MENU TUTUP

Jabat Panglima TNI, Ini Kebijakan Pengamanan di Papua Ala Jenderal Andika

Kamis, 02 Desember 2021 | 12:34 WIB / Andi Riri
Jabat Panglima TNI, Ini Kebijakan Pengamanan di Papua Ala Jenderal Andika Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didampingi Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo Triyono dan para Danrem saat memberikan keterangan pers di Makodam Cenderawasih, Rabu (01/12)/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com - Usai dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada 17 November 2021 lalu, Jenderal Andika Perkasa langsung mengeluarkan kebijakan terkait pola pengamanan di Papua.

Kepada wartawan di Jayapura, Papua, Rabu (01/12) Jenderal Andika Perkasa secara tegas menyatakan, pola pengamanan yang akan diterapkan akan sama dengan daerah lain yaitu pendekatan melalui pembinaan teritorial (binter) dan komunikasi sosial (komsos).

"Jadi pembinaan teritorial (binter) dan komunikasi sosial (komsos) yaitu mengedepankan tugas Kodim dan Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Jenderal Andika.

Ia menegaskan, semua satuan tugas yang ditugaskan oleh Mabes TNI AD, yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengamanan di Papua, bakal ditempatkan di Kodim dan Koramil. 

"Gelar kekuatan TNI secara normal di Papua, tentu untuk membantu menciptakan keamanan yang lebih bagus serta mempercepat peningkatan kesejahtaraan di wilayah setempat," terang mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Pun demikian dengan Satuan Tugas TNI Angkatan Udara (AU), ungkap Andika, akan memiliki tugas pokok dan fungsi pengamanan pangkalan udara serta pembinaan kedirgantaraan dan pembinaan teritorial. 

Sedangkan kebijakan untuk TNI Angkatan Laut (AL) yaitu tetap melaksanakan tugas pokok pembinaan kemaritiman dan pembinaan potensial daerah.

"Jadi kebijakan pola pengamanan yang diterapkan ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia," tegasnya.

Lebih jauh mantan Komandan Paspampres ini menyebut ada 15 Kodam yang tugasnya melakukan pembinaan teritorial dan di bawahnya ada 333 Kodim dan 3.620 Koramil. Kemudian ada 42 Lanud dan 65 pangkalan laut.

"Memang tak bisa dipungkiri bahwa Kodim dan Koramil di Papua masih sangat kurang. Seperti Korem 174/ATW Merauke hanya diperkuat oleh 3 Kodim, Korem 173/ PVB Biak ada 4 Kodim, dan Korem 172/PWY Jayapura hanya ada 5 kodim," sebutnya.

“Idealnya itu di Papua 1 Korem seharusnya memiliki 12 Kodim. Jadi dalam waktu dekat kita akan tambah lagi sebanyak 8 kodim,” tandas Andika.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengunjungi Papua untuk meninjau langsung gelaran vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di tiga titik yakni Lanud Silas Papare, Lantamal X Jayapura dan RS Marthen Indey.**


BACA JUGA

Panglima TNI Tegaskan Soal Penyelesaian Masalah Keamanan di Papua Tetap Mengedepankan Soft Approach

Sabtu, 09 Desember 2023 | 09:48 WIB

27 Anggota TNI Polri dan PNS di Papua Dihadiahi Umroh Gratis dari Panglima TNI dan Kapolri

Jumat, 08 Desember 2023 | 21:18 WIB

Rawan Gangguan KST, Panglima TNI Minta Pembangunan di Papua Dikawal Aparat Keamanan

Jumat, 08 Desember 2023 | 18:16 WIB

Panglima TNI Kirim 2,5 Ton Logistik untuk Masyarakat Terdampak Bencana Kelaparan di Puncak

Senin, 24 Juli 2023 | 19:41 WIB

Kunjungan Lima Jenderal Bintang 4 di Tanah Papua Diwarnai Aksi Teror KKB

Senin, 09 Januari 2023 | 17:25 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

12 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com