MENU TUTUP

Stafsus Presiden Billy Mambrasar Usulkan Empat Poin Terkait PON Papua

Selasa, 16 Maret 2021 | 08:45 WIB / Andi Riri
Stafsus Presiden Billy Mambrasar Usulkan Empat Poin Terkait PON Papua Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Setelah sempat ditundanya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI, maka tahun ini perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut akan digelar kembali. 

Papua sebagai lokasi penyelenggaraan PON 2021 yang rencananya akan dilangsungkan pada 2 hingga 15 Oktober ini, sedang melaksanakan berbagai persiapan agar PON 2021 berjalan sukses dan lancar.

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar menyatakan, sebagai orang asli Papua ikut berbangga dan turut antusias karena PON bakal diselenggarakan di tanah kelahirannya.  Hal itu diungkapkannya setelah Rapat Terbatas terkait PON 2021, yang dipimpin langsung oleh Presiden, pada hari ini.

“Komitmen Pak Jokowi untuk terus melanjutkan Perhelatan ini, sangat besar. Bapak (Jokowi) ingin agar acara ini dapat mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat, dan tentunya, ini merupakan berita baik yang kita, masyarakat Papua harus sambut,” ujar Billy Mambrasar usai mengikuti Rapat Terbatas terkait PON 2021, yang dipimpin langsung oleh Presiden, Senin (15/03)

Billy mengaku telah memberikan 4 (empat) usulan untuk memaksimalkan manfaaat dari PON untuk Papua, terkhususnya untuk masyarakat asli Papua. 

Usulan itu antara lain:

Pertama, menggunakan atlet senior maupun junior sebagai duta atlet untuk mempromosikan PON 2021 melalui media elektronik maupun cetak secara masif. 

"Duta atlet papua yang terpilih tentu saja adalah atlet berbakat dan telah diseleksi yang nantinya akan dimasukkan kedalam basis data yang  telah terintegrasi,” tukasnya.

Menurut Billy, banyak sekali atlet senior yang sangat membanggakan Indonesia di kancah nasional, maupun internasional. Melalui PON 2021 ini, atlet senior secara simbolik akan meneruskan semangatnya kepada atlet Junior, agar kejayaan prestasi mereka dapat diteruskan. 

Usulan kedua, yaitu melibatkan wirausaha muda papua yang memiliki produk atau jasa yang relevan dengan perayaan PON 2021, didorong untuk menjadi penyuplai, sehingga bisnis berkembang dan secara umum akan menyerap tenaga kerja baru

Billy menjelaskan, dengan pelibatan wirausahawan muda ini, maka akan terjadi perputaran dan efek berganda, dari acara PON 2021 ini. 

"Dampak ekonomi dari kegiatan jual beli barang dan jasa yang mereka punyai, akan merangsang bisnis mereka untuk dapat bertumbuh lebih besar lagi," bebernya.

Usulan ketiga yaitu mengiklankan komoditas lokal untuk dikenang dari PON 2021, seperti kopi, coklat dan tempat wisata

"PON 2021 ini dapat menjadi panggung untuk memperkenalkan komoditas-komoditas utama dari Tanah Papua, yang dapat dikenal lebih luas lagi, setelah perhelatan ini berlangsung," urainya.

Terakhir usulan keempat yaitu menyusun daftar lokasi wisata, mempromosikan,  dan menggandeng  para pemangku kepentingan, seperti investor, untuk ikut membangun yang terkait agar nantinya diberikan promosi yang sifatnya massive dan meluas.

Maksud Billy Mambrasar, adalah bahwa setelah PON 2021, masyarakat Indonesia akan dapat mengenal titik pariwisata menarik lain di Papua, dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan tersebut ke dua Provinsi paling timur di Indonesia.

Ia berharap agar tempat, bangunan, dan infrastruktur pendukung untuk PON 2021 ini dapat dipergunakan untuk keperluan yang bermanfaat bagi masyarakat, misalnya, untuk memberikan pelayanan Publik, yang dapat memberikan dampak ekonomi, setelah PON 2021 diselenggarakan.**


BACA JUGA

Komitmen Billy Mambrasar dan Teman Angkatan 97 SMPN 1 Serui

Senin, 31 Agustus 2020 | 14:46 WIB

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar Bertemu Bupati Yapen dan Jajaran

Senin, 31 Agustus 2020 | 14:15 WIB

Buku Racuni Jiwa Naungi Hati Dapat Pujian dari Staf Khusus Presiden

Sabtu, 15 Februari 2020 | 11:32 WIB

Billy Mambrasar Bangkitkan Semangat Pendidikan Anak Suku Korowai

Jumat, 13 Desember 2019 | 18:08 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

6 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

11 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

14 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

18 Jam yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com