MENU TUTUP

Stafsus Billy Mambrasar dan Menteri Nadiem Makarim Dorong Anak Asli PapuaTempuh Pendidikan Setinggi-Tingginya

Jumat, 12 Februari 2021 | 05:02 WIB / Andy
Stafsus Billy Mambrasar dan Menteri Nadiem Makarim Dorong Anak Asli PapuaTempuh Pendidikan Setinggi-Tingginya Staf Khusus Presiden Asal Papua, Billy Mambrasar saat bermain dengan seorang anak/Istimewa

SORONG,wartaplua.com - Staf Khusus Presiden Asal Papua, Billy Mambrasar, bersama-sama dengan Menteri Nadiem Makarim melakukan kunjungan kerja ke kampung adat dan kampung wisata: Malaumkarta, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat (12/02/2021). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, di Provinsi Papua Barat, sejak 10 Februari 2021 lalu.

“Ini merupakan kunjungan pertama Mas Menteri ke Tanah Papua, dan beliau memilih Sorong, Papua Barat, sebagai pijakan kaki pertamanya, dan bertemu dengan masyarakat Suku Moi, sebagai suku dari ratusan suku Papua lainnya, yang pertama beliau ajak diskusi,"ujar Billy Mambrasar, yang merupakan putra asli Biak, Papua, tersebut.

Adapun kampung Malaumkarta terletak di Distrik Makbon, yang berjarak sekitar hampir 40 KM dari Kota Sorong, yang dapat ditempuh melalui jalur darat. Kampung ini merupakan tempat tinggal dari Suku Moi, yang merupakan suku asli pemilik hak ulayat, di hampir sebagian besar wilayah Kota, dan Kabupaten Sorong.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Nadiem Makarim menampung aspirasi dari kepala perwakilan adat Suku Moi, yang berasal dari berbagai Sub Suku Moi, terkait pelestarian budaya dan bahasa suku-suku asli di Papua. Beberapa aspirasi diantaranya adalah Pendirian SMK Pariwisata dan Perikanan di Wilayah Malaumkarta, Distrik Makbon, dan upaya untuk melestarikan bahasa-bahasa asli Suku Moi dengan mengintegrasikannya kedalam kurikulum.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa kementeriannya telah berupaya penuh melakukan usaha-usaha pelestarian budaya dan Bahasa di Tanah Papua, seperti, memberikan kesempatan kepada Suku dengan berbagai adat dan istiadatnya untuk dapat tampil dan memamerkan kebudayaannya, termasuk memberikan insentif bagi pelestariannya juga. Berbagai program tersebut diluncurkan lewat Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), yang dikelola oleh Kemendikbud dibawah Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat.

Harapan dari Menteri adalah bahwa Masyarakat Adat Suku Moi, dapat memanfaatkan keberadaan badan tersebut semaksimal mungkin, dalam upaya pelestarian bahasa dan budaya suku Moi. Harapan ini juga disampaikan kepada seluruh suku, dan adat istiadat lain yang ada di Tanah Papua.

“Pak Jokowi sendiri, saat mengeluarkan Inpres No. 9 Tahun 2020, tentang percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, dan juga melalui undang-undang Cipta Lapangan Kerja, menekankan pentingnya masyarakat adat, dalam perencanaan pembangunan, maupun dalam proses Perijinan,"jelas Salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden RI tersebut.

Diakhir dari sesi penampungan aspirasi tersebut, Staf Khusus Billy Mambrasar yang sempat menempuh studinya di luar negeri dengan beasiswa, memberikan motivasi kepada anak-anak muda Suku Moi yang hadir dalam acara tersebut, agar terus semangat belajar, dan mewujudkan cita-citanya setinggi mungkin.

“Kalau perlu, sekolah hingga berbagai negara di seluruh Dunia, tapi ingat, jangan lupa adat istiadat dan budaya kita sebagai anak asli Papua, dan juga sebagai anak Indonesia," ucap Billy di akhir Pidato singkatnya tersebut.*


BACA JUGA

Mantan Kadis Pendidikan Kepulauan Yapen Divonis Bebas dalam Kasus Korupsi PSKGJ

Jumat, 05 April 2024 | 05:08 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB

Akademisi: Pendidikan Landasan Membentuk Karakter Pemimpin Masa Depan

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:23 WIB

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

Rabu, 21 Februari 2024 | 17:05 WIB
Semoga Pemilu Aman

Pertamakalinya Paulus Waterpauw Gunakan Hak Pilihnya

Rabu, 14 Februari 2024 | 12:35 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

14 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

18 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

21 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com