MENU TUTUP
Siap Mengabdikan diri Menjadi Anggota Polri

Putra-Putri Asli Papua Antusias Daftar Bintara Noken Polri

Jumat, 09 April 2021 | 18:46 WIB / Cholid
Putra-Putri Asli Papua Antusias Daftar Bintara Noken Polri Puluhan Pemuda dan Pemudi Asli Papua antuasias mendaftar menjadi anggota Polri/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Puluhan Pemuda dan Pemudi Asli Papua antuasias mendaftar menjadi anggota Polri untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara, hal tersebut terlihat dari animo calon pendaftar yang hadir pada sosialisasi penerimaan Bintara Noken Polri oleh Satgas Binmas Noken Polri di Komplex Dok 9 Kali, kota Jayapura, Jumat (9/4/2021).

Kasatgas Binmas Noken Polri, Kombes. Pol. Jeremias Rontini, melalui AKBP Yamin D. Priono menjelaskan bahwa tahun ini Polda Papua akan membuka penerima 2000 anggota Polri yang dikhususnya kepada Putra-Putri Asli Papua.

“Tahun 2021 ini, akan ada penerimaan 2000 Bintara Polri Khusus bagi Putra Putri Papua melalui formasi Otsus, hal ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada orang asli Papua” kata AKBP Yamin yang juga merupakan Wakil Direktur Binmas Polda Papua itu.

Melalui sosialisasi yang dilaksanakan tersebut, diharapkan agar pelamar yang berkeinginan mendaftar menjadi anggota Polri bisa mempersiapkan diri sejak awal dengan baik.

Pada penerimaan 2000 Bintara Noken Polri tersebut dijelaskan bahwa ada tiga kriteria bagi peserta yakni, peserta yang memiliki kedua orang tua asli Papua, peserta yang memiliki salah satu orang tua adalah asli Papua dan yang satunya non Papua, dan peserta yang orang tuanya Non Papua tetapi lahir dan besar di Papua. Tetapi tentunya yang diutamakan adalah peserta yang kedua orang tuanya asli Papua.

Theofilus Tata, Tokoh masyarakat di wilayah tersebut mengatakan merasa bangga dan berterima kasih dengan adanya sosialiasi yang dilaksanakan Bintara Noken di tempatnya tersebut.

“Kami harapkan dengan adanya sosialiasi ini bisa memberikan semangat yang lebih kepada anak-anak kami ini untuk mempersiapakan diri sebaik-baiknya dalam mengikuti seleksi nanti, sehingga nantinya saat sudah menjadi anggota Polri bisa mengabdikan diri dalam menjaga NKRI khususnya tanah Papua tempat kelahirannya” kata Bapak Theofilus Tata.

Dikesempatan yang sama, Grace Robaha sebagai Perempuan Asli Papua mengharapkan dengan adanya Otonomi Khusus dalam penerimaan Bintara Noken ini, agar Polda Papua dapat memperhatikan dan melaksanakan seleksi dengan sebaik-baiknya, supaya nantinya Putra-putri Papua bisa mewujudkan cita-cita mereka menjadi anggota Polri.*


BACA JUGA

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

Jumat, 26 April 2024 | 07:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

Rabu, 24 April 2024 | 17:06 WIB
TERKINI

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Jam yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

3 Jam yang lalu

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

4 Jam yang lalu

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

19 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com