MENU TUTUP

Sikap Wakil Bupati Nduga Perlu Diapresiasi, Tapi Kenapa Gak dari Dulu?

Selasa, 24 Desember 2019 | 20:11 WIB / Andi Riri
Sikap Wakil Bupati Nduga Perlu Diapresiasi, Tapi Kenapa Gak dari Dulu? Pengamat Sosial Politik Papua, Jhon Norotouw/Istimewa

JAYAPURA - Pengamat Sosial Politik Papua, Jhon Al Norotouw menilai sikap Wakil Bupati Nduga, Wentius Nemiangge yang mundur dari jabatannya sebagai bentuk protes terhadap negara atas terulangnya kembali peristiwa penembakan terhadap warga sipil di wilayah Nduga bukanlah sesuatu hal yang mengagetkan, justru patut diapresiasi bahkan perlu diikuti oleh seluruh pejabat Pemda dan Pejabat birokrasi lainnya di Provinsi Papua.

Hanya saja, menurut Jhon, sikap tersebut terkesan sangat lambat. Karena peristiwa tragedi kemanusiaan yang terjadi di Nduga bukan hanya baru sekarang. 

"Ini terjadi sejak dulu di Kabupaten Nduga sebagai wilayah pemerintahan pasangan Yairus Gwijangge dan Wentius Nemiangge telah terjadi serangkaian tragedi kemanusiaan yang sangat memilukan dan mengenaskan," ungkap Jhon dalam siaran persnya yang diterima wartaplus.com, Selasa (24/12) malam.

Masih segar dalam ingatan publik pada 25 Juni 2018 di Lapangan Terbang (Lapter) Kenyam Nduga telah terjadi penembakan terhadap pesawat angkutan sipil milik Trigana Air yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua pimpinan Egianus Kogoya. Bukan hanya itu, KKSB juga membantai masyarakat sipil yang tak berdosa dan mengakibatkan 3 orang warga sipil tewas di bantai termasuk membacok kepala seorang anak kecil setelah membantai kedua orang tuanya di depan mata anak kecil tersebut.

Pada bulan Oktober 2018, KKSB menyadera dan memperkosa 15 orang guru dan tenaga medis di Mapenduma. Guru dan tenaga medis tersebut meninggalkan sanak keluarga dan fasilitas kota, mengabdi di pedalaman Mapenduma atas perintah tugas oleh pemerintah Kab. Nduga dalam rangka mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat pedalaman Nduga tetapi balasannya justru disandera dan diperkosa oleh KKSB yang tak bermoral dan tak berperi kemanusiaan. Mereka mengabdi agar generasi Papua memiliki masa depan yang cerah tetapi justru masa depannya sendiri yang di korbankan.

Pada tanggal 1 dan 2 Des 2018 KKSB pimpinan Egianus Kogoya kembali membantai secara sadis 31 orang karyawan PT. Istaka Karya yang sedang membangun jembatan Trans Papua di Puncak Bukit Kabo Distrik Yigi Kab. Nduga. Para pekerja tersebut adalah pahlawan pembangunan Papua dalam rangka membuka isolasi daerah terpencil Papua agar seluruh masyarakat mendapatkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Mereka yang rela meninggalkan sanak keluarga dan akhirnya mengorbankan jiwa raganya secara sangat mengenaskan.

Dan berbagai peristiwa tragedi kemanusiaan lainnya yang terjadi di Nduga termasuk di daerah lain di seluruh wilayah Papua yang nyata-nyata dilakukan oleh KKSB. 

"Sangat ironis sebab setiap tragedi kemanusian, pemerkosaan dan pembantaian yang dilakukan oleh KKSB tidak seorangpun pejabat Pemda, Pemprov dan tokoh Papua lainnya yang berkomentar prihatin apalagi menunjukkan sikap protes seperti yang dilakukan oleh Wabup Nduga saat ini," ungkap Jhon

"Apakah karena pelakunya adalah KKSB sedangkan Pejabat Pemda dan Tokoh Papua lainnya yang memelihara KKSB? Tentunya ini adalah indikator yang sangat jelas yang perlu di sikapi oleh Negara," sambungnya

Belum Jelas Pelaku Penembakan

Sementara terkait tewasnya seorang sopir  Hendrik Lokbere yang diduga ditembak aparat keamanan, menurut Jhon, belum diketahui secara pasti siapa sesungguhnya pelaku penembakan.

"Yang jelas pada saat kejadian korban selaku sopir truk ikut dalam iring-iringan pasukan keamanan TNI-Polri dan pada saat itu iring-iringan kendaran TNI-Polri mendapatkan serangan dari KKSB," ujar Jhon. 

