MENU TUTUP

Gubernur Lantik dr. Arnold Tiniap Sebagai Direktur RS Papua Barat

Senin, 22 Juni 2020 | 16:14 WIB / Albert
Gubernur Lantik dr. Arnold Tiniap Sebagai Direktur RS Papua Barat Gubernur Papua Barat lantik dr. Arnold Tiniap sebagai direktur RSUD Papua Barat, Senin (21/6)/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com- Sebanyak 14 pejabat utama eselon III dan IV dilingkungan pemerintah Provisi Papua Barat kembali dilantik oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Kali ini pejabat yang dilantik untuk menduduki jabatan strategis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat.

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Barat Nomor: SK.821.2-57 tentang jabatan administrator dan pengawas di RSUD Papua Barat. Direktur RSUD Provinsi Papua Barat dijabat oleh dokter Arnold Tiniap dilengkapi pejabat eselon, yakni kepala bidang, bagian umum, dan kepala seksi.

Pelantikan berlangsung di Kantor Gubernur Arfak Kabupaten Manokwari, Senin (21/6). Pelantikan itu tentu saja disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19, sehingga dihadiri tamu undangan secara terbatas.  Selain direktur RSUD PB, Gubernur juga melantik sejumlah pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, RSUD PB masih tipe C, sehingga kedepannya diusahakan agar bisa naik tipe A, maka RSUD Provinsi harus dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang maksimal. "Jadi saat ini kita tetap berjalan dengan apa yang ada, sambil melengkapi kekurangan secara bertahap,"pesan Gubernur.

Lebih lanjut, Dominggus mengatakan, fasilitas kesehatan dan pelayanan rumah sakit akan terus ditingkatkan. Termasuk mengisi tenaga kesehatan, seperti dokter umum, spesialis, dan perawat secara bertahap. RSUD Provinsi Papua Barat yang terletak di kompleks Irman Jaya, kabupaten Manokwari saat ini masih membutuhkan berbagai kelengkapan fasilitas. Menurut Gubernur, saat ini fasilitas seperti alat PCR (polymerase chain reaction) sudah ada untuk pemeriksaan sampel tes swab Covid-19.

Secara terpisah Direktur RSUD Provinsi Papua Barat dr. Arnold Tiniap yang baru dilantik mengutarakan, bahwa RSUD PB ini harus dilengkapi dengan fasilitas kesehatan.

Misalnya kata Tiniap, untuk mendukung pengoperasian dan pelayanan rumah sakit bertipe C menuju tipe A, maka harus didukung dengan ketersediaan dokter umum, dokter anak, dokter bedah, dokter kebidanan, dan dokter spesialis.

Lebih lanjut, Tiniap menyampaikan bahwa harus didukung pula dengan spesialis seperti ahli radiologi, anastesi, patologi klinik dan ahli mikrobiologi. Kata dia, paling tidak ada dua, baik spesialis dasar maupun spesialis penunjang.

"Untuk saat ini kita baru punya dua yaitu spesialis anak dan spesialis kebidanan. Kita masih butuh ahli bedah sama penyakit dalam, juga ahli anastesi yang sangat diperlukan,"katanya.*

 

 


BACA JUGA

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

Kamis, 18 April 2024 | 18:59 WIB

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

Kamis, 18 April 2024 | 18:48 WIB

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

Kamis, 18 April 2024 | 04:58 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

2 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

2 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com