MENU TUTUP

Kapolda Papua:  Wujudkan Polri Yang Profesional, Modern dan Terpercaya

Senin, 27 Juli 2020 | 17:51 WIB / Djarwo
Kapolda Papua:  Wujudkan Polri Yang Profesional, Modern dan Terpercaya Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Upacara Penutupan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun Anggaran 2020 resmi ditutup Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Senin (27/7) di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua. Hadir dalam kegiatan tersebut Karo SDM Polda Papua Kombes Pol. Aris Haryanto S.Ik, M.Hum, Katim TOT Kombes Pol. Langgeng Pranomo, Pejabat Utama Polda Papua dan  Para Peserta Binlat Pra Bintara Noken.

Penerimaan anggota Polri TA. 2020 dasar keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : KEP/ 2513/XII/2019 tentang Penyelenggaraan rekrutmen Pra Ba Polri dalam penerimaan Bintara Polri TA. 2020 dan Surat Perintah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Sprin/1637/VI DIK.2.1/2020/SSDM tentang Pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020. Ini dilaporkan Katim TOT Kombes Pol. Langgeng Pranomo

“Tujuan untuk memberikan materi pelatihan karakter kebangsaan dan praktik pengajaran sesuai dengan kurikulum dan modul kepada calon Instruktur Binlat Pra Bintara Noken Polri dalam Penerimaan Bintara Polri TA. 2020,”ujarnya.

Dikatakan pelaksanaan selama 6 hari dari tanggal 22 sampai dengan 27 Juli 2020 di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua. Peserta sejumlah 40 orang yang berasal dari 10 personil Polda Papua, 10 personil Polda Papua Barat dan 20 personil dari SPN Polda Papua.

Materi yang diberikan selama kegiatan pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri kepada peserta TOT adalah pengenalan konsep pembentukan dasar kepribadian dan karakter bangsa serta metode expression lending dan neuro expression lending. 

Foto: Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memberi sambutan pada penutupan TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri Tahun Anggaran 2020/Istimewa

“Serta materi tentang rasa wawasan Pancasila, rasa wawasan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, rasa wawasan Proklamasi, rasa lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lambang negara Indonesia serta praktek kurikulum dan modul tingkat bagi peserta Pra Bintara Noken Polri,”tandasnya.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw mengucapkan terima kasih kepada para instruktur yang telah hadir dan memberikan materi pengajaran secara langsung dengan penuh semangat kepada para peserta TOT Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020. Iapun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan TOT dari pagi sampai malam hari dengan penuh keseriusan dan antusias yang tinggi.

“Kegiatan TOT Binlat ini merupakan rangkaian persiapan sebelum pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri. Diharapkan hasil dari kegiatan TOT ini para peserta dapat mengimplementasikan materi yang telah diterima untuk disampaikan kembali dengan baik kepada para peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020,”ujarnya.

Para peserta Binlat yang berjumlah 40 (empat puluh) orang ini nantinya akan memberikan materi pengajaran kepada peserta Binlat sejumlah 275 orang dari Polda Papua dan Papua Barat yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2020 di SPN Polda Papua.

“Pelaksanaan TOT Binlat Pra Bintara Noken ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para peserta TOT Binlat yang merupakan calon-calon instruktur bagi peserta Binlat agar dalam pelaksanaan Binlat nantinya, para instruktur mempunyai bekal dan percaya diri dalam menyampaikan materi-materi kepada para peserta Binlat Pra Bintara Noken Polri yang akan datang,”ujarnya.

Untuk itu, para peserta TOT agar terus belajar dan berlatih secara mandiri di sela-sela pelaksanaan tugas rutin dan memantapkan diri secara mandiri dengan membaca buku pedoman bagi pengajar serta materi pengajaran yang telah dibagikan. Pemantapan dan pembelajaran secara mandiri sebaiknya dilaksanakan secara rutin dan terus menerus sampai pada pelaksanaan Binlat Pra Bintara Noken Polri TA. 2020.

Para peserta TOT mempunyai tugas untuk membentuk karakter wawasan kebangsaan peserta binlat dan dijiwai nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di wilayah Polda Papua dan Papua Barat.

“Tidak hanya itu para peserta TOT juga dituntut untuk menyiapkan para calon peserta binlat Pra Bintara Noken Polri dalam penerimaan anggota Polri TA. 2020 untuk mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri TA. 2020 yang berkualifikasi yang unggul untuk mewujudkan Polri yang professional, modern dan terpercaya, serta menjadi agen pemersatu bangsa dalam wadah NKRI.”ujarnya.

Para peserta TOT sebagai calon instruktur juga harus mampu memahami dan merefleksikan nilai-nilai pembelajaran yang diperoleh sesuai dengan kondisi tantangan tugas di Papua berdasarkan pengalaman tugas dan wawasan yang dimiliki.

“Kedepan kita perlu bentuk karakter dribling tambahan materi pembelajaran kepada peserta dalam upaya memberikan pemahaman berkaitan dengan persoalan kebangsaan atau juga dibentuk pusat pendidikan dan pelatihan kebangsaan,”harapnya.

 

 


BACA JUGA

BPBD Papua Luncurkan Aplikasi Sistem Manajemen dan Informasi Penanggulangan Bencana

Selasa, 25 Januari 2022 | 20:47 WIB

Kodim Jayawijaya Siagakan 340 Personil Bantu Pengamanan PSU Yalimo

Selasa, 25 Januari 2022 | 20:07 WIB

Bupati Menduga Ada Peyusup Dalam Demo Siswa di Yahukimo 

Senin, 24 Januari 2022 | 14:09 WIB

Gubernur Lukas Kembali ke Papua Usai Pemeriksaan Kesehatan Rutin di Singapura

Senin, 24 Januari 2022 | 10:29 WIB
PSU Pilkada Yalimo

Jelang PSU 1000 Brimob Menyebar di Yalimo

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:55 WIB
TERKINI

BPBD Papua Luncurkan Aplikasi Sistem Manajemen dan Informasi Penanggulangan Bencana

10 Jam yang lalu

Kodim Jayawijaya Siagakan 340 Personil Bantu Pengamanan PSU Yalimo

11 Jam yang lalu

Telkom Papua Masih Investigasi Putusnya Layanan Komunikasi di Jayapura

12 Jam yang lalu
Gangguan jaringan Internet

Jaringan Internet Eror di Kota Jayapura, Ini Penjelasan PT Telkom

21 Jam yang lalu

Bupati Menduga Ada Peyusup Dalam Demo Siswa di Yahukimo 

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com