Hingga saat ini tim investigasi masih melaksanakan tugasnya untuk mengungkap fakta kejadian yang sebenarnya.

Selain menyatakan mundur dari jabatannya sebagai bentuk protes Wakil Bupati Nduga beserta pejabat Pemda serta tokoh Papua lainnya juga mengecam dan menuntut TNI-Polri ditarik dari Nduga dan dari seluruh wilayah Papua, tetapi kenapa tidak ada pejabat Pemda/Pemprov  dan mengecam dan menuntut KKSB agar dibasmi dan menghentikan tindakan biadabnya?

Terjadinya konflik di Papua bukan karena hadirnya TNI-Polri tapi karena adanya sekelompok orang yang mempersenjatai diri secara illegal dan melakukan pemberontakan terhadap kedaulatan negara yang sah.

"Tidak ada suatu hukum apapun yang membenarkan adanya seseorang atau sekelompok orang yang tanpa hak boleh mengangkat senjata secara illegal," tutur Jhon.

Dan tidak ada satupun negara berdaulat di diseluruh dunia sejak manusia mengenal peradaban sampai kelak berakhirnya peradaban yang membenarkan adanya sekelompok orang yang melakukan pemberontakan terhadap kedaulatan negaranya.

Penempatan dan penugasan personel TNI-Polri di seluruh wilayah kedaulatan NKRI adalah hak dan kewajiban Institusi TNI-Polri dan Negara yang dijamin dan dilindungi oleh hukum dan undang-undang negara. Bukan diatur oleh Pemda, LSM atau pengamat. 

Tidak ada sejengkalpun daerah di wilayah NKRI yang tidak dapat diduduki oleh TNI-Polri selaku alat negara sebagai bentuk kehadiran negara dalam rangka menjaga kedaulatan negara. Amerika Serikat saja menempatkan ribuan pasukan militernya berikut armada perangnya yang sangat lengkap di Darwin Australia yang nyata-nyata bukan wilayah kedaulatan Amerika, tetap tidak pernah ada yang protes, kenapa TNI-Polri bertugas di wilayah kedaulatan negaranya sendiri, dalam rangka menjaga dan kedaulatan Negara kok ramai-ramai para pejabat Pemda dan Tokoh Papua protes? 

Sedangkan urusan membela kedaulatan Negara bukan hanya menjadi tugas TNI-Polri semata, tetapi sesuai amanah konstitusi negara yaitu UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Jadi sangat ironis bila pejabat daerah yang bersikap bukannya membela negara tetapi justru membela dan melindungi para pemberontak negara.

Sesuai dengan amanah UU negara setiap kepala daerah berkewajiban menjamin setiap warganya memiliki Nasionalisme

dan cinta tanah air. Bila di wilayah pemerintahannya terdapat sekelompok orang melakukan tindakan yang merongrong kedaulatan negara dalam bentuk apapun maka setiap kepala daerah wajib hukumnya untuk mendukung, membantu dan memfasilitasi TNI-Polri dalam membasmi dan menumpas segala bentuk pemberontakan yang berlangsung di seluruh wilayah pemerintahannya. Bukan sebaliknya justru melindungi para pemberontak.

 

Tindakan Wakil Bupati Nduga Wentius Nemiangge mengatasnamakan rakyat bersikap mengundurkan diri dan melepas jabatannya sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nduga adalah tindakan yang perlu diapresiasi. 

"Mudah-mudahan ini bukan hanya sekedar gertak sambal untuk menarik perhatian dan menekan Pemerintah Pusat agar menarik TNI-Polri dari Nduga. Karena itu dibutuhkan keseriusan Mendagri Bapak Tito Karnavian harus segera memproses dan mengeluarkan Surat Keputusan (Skep) resmi pencopotan  jabatan Wentinus Namiangge sebagai Wakil Bupati Nduga," pungkasnya.**

 


BACA JUGA

KKB Serang Pos Gabungan TNI Polri, Tiga Orang Tertembak

Kamis, 27 Februari 2020 | 20:16 WIB

Sekda Papua Sayangkan Pemintaan Suaka Politik Wabup Nduga

Kamis, 27 Februari 2020 | 15:27 WIB

Wabup Nduga Undur Diri, Sekda Papua Ngomong Gini

Senin, 13 Januari 2020 | 12:20 WIB

Bharatu Luky Darmadi, Korban Penembakan KKB di Nduga Jalani Perawatan di RSMM Mimika

Sabtu, 11 Januari 2020 | 19:06 WIB
Jubir TPNPB-OPM: Banyak Peluru Kami Tembakan

Penyerangan Pos Brimob di Nduga Dilakukan TPNPB Organisasi Papua Merdeka

Sabtu, 11 Januari 2020 | 16:52 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

12 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com