MENU TUTUP

Adanya Luncuran dan Hutang, Menghambat Penyusunan APBD Puncak Jaya

Kamis, 30 September 2021 | 05:53 WIB / Andi Riri
Adanya Luncuran dan Hutang, Menghambat Penyusunan APBD Puncak Jaya Kepala Badan Pengolalan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Puncak Jaya Yubelina Enumbi, SE/dok.ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Kepala Badan Pengolalan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Puncak Jaya Yubelina Enumbi, SE menyoroti penyerapan anggaran yang selalu menjadi kendala tiap tahun khususnya realisasi fisik maupun non fisik

"Tahun ini transfer dana DAK dari pusat agak terlambat karena keterlambatan mengirim laporan ke pusat, rata-rata pihak ketiga cuma mengandalkan uang muka sehingga mereka sampai saat ini tunggu pencairan baru dapat realisasi fisiknya, seharusnya pihak ketiganya berani kerja kalau ada modal," keluh Yubelina dalam rapat  Monitoring dan Evaluasi Program Pembangunan Daerah Tahun 2021, Senin (27/09) lalu. 

Rapat ini dihadiri Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Yahya Wonorenggo, S.IP,  para Kepala OPD dan Sekretaris

Yubelin menekankan ke setiap Kepala OPD yang mengelola Dana DAK dan OTSUS jangan sampai ada laporan yang terlambat dikarenakan akan mempengaruhi keterlambatan transfer dari pusat

"Bagi para kepala OPD atau sekretaris supaya dana bisa cepat terserap dan cepat juga untuk buat laporannya, sehingga dana selanjutnya bisa cepat juga masuknya. Jika tidak cepat laporan dan keterlambatan dana itu bisa membebani Pemda jika sampai Luncuran ke tahun berikutnya yang menyebabkan jadi hutang pemda" tekan Yubelina.

Yubelina menjelaskan perbedaan kegiatan Luncuran dan Hutang bahwa yang membedakan jika hutang apabila pekerjaan sudah 100 persen, tapi pada akhir 31 Desember Pemda tidak mampu membayar itu tercatat sebagai hutang. 

Sedangkan Luncuran itu kegiatan yang sudah berjalan, namun realisasi fisik baru 30-40 persen dan itu menjadi kegiatan Luncuran tahun berikutnya. 

"Yang harus diwaspadai jangan sampai kita bawa hutang, artinya kita tidak mampu untuk membayar sedangkan Pemda punya anggaran itu ada di karenakan respon pihak ketiga yang lambat kasih masuk tagihan, sehingga menjadi opini waktu pemeriksaan tercatat menjadi hutang bagi Pemda dan disarankan jika realisasi fisik sudah 100 persen untuk cepat menagih khusus untuk rekanan," jelasnya. 

Adapun yang menghambat penyusunan APBD, ungkap Yubelina, adalah kegiatan Luncuran yang seharusnya selesai di tahun sebelumnya dimunculkan kembali di tahun berikutnya sehingga alokasi anggaran DAU yang seharusnya bisa dipakai untuk kegiatan lain akhirnya ditutupi untuk kegiatan luncuran.

"Ini membuat terjadinya refocusing yang akan terjadi terus dan memotong anggaran di akhir tahun mencapai 23 miliar, sehingga Pemda harus memikirkan untuk mengurangi kegiatan dari dinas agar bisa mencapai kondisi APBD 23 miliar tersebut," jelasnya lagi.

Harapannya pihak rekanan bisa cepat mengajukan tagihan jika realisasi sudah 100 persen sehingga tidak terjadi hutang. 

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kabupaten Puncak Jaya Bertnadus T. Seleng, S.Sos, M.Si berharap dengan adanya kegiatan Monitoring Evaluasi ini para Kepala OPD harus segera menyelesaikan kegiatan - kegiatan yang belum mencapai 100 persen dan mendorong agar pihak ketiga atau rekanan agar segera menuntaskan kegiatan tersebut. (Adv/ProkopimPJ)

 

 


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Pemprov Papua Tengah Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan Diikuti 300 Pelajar di Nabire

15 Jam yang lalu

Menlu RI-PNG Kunjungi SD di Perbatasan Wutung Papua

1 Hari yang lalu

Berkas Perkara Lengkap, Polisi Serahkan Tersangka Penyuplai Senjata KKB ke Kejari Wamena

2 Hari yang lalu

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Sasar Pulau 3T di Perairan Utara Papua

2 Hari yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Dana Hibah 2,5 Miliar Pembangunan Aula Sekolah Alkitab

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com