MENU TUTUP

Kodam Cenderawasih Gelar Peringatan Hari Infanteri di Pasar Sentani, Ini Alasannya

Kamis, 19 Desember 2019 | 16:45 WIB / Andi Riri
Kodam Cenderawasih Gelar Peringatan Hari Infanteri di Pasar Sentani, Ini Alasannya Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan saat melakukN pemeriksaan pasukan di upacara hari Juang Infanteri di pasar Pharaa Sentani, Kamis (19/12)/dok.Pendam17

JAYAPURA - Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab  memimpin upacara peringatan Hari Infanteri, Kamis (19/12).

Berbeda dengan upacara di tahun tahun sebelumnya, upacara kali ini digelar di Lapangan Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kasdam Brigjen TNI Irham Waroihan kepada wartaplus.com membeberkan alasannya.

Menurut dia, upacara dan perayaan hari Infanteri tahun ini sengaja digelar di pasar Pharaa Sentani, karena ingin lebih merakyat, sesuai dengan dengan tema 'Prajurit Infanteri kuat bersama rakyat'.

"Sebelumnya, kami juga sudah menggelar bhakti sosial berupa pembersihan areal pasar dengan melibatkan warga dan juga para pedagang," tutur Kasdam Irham.

Mantan Danrem 091/ASN ini, menyebut, selain upacara juga digelar pesta rakyat berupa panggung hiburan dan pembagian 1500 nasi kotak kepada warga.

"Intinya kami ingin masyarakat bersukacita dengan hadirnya TNI (prajurit infanteri) ditengah tengah mereka," ujar Kasdam

Sementara itu, dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih, sebelum pelaksanaan Upacara dimulai, Tim Peleton Beranting (Tonting) Yuddhawastu Pramukha Jaya Kodam XVII/Cenderawasih lebih dulu berjalan dari Halaman Stadion Barnabas Suebu Sentani menuju ke tempat berlangsungnya Upacara Peringatan Hari Infanteri.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan simbol-simbol Infanteri kepada peleton berikutnya, Selanjutnya pleton yudhawastu pramuka dilepas  menuju tempat Upacara di Pasar Pharaa Sentani

Dalam amanatnya Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif), Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan, menyampaikan ucapan selamat Hari Infanteri yang disertai dengan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus.

Penghargaan

Penghargaan itu ditujukan kepada segenap prajurit Korps Infanteri dan keluarganya, atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai, dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI AD.

"Tumbuh dan berkembangnya Infanteri sebagai korps terbesar di Angkatan Darat, tidak pernah terlepas dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya

Kuat Bersama Rakyat 

Selanjutnya, seiring dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Infanteri tahun 2019 yakni, "Prajurit Infanteri Kuat Bersama Rakyat" diharapkan tema tersebut mampu mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat Prajurit dan Satuan Infanteri untuk menjadi tangguh, profesional, modern serta dicintai dan mencintai rakyat.

"Saya berharap, tema peringatan tersebut tidak hanya dijadikan slogan belaka, mari kita tanamkan niat dan mantapkan ikhtiar menjadi komitmen bersama, untuk dipahami, dihayati dan diimplementasikan secara cerdas dan bijak, melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing untuk mendukung tugas pokok TNI-AD," ujarnya.

Selanjutnya, di akhir amanatnya, Danpusenif mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para sesepuh Infanteri, Polri, Pemda, tokoh masyarakat, agama dan adat serta media massa, atas partisipasi dan keikutsertaannya dalam membangun dan membesarkan nama Korps Infanteri TNI-AD,”Pungkasnya.

Turut hadir pada upacara tersebut, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Danrindam XVII/Cenderawasih, Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Pejabat Pemprov Papua, Pejabat Polda Papua, dan masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut.(Adv)

 

 

 


BACA JUGA

Mantan Danpusintelad Kini Jabat Kasdam XVII/Cenderawasih

Jumat, 01 September 2023 | 08:22 WIB

Komnas HAM RI Bertemu Kasdam XVII/Cenderawasih, Minta Keterangan Soal Kerusuhan Wamena

Rabu, 15 Maret 2023 | 05:36 WIB

Kasdam Cenderawasih Lepas Kepulangan Satgas Pamtas RI - PNG Yonif 126/Kc dan 711/Rks

Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:36 WIB

Pangdam Cenderawasih Pimpin Sertijab Kasdam dan Irdam

Jumat, 07 Januari 2022 | 06:34 WIB

Kedatangan Brigjen TNI Sidharta Graha dan Istri Disambut Tarian Adat Papua

Selasa, 04 Januari 2022 | 10:23 WIB
TERKINI

Kelompok Keni Tipigau Serang Polsek Homeyo Intan Jaya, Satu Warga Tewas

5 Jam yang lalu

Sungai Mamberamo Meluap, Ratusan Rumah di Tujuh Kampung Terendam Banjir

8 Jam yang lalu

Pemda Puncak Jaya Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Konsultasi Publik

12 Jam yang lalu
Hanura: Peta Politik Papua Berubah

Paulus Waterpauw Jadi Kandidat Terkuat Gubernur Papua

18 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com