MENU TUTUP

DPR Papua Berencana Undang Freeport Bahas PON 2020

Kamis, 13 September 2018 | 18:57 WIB / Andi Riri
DPR Papua Berencana  Undang Freeport Bahas  PON 2020 Ilustrasi PON 2020 Papua/Net

JAYAPURA, - Meski PT.Freeport Indonesia (PTFI) telah merampungkan pembangunan Stadion Indoor Mimika Sport Complex (MSC) di Kabupaten Mimika yang akan digunakan untuk perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang. Namun bagi DPR Papua ada beberapa hal tekhnis terkait pembangunan infrastruktur PON lainnya yang masih perlu dibahas dengan PTFI.

"Jadi rencananya kita akan kembali duduk bersama secepatnya antara Pemerintah Daerah Provinsi,PB PON,DPR Papua dan kita juga akan undang Freeport Indonesia,untuk kita bicara bersama hal-hal teknis PON kedepan,”ujar Anggota Komisi IV bidang infrastruktur DPR Papua, Boy Markus Dawir di Jayapura, Kamis (13/9).

"Freeport Indonesia kan sudah bangun Sport Center di Mimika, hanya kita akan kembali duduk bersama lagi untuk bahas hal-hal tekniks lainnya untuk kepentingan pembangunan venus olahraga dan pembangunan  lain di PON 2020 seperti pembangunan jalan,jembatan dan juga Bandara Udara dan pelabuhan di Provinsi Papua ini,” ujarnya lagi.

Menurut Boy, kebutuhan anggaran PON 2020 cukup besar sehingga dirasa perlu untuk meminta bantuan PTFI yang notabene merupakan perusahaan tambang emas di Papua. Sejauh ini kata dia memang masih ada tarik menarik antara Pemprov Papua dan Freeport Indonesia terkait dengan hak-hak dari Pemerintah Provinsi dan Rakyat Papua untuk diberikan oleh Freeport Indonesia (terkait pajak air permukaan).

"Persoalan menyangkut dana ini, memang perlu ada pembicaraan dari hati kehati dengan Freeport Indonesia lagi sehingga mereka bisa memberikan dukungan pembangunan khusus untuk mendukung venus di PON 2020 nanti,"katanya.

Boy mengaku bersyukur bahwa Gubernur,Lukas Enembe dan Wakil Gubernur,Klemen Tinal setelah dilantik kembali memimpin Papua untuk periode kedua langsung bergerak cepat untuk menyelesaikan persiapan PON 2020.

"Pada prinsipnya saya bersama anggota DPR Papua lainnya mendukung penuh pihak Pemerintah Provinsi Papua dalam mensukseskan s PON 2020 di Tanah Papua nanti," ucapnya.

Bahkan dalam rapat tim banggar Pemerintah Daerah Provinsi bersama pihaknya di DPR Papua sudah membahas untuk solusi jalan keluar guna suksesnya PON XX tahun 2020 di Papua.

"Sampai saat ini DPR Papua tetap optimis,terutama untuk menyangkut kebutuhan venus yang dipakai pada PON 2020 tersebut pasti secepatnya tuntas dibangun dalam sisa waktu 2 tahun kedepan ini,"katanya.

Boy menambahkan, pihaknya bersama MRP dan juga Pemprov Papua menemui Pemerintah Pusat untuk membahas masalah ini terutama menyangkut kebutuhan anggaran yang masih dibutuhkan.

"Karena otomatis Pemerintah Pusat pasti akan merespon hal ini dengan baik,kuncinya komunikasi harus kita lakukan dengan cara-cara baik,karena PON ini adalah agenda Negara,”pungkasnya.*


BACA JUGA

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

Senin, 20 Mei 2024 | 18:19 WIB

Aksi Penghijauan di Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di Kabupaten Mimika

Sabtu, 18 Mei 2024 | 08:11 WIB

Tenaga Kesehatan Mimika Ikuti Konferensi Internasional Neurovaskular

Sabtu, 11 Mei 2024 | 17:02 WIB

Tim Nasional Memanggil Siswa Papua Football Academy

Sabtu, 11 Mei 2024 | 16:52 WIB

Ribuan Pendaftar di Program Pelatihan Institut Pertambangan Nemangkawi

Senin, 06 Mei 2024 | 03:14 WIB
TERKINI

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to access array offset on value of type null

Filename: views/detail_berita.php

Line Number: 437

" class="" />

Tito Karnavian: Kaka Paul Tidak Hanya Menjadi Pemimpin Tingkat Lokal, Tapi Kader Pemimpin Nasional

2 Jam yang lalu

Provinsi Papua Tengah jadi DOB Pertama yang Terima ASN TH-K2, Jumlahnya 256 Orang

10 Jam yang lalu

Kapolresta Jayapura Kota Serahterimakan Jabatan Kabag SDM dan 3 Kapolsek

17 Jam yang lalu

Rekrutmen 2.000 Casis Anggota Polri di Papua, Kepala Kampung: Terimakasih Bapak Kapolri dan Kapolda

18 Jam yang lalu

Pertemuan Pemda Puncak Jaya dan BPJS Kesehatan Pastikan Layanan JKN dan KIS Berjalan Optimal

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com