MENU TUTUP

Humas Berperan Penting Dalam Kemajuan Institusi Kepolisian                         

Kamis, 23 Januari 2020 | 06:46 WIB / Roberth
Humas Berperan Penting Dalam Kemajuan Institusi Kepolisian                           Foto bersama peserta kegiatan Rakernis Bidang Humas Polda Papua tentang Strategi Manajemen Media/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com- Kegiatan Rakernis Bidang Humas Polda Papua Strategi Manajemen Media Humas Polri dalam rangka Pengamanan Pilkada serentak dan PON XX Tahun 2020 di Papua, Rabu (22/1) pagi di Aula Rupatama Polda Papua,  diawali dengan penyampain materi disampaikan oleh Andriani Salman Wally S.ST menyampaikan KIP (peran KIP dalam kehumasan pelayanan informasi publik).

Materi kedua disampaikan oleh Rianti S.E menyapaikan Peran Kominfo dalam mengendalikan Informasi  di Media Sosial. Materi ke 3 di sampaikan oleh Pimpian Redaksi Wartaplus.com, Vanwi Subiyat yang menyampaikan pentingnya jurnalis menulis fakta di Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal/Humas Polda Papua

Dan materi ke 4 disampaikan oleh Muhammad Arif Tulank Sikom dari komunitas Loor fotografi Jayapura yaitu dasar dasar fotografi. Materi 5 di sampaikan oleh Bapak Lucky Ireeuw pimpinan redaksi SKH (surat kabar harian) Cenderawasih pos.

Sedangkan Irwasda Polda Papua Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni menyampaikan  peran Humas sekarang tidak boleh dianggap enteng , sudah bukan peran pendukung, Humas sekarang telah berperan penting dalam kemajuan institusi kepolisian , Humas telah bekerja menaikkan citra polri dalam dunia maya dalam pembuatan meme berita , dokumentasi dan video di zaman era modern ini.

“Setiap kegiatan harap di muat berita dan dokumentasi agar dilaporkan ke pimpinan untuk bahan laporan sebagai tugas kita sebagai anggota polisi yaitu melindungi mengayomi dan melayani,”ujarnya.

Tak ketinggalan pula Bripka Syamsuddin Lie  dari Subbid Penmas menyampaikan  bagaimana kinerja Subbid Penmas Polda Papua setiap harinya dari membuat laporan, rilis dan rekapan masing-masing laporan yang akan di sajikan ke pimpinan.

Bripka Syamsuddin Lie/Humas Polda Papua

Kepercayaan Publik

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyampaikan strategi menajemen media pada tingkat polres dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap polri peran Humas sekarang adalah peran utama bukan peran pendukung lagi.  

“Diharapkan kepada PPID polres jajaran untuk lebih aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan polres untuk di laporkan ke pimpinan dan diolah serta publikasikan produk tersebut. Jika mengalami kendala kami Bid Humas Polda Papua siap untuk membantu,”tandasnya

Untuk diketahui bahwa kegiatan Rakernis Bidang Humas T.A 2020 dibuka oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Selasa (21/1). Dalam sambutannya Kapolda Papua mengatakan yang pada intinya, Rakernis Bidang Humas Polda Papua Ta. 2020 mengambil tema.

”Strategi Manajamen Media Humas Polri Dalam Pengamanan Pilkada Serentak dan Pon Ke-20 Tahun 2020 di Papua”. Kegiatan rakernis ini sangatlah penting, mengingat harapan masyarakat kepada Kepolisian menjadi semakin tinggi, khususnya jajaran Humas Polri dalam menyajikan informasi yang akurat.

Oleh karena itu Humas Polri sebagai pengemban tugas untuk membina dan menyelenggarakan fungsi hubungan masyarakat dilingkungan Polri harus mengikuti kebijakan tersebut dengan melakukan berbagai strategi Humas Polri. “Terutama untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi baik di dunia maya maupun kecepatan pemberitaan melalui dunia mainstream. Hal ini pasti berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan Kamtibmas,”tegasnya.

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, kata Kapolda,  Humas Polda Papua memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan manajemen media,dengan action plan antara lain peningkatan pemberdayaan terhadap media mainstream, mengelola media sosial, penggunaan intelijen media, mengangkat keberhasilan Polri, menekan berita negatif terhadap Polri, merespon dengan cepat dan segera netralisir sentimen negatif, serta mengelola trending topik.*


BACA JUGA

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

Kamis, 18 April 2024 | 16:36 WIB

Baku Tembak Aparat Keamanan dan KKB, Bocah Tak Berdosa Tewas Tertembak

Senin, 08 April 2024 | 19:49 WIB

Dua Anak Jadi Korban Dalam Kontak Tembak Brimob Dengan KKB di Intan Jaya 

Senin, 08 April 2024 | 18:11 WIB

Tanggapan Tokoh Adat Terkait Rencana Penerimaan 2.000 Bintara Polri

Senin, 01 April 2024 | 15:04 WIB

Tanggapan Tokoh Adat Terkait Rencana Penerimaan 2.000 Bintara Polri

Senin, 01 April 2024 | 15:04 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

41 Menit yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

59 Menit yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

1 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

8 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com