MENU TUTUP

Billy Mambrasar Bangkitkan Semangat Pendidikan Anak Suku Korowai

Jumat, 13 Desember 2019 | 18:08 WIB / Andy
Billy Mambrasar Bangkitkan Semangat Pendidikan Anak Suku Korowai Staff Khusus Milenial Presiden RI, Billy Mambrasar mengunjungi puluhan anak Korowai, yang tinggal di Panti Asuhan Syalom, Kabupaten Keerom, Papua/Istimewa

JAYAPURA – Staf Khusus Milenial Presiden RI, Billy Mambrasar mengunjungi puluhan anak-anak Korowai yang tinggal di Panti Asuhan Syalom, Kabupaten Keerom, Papua.

Suku Korowai adalah salah satu suku asli Papua yang tinggal di daerah pendalaman Papua. keberadan suku Korowai baru diketahui sekitar 35 tahun lalu. Beberapa sumber menyebutkan suku tersebut melakukan kontak dengan dunia luar pada tahun 1978 saat bertemu misionaris Belanda, Johannes Veldhuizen.

Letak geografis dan terbatasnya akses jalan darat membuat banyak anak-anak Suku Korowai kesulitan memperoleh fasilitas pendidikan dan kesehatan.

Dalam kunjungan tersebut, Billy berkesempatan berbincang, bermain dan membacakan cerita bagi puluhan anak-anak tersebut.

“ Kebahagiaan tersendiri buat saya dalam momen menjelang natal ini, adalah bisa bermain dengan adik-adik Suku Korowai dan membuat mereka tersenyum” kata Billy dalam siaran persnya yang diterima wartaplus.com, Jumat (13/12)

Tak sekedar memberikan buah tangan berupa peralatan sekolah, makanan dan pakaian, Billy juga membacakan cerita tentang kelahiran Yesus, menggunakan buku bergambar.

Dalam kesempatan yang sama, Billy juga menginisiasi donasi terbuka guna mendukung operasional Panti Asuhan Shallom. Hasil donasi itu akan digunakan untuk beasiswa 100 anak Suku Korowai untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMP dan SMA, pengadaan mobil usaha untuk menghidupi pengajar disana, serta penambahan ruang kelas.

“ Saya berharap beasiswa dapat menjadi langkah akselerasi pendidikan anak-anak suku Koroway ini. Terbukanya akses pendidikan dapat memperbesar peluang anak-anak Korowai meningkatkan kualitas hidup,” ujar alumnus terbaik Australia National University tahun 2015 tersebut.

Pria kelahiran Yapen, Papua ini memang menaruh perhatian lebih pada poin pendidikan. Menurutnya, semua orang berhak memperoleh pendidikan yang inklusif dan berkualitas.

“ Berkaca dari pengalaman pribadi, pendidikan dapat mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Saya percaya bila seorang Billy bisa, maka anak Papua yang lain pasti bisa,” tuturnya.

Billy optimistis, dengan memperoleh pendidikan yang baik, anak-anak Suku Korowai dan anak-anak Papua lain dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Oleh sebab itu, bersama Yayasan Katong Bisa, Billy memberikan edukasi berkesinambungan sekaligus literasi kewirausahaan. Yayasan Katong Bisa juga menyalurkan bantuan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelatihan-pelatihan berkala.

“Saya rutin berdiskusi dengan anak-anak muda Papua dan banyak mendapatkan ide-ide segar dari mereka. Bila ide tersebut dapat dieksekusi dengan baik, saya rasa akan memberikan dampak besar bagi pembangunan Papua,” tandasnya.**


BACA JUGA

Stafsus Presiden Billy Mambrasar Usulkan Empat Poin Terkait PON Papua

Selasa, 16 Maret 2021 | 08:45 WIB

Komitmen Billy Mambrasar dan Teman Angkatan 97 SMPN 1 Serui

Senin, 31 Agustus 2020 | 14:46 WIB

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar Bertemu Bupati Yapen dan Jajaran

Senin, 31 Agustus 2020 | 14:15 WIB

Buku Racuni Jiwa Naungi Hati Dapat Pujian dari Staf Khusus Presiden

Sabtu, 15 Februari 2020 | 11:32 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

21 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com