MENU TUTUP

Pemkab Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

Kamis, 26 November 2020 | 17:26 WIB / Andi Riri
Pemkab Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Plt. Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP (ujung kiri) didampingi Kepala Bappeda Kepala Bappeda DR. Pilemon Tabuni, S.IP, M.Si (tengah) dan Kepala Pusat Data dan Analisis Data Pembangunan Bappeda Provinsi Papua Andry, S.IP, M.Si membuka kegiatan sosialisasi/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Sosialisasi dan Implementasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah), berlangsung di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya. Rabu (26/11).

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP. Sedangkan hadir sebagai pemateri Kepala Pusat Data dan Analisis Data Pembangunan Bappeda Provinsi Papua Andry, S.IP, M.Si, dan Kepala Seksi Data dan Analisa Data Pembangunan Bappeda Provinsi Papua Merlina Hamadi, SE, MM.

Sosialisasi dihadiri oleh para pimpinan OPD, Kepala Distrik dan tokoh Agama.

Ketua Panitia yang juga Kepala Bappeda Puncak Jaya, Kepala Bappeda Puncak Jaya DR. Pilemon Tabuni, S.IP, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan SIPD Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang verifikasi dan validasi pemutahiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan keuangan daerah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang hal – hal pendukung Informasi Pemerintahan Daerah dalam pembangunan serta untuk memperoleh masukan tentang kebutuhan pembangunan Daerah dan konsistensi data Sistem Informasi Pemerintahan Daerah,”kata Pilemon

Dalam melaksanakan dan menyiapkan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah maka diperlukan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah dan Partisipasi seluruh pelaku pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara itu, Plt. Sekda Tumiran dalam sambutannya mengatakan, SIPD dibangun dan dikembangkan  untuk menghasilkan layanan informasi pemerintah daerah yang terintegrasi dengan berbasis elektronik, yang memuat data perencanaan pembangunan daerah, analisis dan profil pembangunan daerah.

“Hasil pengelolaan data berbasis elektronik digunakan sebagai dasar dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, dan dokumen perangkat daerah berbasis elektronik hingga APBD yang dilaksanakan berbasis elektronik,” jelas Tumiran

Ia menambahkan, pada tahun anggaran 2021, maka sesuai aturan kita dituntut untuk mengacu pada permendagri nomor 90 tahun 2019. 

"Walaupun dari segi infrastruktur kita sering tertinggal dari Kabupaten/kota yang ada di pesisir apalagi daerah perkotaan di luar Papua, untuk itu kita seharusnya memanfaatkan dengan baik momen seperti ini karena pada sosialisasi ini juga kita diajarkan untuk menyesuaikan diri dengan aturan – aturan yang baru,” tegas Tumiran.**

 


BACA JUGA

Melalui Binmas Noken Polri, Donatur Asal Babel Sumbangkan Sepatu Sekolah untuk Siswa di Papua

Selasa, 19 Januari 2021 | 18:20 WIB

Bupati Yuni Tegaskan Bakal Beri Sanksi ASN Lalaikan Tugas Termasuk Kepala Kampung

Senin, 18 Januari 2021 | 18:29 WIB

Minta Kejelasan Pemanggilan Kejati Papua, Ratusan Masyarakat Datangi Mapolres Puncak Jaya

Sabtu, 16 Januari 2021 | 06:05 WIB
Korupsi Dana Kampung

Kepala Kampung di Puncak Jaya Tolak Pemeriksaan Tim Kejati Papua

Kamis, 14 Januari 2021 | 16:45 WIB

Bupati Puncak Jaya Resmi Melantik Tumiran Sebagai Pejabat Sekda Definitif

Kamis, 14 Januari 2021 | 05:41 WIB
TERKINI

Dua Personil Polresta Jayapura Kota dapat Penghargaan Pin Emas Kapolri

26 Menit yang lalu

Kapolda Papua Hadiri Pelantikan Kapolri

2 Jam yang lalu

Kapolda Papua Hadiri Pelantikan Kapolri

2 Jam yang lalu

Warga Biak Wajib Patuhi Prokes Cegah Covid-19

2 Jam yang lalu
5 Tahun Penjara

Polri Tetapkan Ambroncius Nababan Sebagai Tersangka 

8 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com