MENU TUTUP

Danrem JO Sebut Penyerangan Koramil Kurulu oleh Massa Adalah Upaya Provokasi

Rabu, 03 Mei 2023 | 12:57 WIB / Andi Riri
Danrem JO Sebut Penyerangan Koramil Kurulu oleh Massa Adalah Upaya Provokasi Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menyebut bahwa penyerangan Koramil Kurulu yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat beberapa waktu lalu, merupakan upaya provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab agar TNI melakukan tindakan melanggar Hukum.

Ini diungkapkan Danrem yang akrab disapa Bang JO di sela sela kegiatan peresmian Tugu Pancasila, di Kampung Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Senin (01/05) lalu.

Ia menjelaskan kronologis kejadian, bahwa pada 27 April malam, saat personel Koramil Kurulu melakukan pergeseran, di jalan pulang terdapat orang mabuk yang melempari kendaraan yang digunakan oleh anggota Koramil. Karena mabuk sehingga orang mabuk itu diamankan dan diserahkan langsung ke Polsek.

 Pada dini harinya, masyarakat Kampung Waga-waga terprovokasi isu penculikan yang dilakukan oleh Koramil Kurulu, sehingga kemudian ada sekitar 50 orang masyarakat mencoba merangsek ke kantor Koramil Kurul dan melakukan pengrusakan bahkan melakukan pembakaran rumah warga Kampung Jiwika serta melakukan pemalangan jalan di jalan Trans Jayapura-Wamena. 

“Jadi mereka (massa,red) berupaya memancing kita (TNI,red)) untuk melakukan kekerasan dengan memanfaatkan masyarakat khususnya para remaja. Mereka mendobrak Makoramil dengan alasan bebaskan teman kami, padahal kami sudah serahkan ke pihak Kepolisian. Jadi tidak ada penculikan yang ada orang mabuk yang mengganggu dan diamankan oleh TNI serta saat itu juga langsung diserahkan kepada Kepolisian,” bantah Danrem.

Apresiasi Danramil Kurulu

Terkait penyerangan dan pengrusakan Makoramil tersebut, Danrem mengapresiasi Danramil Kurulu Kapten Inf Yubelinus Simbiak yang juga merupakan salah satu Putra Daerah Papua terbaik, dalam mengambil tindakan saat terjadinya penyerangan dengan mengamankan seluruh senjata dan seluruh anggotanya siaga.

“Saya bangga dengan Danramil dan anggotanya yang tidak terpancing dan tidak ada anggota yang membuka tembakan. Saat itu Danramil menyampaikan untuk mundur yang terpenting barang-barang aman kemudian anggota tidak ada yang terluka,” tukasnya.

“Saat ini juga masyarakat Kurulu sendiri marah kepada masyarakat wilayah lain yang datang ke Kurulu dan membuat onar tersebut, tetapi saya telah perintahkan kepada Dandim untuk menjaga masyarakat agar tidak terjadi bentrok. Selanjutnya saya sudah perintahkan kepada Dandim untuk mengambil langkah-langkah seperti ganti rugi atau kita proses hukum bagi para pelaku dengan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian,” tambahnya. 

Danrem juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah memerintahkan anggotanya untuk mengungkap dan mencari penjualan minuman keras ilegal yang menjadi salah satu penyebab tindakan kriminal termasuk minuman keras lokal yang cukup banyak di Wamena. 

“Hal ini sudah saya koordinasikan dengan jajaran dan akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian,” tandasnya.**


BACA JUGA

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

Kamis, 18 April 2024 | 16:22 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

11 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

11 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

11 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

18 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com