MENU TUTUP

Pasangan Spei-Piter Fokus Bangun SDM Pegunungan Bintang

Jumat, 04 Desember 2020 | 10:44 WIB / Andy
Pasangan Spei-Piter Fokus Bangun SDM Pegunungan Bintang Calon Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Nomor Urut 01, Spei Bidana saat memberikan keterangan pers di Kota Jayapura/ Andy

JAYAPURAwartaplus.com – Calon Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang Nomor Urut 01, Spei Bidana, mengungkapkan, fokus dari pasangan Spei-Piter jika terpilih dalam Pilkada 2020 adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang.

Spei Bidana menjelaskan, pembangunan SDM sangat penting karena merupakan bagian penting dalam pembangunan sebuah daerah.

“Fokus kita adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena dengan SDM yang bagus di semua aspek akan membantu pembangunan daerah itu. Apalagi Kabuaten Pegunungan BINtang ini merupakan salah satu kabupaten yang masih tertinggal sehingga dibutuhkan SDM yang handal untuk kita bangun kabupaten ini,” katanya saat ditemui di Kota Jayapura, Jumat (4/12) pagi.

Cara yang akan digunakan untuk meningkatkan SDM di Pegunungan Bintang, yakni seluruh anak wajib mendapatkan pendidikan dtingkat SD, SMP dan SMA.

Jadi target kita adalah seluruh anak yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang wajib mendapatkan pendidikan. Mereka wajib mengetahui baca, tulis dan hitung. Kalau kita kekurangan tenaga guru, maka kita akan kontrak guru dari luar dan menjadi kader agar mereka mengajari anak-anak kita yang ada di kampung,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan memberikan beasiswa bagi seluruh mahasiswa asal Kabupaten Pegunungan Bintang yang ada di dalam negeri mapun luar negeri.

“Kita juga akan menyiapkan anggaran bagi mahasiswa yang ada di dalam negeri mapun di luar negeri. Target kami setiap tahun itu ada mahasiswa strata 1, 2 dan 3 yang dibantu oleh pemerintah. Jadi setelah mereka selesai (kuliah) mereka bisa kembali dan membangun daerahnya,” bebernya.

Selain peningkatan SDM, pasangan Spei-Piter juga akan fokus menyediakan kebutuhan bagi masyarakat seperti rumah, air bersih dan listrik di kabupaten Pegunungan Bintang.

“Pelayanan dasar bagi masyarakat juga menjadi perhatian kami karena kami melihat masyarakat kami disana belum merasakan itu. Kita akan menyediakan perumahan, listrik, air bersih, fasilitas kesehatan dan peningkatan ekonomi,” imbuhnya.

“Begitu juga pelayanan kesehatan akan kita tingkatkan dengan membangun fasilitas kesehatan di kampung dan distrik kemudian kita tempatkan tenaga medisnya untuk melayani warga kita disana. Jadi pelayanan pendidikan dan  kesehatan ini sangat urgen untuk dihadirkan ditengah masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut, Spei Bidana menyampaikan bahwa pihaknya akan mengupayakan pembangunan inftasrtuktur jalan dan jembatan untuk membuka akses daerah terisolir sehingga bisa menekan harga bahan pokok yang sangat tinggi.

“Ada 2 jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Pegunungan Bintang dengan beberapa kabupaten lain seperti Keerom dan Boven Digoel. Jadi kita akan bangun kerjasama dengan balai jalan dan kementrian PUPR sehingga dua jalan ini bisa dikerjakan. Dengan begitu harga bahan pokok bisa dibawa menggunakan jalan darat dan harganya juga bisa lebih murah,” tandasnya.**

 


BACA JUGA

Menganalisa Semangat Menggugat Hasil Pilkada Boven Digoel di Mahkamah Konstitusi 

Minggu, 10 Januari 2021 | 19:53 WIB

Dugaan Ijazah Palsu Calon Bupati Merauke Pasca Pilkada Bagai Makan Buah Simalakama

Sabtu, 09 Januari 2021 | 19:20 WIB

Gugatan Paslon Nomor Tiga Pilkada Boven Digoel Bagaikan  Buang Garam ke Laut Arafuru 

Kamis, 07 Januari 2021 | 20:04 WIB

Kabid Humas: 20 Distrik di Kabupaten Boven Digoel Tuntaskan Pleno Pilkada

Minggu, 03 Januari 2021 | 20:59 WIB

Yusak Yaluwo - Yakob Waremba Raih Suara Terbanyak Pilkada Boven Digoel

Minggu, 03 Januari 2021 | 18:42 WIB
TERKINI

Karang Taruna di Keerom Dukung Keberlanjutan Otsus Papua

7 Jam yang lalu

Pertamina Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Halmahera Utara

18 Jam yang lalu

Perhelatan PON XX, Jurnalis Papua Diharapkan Hasilkan Berita dan Foto Olahraga Berkualitas

18 Jam yang lalu

Komisi III DPR Setujui Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

19 Jam yang lalu

Banjir Bandang Menerjang Kampung Uwibutu Paniai, Puluhan Rumah Rusak

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com