MENU TUTUP

Polda Papua akan Melakukan Otopsi Jenazah Pendeta Yeremia Dalam Waktu Dekat

Selasa, 03 November 2020 | 09:51 WIB / Andy
Polda Papua akan Melakukan Otopsi Jenazah Pendeta Yeremia Dalam Waktu Dekat Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, saat memberikan keterangan pers di Mapolda Papua/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Kepolisian Daerah Papua akan melakukan otopsi terhadap jenazah Pendeta Yeremia Zanambani dalam waktu dekat. Otopsi dilakukan untuk mengungkap pelaku penembakan terhadap Pendeta Yeremia Zanambani yang terjadi pada 19 September lalu.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menyebut saat ini pihaknya pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Intan Jaya dan keluarga korban untuk membantu proses otopsi yang akan dilakukan.

“Memang kami sudah rencanakan dalam minggu-minggu ini kami akan melakukan otopsi. Namun sampe saat ini kita masih melakukan kkordinasi dengan pemerintah daerah dan keluarga korban untuk proses otopsinya,” kata kapolda saat mmbrikan keterangan pers di Mapolda Papua, Senin (2/11).

Pihaknya  juga sementara menyiapkan personel untuk pengamanan ekstra agar tidak mendapat gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata di Intan Jaya.

“Kita juga masih itung-itungan untuk pengamanan saat otopsi untuk mengantisipasi pergerkan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) karena tim yang melakukan otopsi memerlukan ketenangan saat melakukan otopsi,” jelasnya.

Meski begitu, kapolda menyebut saat ini ada dua mekanisme pelaksanaan otopsi yakni pelaksanaan otopsi dilakukan di Timika dan mekanisme kedua yakni otopsi dilakukan di Distrik Hitadipa.

“Ada dua mekanisme yang kami siapkan untuk proses otopsi. Kemungkinan pertama setelah makam digali maka jenazah akan dibawa ke Timika. Sementara langkah kedua yakni dilakukan ditempat. Namun tentunya kita akan mengkaji pemgaruh cuaca dan kondisi keamanan di Hitadipa,” bebernya.

Sementara itu, terkait dengan dugaan keterlibatan aparat tni dalam penembakan Pendeta Yeremia Zanambani, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim dan melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang bertugas di Distrik Hitadipa. 

Jika nanti dari hasil keterangan dan barang bukti yang dikumpulkan mengarah kepada keterlibatan  anggota TNI dalam penembakan Pendeta Yeremia Zanambani, maka pihaknya akan melakukan penegakan hukum terhadap oknum yang bersangkutan.

“Proses pengungkapan pelaku kita serahkan kepada pihak kepolisian, nantinya dari hasil penyelidikan ada bukti kuat yang mengarah kepada anggota TNI maka kami akan melakukan proses hukum kepada oknum yang bersangkutan,” tegasnya.**


BACA JUGA

Polda Papua Gelar Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020

Selasa, 19 Januari 2021 | 18:04 WIB

Polda Papua Imbau Masyarakat Antisipasi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

Senin, 18 Januari 2021 | 15:45 WIB

Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Papua Dukung Penunjukan Calon Tunggal Kapolri

Jumat, 15 Januari 2021 | 17:33 WIB

Polda Papua Turut Serta Sukseskan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Tingkat Provinsi

Jumat, 15 Januari 2021 | 17:27 WIB

Polda Papua Gelar Sosialisasi LKIP 2020 dan IKU Satker

Senin, 11 Januari 2021 | 19:08 WIB
TERKINI

Karang Taruna di Keerom Dukung Keberlanjutan Otsus Papua

6 Jam yang lalu

Pertamina Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Halmahera Utara

17 Jam yang lalu

Perhelatan PON XX, Jurnalis Papua Diharapkan Hasilkan Berita dan Foto Olahraga Berkualitas

17 Jam yang lalu

Komisi III DPR Setujui Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

18 Jam yang lalu

Banjir Bandang Menerjang Kampung Uwibutu Paniai, Puluhan Rumah Rusak

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com