MENU TUTUP

Karena Alasan Ini Pembangunan Patung Yesus di Papua Dihentikan

Rabu, 16 Januari 2019 | 12:42 WIB / Andi Riri
Karena Alasan Ini Pembangunan Patung Yesus di Papua Dihentikan Ilustrasi patung Yesus/Istimewa

JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang akhirnya menghentikan mega proyek pembangunan patung Yesus yang bakal menjadi ikon pariwisata baru di Kota Jayapura, Papua.

Patung Yesus setinggi 33,3 meter rencananya akan dibangun di areal wisata Pantai Base G, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua Girius One Yoman, kepada pers di Jayapura, Rabu (16/1/2019) mengatakan penghentian proyek tersebut dikarenakan permasalahan hak ulayat di lokasi pembangunan seluas dua hektar yang tak kunjung selesai.

"Bukan salah pemerintah, tapi selalu ada pemalangan sehingga kami memutuskan untuk berhenti dan nampaknya tidak bisa turut memeriahkan pelaksanaan PON XX pada 2020 di Papua sebagai salah satu tempat wisata," sesalnya.

Menurut Girius, pemerintah daerah tinggal membangun, permasalahannya ada pada masyarakat karena saling klaim soal hak ulayat di kawasan tersebut.

"Masalah pembebasan lahan di lokasi pembangunan patung Yesus sudah dibayarkan kepada pemilik hak ulayat, namun, masih ada pihak lain yang komplain," sesalnya lagi

Girius menambahkan, awalnya ikon pariwisata baru berupa Patung Yesus ini akan dibangun sebagai tempat wisata bagi kontingen PON XX yang hendak berwisata, di mana juga dapat menambah pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

"Anggaran pembebasan lahan tidak lagi dianggarkan pada 2019 sehingga akhirnya proyek pembangunannya dihentikan," ungkapnya.

Sekedar diketahui, rencananya materi dari Patung Yesus ini akan dipesan dari luar Papua, di mana Dinas PU sendiri telah melakukan kajian terhadap semua Patung Yesus yang ada di dunia yakni di Brazil, Timor Leste dan Spanyol, jika pembangunan kawasan ini selesai, maka akan ada pelataran atau halaman yang dapat digunakan sebagai tempat KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani), nantinya ketika para wisatawan datang ke Pantai Base-G, diharapkan bisa sekaligus juga beriwisata rohani.*


BACA JUGA

Begini Penjelasan Pemprov Soal Tagihan Pengusaha GEL yang Belum Terbayarkan

Minggu, 13 Januari 2019 | 18:34 WIB

Kadis PU Papua Tuding Ada Oknum Sengaja Ingin Gagalkan Pembangunan Patung Yesus

Kamis, 03 Mei 2018 | 11:53 WIB

Dinas PU Papua: Pihak Ketiga Wajib Cairkan Uang Muka Proyek

Kamis, 05 April 2018 | 15:56 WIB
TERKINI

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

13 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

13 Jam yang lalu

Ibadah Gabungan GIDI Klasis Mulia Dihadiri Ribuan Jemaat

14 Jam yang lalu

Distrik Homeyo Berhasil Dikuasai, Aparat Gabungan TNI Bantu Evakuasi Warga Kembali ke Rumahnya

19 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Wilayah Dokoge Paniai

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com