya

Tiga Kepentingan

Terkait pengumuman 48 cabor di media, diakui Yusuf ada tiga kepentingan yakni pertama, untuk kepentingan Pemerintah dan masyarakat Papua. Dimana Pemerintah sebagai penanggungjawab tugas yang dilimpahkan oleh Pemerintah Pusat Kemenpora dan KONI Pusat kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk menjadi tuan rumah pada PON 2020.

Sehingga ada tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab Pemerintah dimana untuk menyiapkan pembangunan venus olahraga yang mana leading sektornya adalah Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua.

Kemudian menyiapkan juga kebutuhan penunjang lainnya seperti trasportasi, kesehatan dan perumahan untuk atlet yang disiapkan oleh dinas-dinas terkait di Provinsi Papua.

"Semuanya ini secara spontan dengan adanya keputusan cabor di PON 2020 tersebut kini sudah mulai dikerjakan oleh masing-masing dinas terkait. Sekarang kita tinggal mengkosolidasikan urusan mereka ini yang akan dilakukan minggu depan dalam rapat bersama dengan PB PON 2020 untuk mendengarkan laporan dari masing masing dinas terkait ini,"terang Yusuf.
 
Rapat Konsolidasi

Kata Yusuf, jika pihaknya sudah menerima surat dari KONI Pusat yang ditujukan kepada Penjabat Gubernur selaku Pemerintah dan kepada pimpinan DPR Papua. Untuk melakukan rapat konsolidasi bersama dengan KONI pusat dan Menpora, Pemprov Papua serta PB PON Papua, dalam rangka optimaliasi bidang-bidang penunjang PON 2020.

"Kepentingan kedua, yakni masyarakat Papua bisa tau bahwa akan dilaksanakan PON 2020 dan Papua akan menjadi tuan rumahnya pada pesta olahraga 4 tahunannya tersebut dengan jumlah 48 cabor yang sudah diputuskan dalam rapat anggota KONI,"tuturnya.

Lalu kepentingan ketiga yaitu kesiapan Prestasi

Pihaknya juga meminta agar KONI Papua segera melakukan rapat kerja KONI dengan Pemerintah Provinsi Papua dan cabor untuk membahas kedalaman terkait persiapan TC cabor prestasi yang dilakukan KONI Papua selaku induk organisasi.*

BACA JUGA

Menlu RI-PNG Kunjungi SD di Perbatasan Wutung Papua

Jumat, 10 Mei 2024 | 07:15 WIB

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Sasar Pulau 3T di Perairan Utara Papua

Rabu, 08 Mei 2024 | 20:13 WIB

Sisi Lain Irjen Fakhiri di Mata Ajudan Pribadi, Terkenal Disiplin dan Tak Pilih Kasih

Rabu, 08 Mei 2024 | 13:33 WIB

Klarifikasi Kepsek SMAN 2 Dogiyai Soal Pawai Kelulusan Siswanya Gunakan Atribut Bintang Kejora

Rabu, 08 Mei 2024 | 10:08 WIB

Berhasil Lumpuhkan KKB di Pegubin, 11 Personel Polda Papua Terima Penghargaan Kapolri

Selasa, 07 Mei 2024 | 19:31 WIB
TERKINI

Menlu RI-PNG Kunjungi SD di Perbatasan Wutung Papua

4 Jam yang lalu

Berkas Perkara Lengkap, Polisi Serahkan Tersangka Penyuplai Senjata KKB ke Kejari Wamena

1 Hari yang lalu

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Sasar Pulau 3T di Perairan Utara Papua

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Dana Hibah 2,5 Miliar Pembangunan Aula Sekolah Alkitab

1 Hari yang lalu

Sisi Lain Irjen Fakhiri di Mata Ajudan Pribadi, Terkenal Disiplin dan Tak Pilih Kasih

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com