MENU TUTUP

Pertamina Dukung Pemulihan Wamena Pasca Kerusuhan

Selasa, 01 Oktober 2019 | 19:07 WIB / Djarwo
Pertamina Dukung Pemulihan Wamena Pasca Kerusuhan Nampak Para Pelanggan yang sedang mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di Wamena / Istimewa 

JAYAPURA - Sepekan pasca aksi massa yang menyebabkan kerusakan fasilitas umum di beberapa titik di wilayah kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, lembaga penyalur BBM mulai beroperasi kembali. Tiga SPBU mulai buka dan beroperasi normal mulai hari ini, Selasa (1/10) dan melayani masyarakat Wamena.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho mengatakan, beroperasi kembalinya SPBU di wilayah Wamena berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian ESDM, Pemerintah Daerah dan pihak berwajib dengan pertimbangan kondisi keamanan yang mulai berangsur kondusif.

"Mulai pagi ini tiga SPBU telah mulai beroperasi yakni SPBU PT Anugerah Baliem, Jalan Irian Atas Kota Wamena, SPBU UD Lasminingsih, Jalan Hom-hom Kama dan SPBU UD Putra Baliem, Jalan Bhayangkara," ujar Brasto dalam rilisnya, Selasa (1/10).

Ia menambahkan bahwa pengiriman BBM ke Wamena telah kembali dilakukan dengan pengawalan dari aparat keamanan. Sementara itu, satu SPBU lainnya akan beroperasi esok hari (2/10), yaitu SPBU CV. Anwaruddin, Jalan Karma Wamena.

“SPBU CV. Anwaruddin dilaporkan mengalami kerusakan dispenser produk Solar dan Premium sehingga akan dilakukan pelayanan ke konsumen menggunakan canting. Saat ini tengah dilakukan persiapan dan dikoordinasikan dengan Pemkab Jayawijaya sehingga besok Rabu (2/10) direncanakan sudah beroperasi,” tambahnya.

Sementara itu, SPBU CV. Perkasa Jaya Abadi yang terletak di Bolakme belum dapat beroperasi sementara ini karena seluruh operator dan pengawas mengungsi keluar wilayah Kabupaten Jayawijaya.

“Total stok Premium di Kabupaten Jayawijaya hari ini berjumlah 77,2 kiloliter (KL) dan solar 115,9 KL sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 10 hari ke depan. Stok juga terus diperkuat dengan pengiriman dari Terminal BBM Jayapura menggunakan moda pesawat udara. Sementara itu, Pertamina juga terus menyuplai stok BBM untuk kebutuhan listrik PLN melalui PLTD Wamena dan Yahukimo dengan stok sebanyak 114,7 KL,” tutupnya.

Selain memastikan operasional penyaluran BBM, Brasto menyebutkan Pertamina juga memberikan dukungan untuk penyaluran avtur pesawat Hercules yang mengangkut pengungsi Wamena.

Pertamina juga mengirimkan bantuan kepada masyarakat yang masih mengungsi. Bantuan telah diserahkan secara bertahap sejak Minggu (29/9) hingga hari ini. Bantuan meliputi sembako, makanan siap santap, selimut, dan perlengkapan lainnya. Pertamina juga mengirimkan bantuan kesehatan berupa obat-obatan yang disalurkan ke posko-posko pengungsian di Wamena.

Pertamina berharap upaya ini dapat mendukung pemulihan kondusivitas wilayah Wamena dan sekitarnya agar kegiatan masyarakat dapat kembali pulih dan berjalan normal kembali. **


BACA JUGA

Penyalur BBM Satu Harga Capai 461

Jumat, 01 September 2023 | 09:17 WIB

Pertamina Tambah 10 Titik Penyaluran BBM Satu Harga di Tanah Papua

Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:30 WIB

Program MyPertamina Tebar Hadiah, Wujud Apresiasi Pelanggan Setia

Sabtu, 03 Juni 2023 | 17:04 WIB

Jaga Sinergitas TNI - Polri, Dandim 1702/JWY Hadiri Acara Lepas Sambut Kapolres Jayawijaya

Jumat, 17 Maret 2023 | 19:27 WIB

Komnas HAM RI Bertemu Kasdam XVII/Cenderawasih, Minta Keterangan Soal Kerusuhan Wamena

Rabu, 15 Maret 2023 | 05:36 WIB
TERKINI

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

2 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

17 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

17 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

17 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com