MENU TUTUP

Pemerintah Rusia Siap Fasilitasi OAP Jadi Peneliti dan Beri Beasiswa

Minggu, 13 September 2020 | 16:43 WIB / Andi Riri
Pemerintah Rusia Siap Fasilitasi OAP Jadi Peneliti dan Beri Beasiswa Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen bersama Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedubes Rusia untuk Indonesia, Vitay Glinkin/Istimewa

JAKARTAwartaplus.com - Tahun ini Pemerintah Rusia bakal memberikan beasiswa bagi 10 pelajar Orang Asli Papua (OAP) dan siap memfasilitasi mereka melanjutkan studi untuk peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang farmasi, penelitian dan laboratorium.

Pemerintah Rusia berkeinginan agar putra-putri asli Papua dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia dalam melakukan riset bersama, guna menciptakan vaksin yang dibutuhkan masyarakat dunia saat ini seperti vaksin virus Corona (Covid-19) dan lainnya.

Hal itu diungkapkan Vitaly Glinkin, Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia saat  pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng dan Elius Enembe,S.Kep.MM, Kepala Bidang Pengembangan SDM Affirmasi BPSDM Papua, di Kantor Kedutaan Besar Rusia Jakarta, Kamis (10/9/2020) lalu 

“Kita berharap kerjasama Pemerintah Rusia dan Pemerintah Provinsi Papua dapat memfasilitasi putra-putri Papua melanjutkan studi dan penelitian di bidang Farmasi dan Laboratorium sehingga mereka dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk membuat vaksin yang dibutuhkan dunia,”ungkap Vitaly seperti dikutip dari rilis yang diterima wartaplus.com, Minggu (13/9).

Glinkin mengatakan, kerjasama pendidikan dan pengembangan SDM antara Pemerintah Rusia dan Pemprov Papua berlangsung sangat baik. Semenjak tahun 2016 hingga 2019, Pemerintah Rusia memberikan beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa Papua untuk melanjutkan studi di negara berjuluk Beruang Merah itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Papua yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik anak-anak Papua di Rusia. Saya berkeinginan berjumpa langsung dengan bapak gubernur dan wakil gubernur di Jayapura Papua,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng atas nama gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH dan Klemen Tinal,SE.MM menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Rusia yang komitmen membantun pengembangan SDM asli Papua.

“Bapak gubernur dan wakil gubernur Papua menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Rusia yang menerima dan memberikan kepercayaan kepada anak-anak asli Papua melanjutkan kuliah di Rusia,” kata Aryoko.

Menurut ia, Gubernur Dan Wakil Gubernur Papua terima kasih kepada Pemerintah Rusia yang telah menyalurkan bantuan beasiswa bagi pelajar mahasiswa OAP.

Tahun 2019, ungkap Aryoko, sebanyak 26 pelajar mahasiswa Papua dikirim ke Rusia dan 14 diantaranya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia. Dan tahun 2020 juga diberikan beasiswa kepada 10 pelajar mahasiswa OAP.**

 

 

 

 


BACA JUGA

Bappenas dan Pemprov Papua Bahas Pengembangan SDM OAP

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 20:22 WIB

Kemenag Puncak Jaya Ajak Daftar Program Beasiswa Khusus OAP

Kamis, 15 Oktober 2020 | 06:04 WIB

Pemprov Papua Dalam Waktu Dekat Bakal Umumkan Jumlah OAP

Jumat, 18 September 2020 | 15:35 WIB

Pemprov Papua Kerjasama dengan UI untuk Pendidikan Dokter Spesialis

Kamis, 10 September 2020 | 20:15 WIB
TERKINI

Penyerangan Dua Anggota TNI di Yahukimo, TPNPB-OPM Bertanggungjawab

7 Jam yang lalu

Kontak Tembak Dengan KKB, Satu Anggota Satgas Nemangkawi Kena Tembak

7 Jam yang lalu
Meninggalnya Prajurit TNI

Polda Papua Kirim Dua Pejabat Utamanya ke Yahukimo

8 Jam yang lalu

Dua Anggota TNI Tewas di Yahukimo, Aparat Gabungan Lakukan Penyisiran

8 Jam yang lalu

Unipa Kekurangan Dosen Asli Papua, Ini Aspirasi Rektor dan Stafsus Bill Mambrasar

8 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com