MENU TUTUP

Ini Arahan Danrem 172/PWY Kepada Danramil dan Babinsa

Kamis, 30 Juli 2020 | 22:22 WIB / Andi Riri
Ini Arahan Danrem 172/PWY Kepada Danramil dan Babinsa Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan saat memberikan arahan kepada Danramil dan Babinsa, Kamis (30/7)/dok.Pen172

JAYAPURA, wartaplus.com – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan memberikan pengarahan kepada para Danramil dan Babinsa di jajarannya, bertempat di Aula Praja Wira Yakhti Korem 172/PWY, Abepura, Kota Jayapura, Kamis (30/7).

Mengangkat tema “Bergandengan Tangan Membangun Negeri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan”, Danrem dalam arahannya mengingatkan bahwa konflik yang ada di Papua hingga saat ini belum terselesaikan secara tuntas, sehingga Babinsa diharapkan mampu menjalankan tugas pokok dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang tepat, agar dapat memberikan kemajuan dalam penanganan konflik yang sedang dilakukan oleh Pemerintah.

“Sebagai garda terdepan, Babinsa harus mampu memenangkan hati rakyat, hentikan pertumpahan darah di tanah Papua, selesaikan konflik dengan mengedepankan pendekatan kesejahteraan,” ujar Danrem

Pendekatan kesejahteraan yang dimaksud yakni meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan membantu mencerdaskan masyarakat di daerah binaan masing-masing, dengan cara pendampingan kepada masyarakat.

Lanjut Danrem, mayoritas penduduk di Papua memeluk agama Kristen sehingga pendekatan agama juga merupakan salah satu pendekatan yang harus dikedepankan oleh Babinsa.

“ Berikan ruang partisipasi yang lebih besar kepada Tokoh Agama untuk mengambil bagian dalam upaya penyelesaian konflik,” serunya.

Untuk itu, diharapkan pendekatan agama ini dapat dipahami oleh seluruh prajurit di jajaran Korem 172/PWY.

Sementara itu, menyikapi isu yang berkembang di Papua saat ini, terkait dengan Otonomi Khusus (Otsus) yang dianggap gagal sehingga menimbulkan penolakan atas kelanjutan Otsus tersebut, Danrem berharap agar Babinsa dapat memberikan penjelasan dan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai tujuan Otsus sesuai yang di amanatkan oleh Undang-Undang No.21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Tahun 2021 bukanlah akhir dari Otsus, namun pada tahun itu akan dilakukan evaluasi terhadap dana yang telah diberikan mulai dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2021. Dari evaluasi itu, akan ada kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan Otsus selanjutnya, yang dapat mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan harapan Masyarakat Papua. 

“Jadi saya berharap Babinsa dapat menjadi penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat terkait pemahaman Otsus yang saat ini sedang trending diberbagai media. Yakinkan masyarakat bahwa Otsus ini ada untuk mensejahterakan masyarakat Papua,” harap Danrem.

Sedangkan terkait covid-19, Danrem berharap agar Babinsa terus melaksanakan sosialisasi penerapan New Normal di daerah dengan melaksanakan pendisiplinan protokol covid-19 kepada masyarakat, diantaranya disiplin penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak dan pola hidup sehat.**

 

 


BACA JUGA

Kasrem 172/PWY Kini Dijabat Kolonel Inf Bobbie Triyantho, Pejabat Sebelumnya jadi Danrem 063/SGJ

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:32 WIB

Pasca Rusuh, Danrem 172/PWY Kunjungi Distrik Namblong Pastikan Situasi Kondusif

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:03 WIB

Meriahkan Hut Kemerdekaan, Korem 172/PWY Gelar Berbagai Lomba Bersama Masyarakat

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:56 WIB

Semarak Tahun Baru Islam, Korem 172/PWY Gelar Jalan Santai di Wilayah Distrik Heram

Kamis, 20 Juli 2023 | 11:47 WIB

Jelang Pemilu 2024, Danrem 172/PWY Imbau Pemuda Tidak Terprovokasi Isu Hoaks

Minggu, 25 Juni 2023 | 06:37 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

12 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

13 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

15 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

15 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com