MENU TUTUP
Tokoh Adat dan Pemuda Papua

Pemborosan dan ketidakefektifan Uang Otsus Sungguh Fantastis

Jumat, 17 Desember 2021 | 13:39 WIB / Reza
Pemborosan dan ketidakefektifan Uang Otsus Sungguh Fantastis Para tokoh adat dan pemuda meminta perangi korupsi/Istimewa

JAYAPURA ,wartaplus.com - Bukan hanya tentang epidemi HIV/AIDS di Provinsi Papua yang dapat diibaratkan gunung es, korupsi dana Otsus pun demikian. Korupsi anggaran Otonomi Khusus mengakar hingga ke sendi-sendi terdalam pegawai. Indikasi korupsi begitu kabupaten dikalangan pejabat Papua yang diduga menyelewengkan uang negara. Bagi mereka, diri sendiri adalah hal biasa danlumrah.

"Mereka tak sadar, manakala dana otsus yang sejatinya untuk meningkatkan taraf hidup 3 juta rakyat Papua dari belenggu kemiskinan, digunakan berpesta pora. Dugaan penggelapan anggaran otsus memang dashyat. Berdasarkan pendalaman Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pemborosan dan ketidakefektifan uang otsus sungguh fantastis , "ujar Neles Monim, Jumat (17/12/2021) di Jayapura

Bahkan, dari berbagai penelusuran, ditemukan mark up atau penggelembungan harga dalam pengadaan sejumlah fasilitas umum di Papua melampaui angka normal.

Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Polri tahun 2021 memperjelas bahwa ada dugaan penyelewengan dana lebih dari Rp1,8 triliun. Uang ‘perjuangan’ yang seharusnya diperuntukan bagi Orang Asli Papua, malah tersimpan jauh di kantong para pejabat.
Tak pelak, angka kemiskinan dari tahun ke tahun, enggan membaik. Yang terjadi, justru Orang Papua terus tersingkir dari tanahnya, dan hidup miskin di perkampungan. Situasi ini makin diperparah dengan kualitas roda kepemimpinan birokrasi serta pemerintahan yang begitu semrawut.

"Gubernur Papua Lukas Enembe, orang yang diharapkan membenahi serta menyingkirkan pejabat korup, Gubernur Lukas, seperti disebut Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy, layak ‘beristirahat’. Ia dianggap lemah mengatasi ‘para pejabat pencuri’.

Secara fisik, Gubernur Lukas saat ini memang dalam kondisi tidak prima. Ketika pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober silam, ia tampil tak biasa. Sakit yang dialami, dipertontonkan langsung ke publik Papua dan Nusantara melalui saluran siaran TV bahkan depan Presiden Joko Widodi,"ujar Ondofolo Kampung Putali  ditemani  Jackob Fiobetauw Wakil Ketua I Dewan Adat Suku Sentani, Frengki Ohoodo, Kepala Suku Kampung Ayapo, Boas Asa Enoch Ondofolo Kampung Sosiri, Tokoh Pemuda Jayapura Eki Tokoro.

Ungkapnya, lemahnya kepemimpinan orang nomor satu Papua itu, telah membuka celah bagi sekelilingnya,mengambil kesempatan mempertahankan kepentingan mereka. Ada pameo berkembang: ‘Jika bukan Lukas Enembe, Silahkan Bertemu Gubernur-Gubernur Kecil Lainnya.’ Situasi yang dianggap buruk oleh sebagian besar kalangan. Ini tentu menjadi keprihatinan bersama. Korupsi merajalela, kepemimpinan Gubernur mengendur dan menjamurnya pejabat korup.

Bayangkan, bila pemimpin Papua (Gubernur Lukas Enembe) itu meninggalkan Papua, entah untuk pemulihan kesehatan atau berdiam diri di kediaman. Tentu saja mudah disimpulkan, para pejabat korup akan semakin leluasa menggasak uang rakyat. Dalam kesempatan ini,

Tokoh dan Pemuda Adat Papua mengajak semua pihak, bersatu padu memerangi gurita korupsi di Tanah Papua. Papua adalah Tanah Surga, bukan Tanah bagi perampok uang rakyat!

Tokoh dan Pemuda Adat Papua antara:

1. Gubernur Papua Lukas Enembe agar segera mengganti melengserkan para pejabat di
lingkungan pemerintahan Propinsi Papua yang diduga telah menyelewengkan anggaran Otsus.

2. Papua Lukas Enembe harus bertanggung jawab atas pelaksanaan PON XX Papua yang meninggalkan masalah Gubernur. Mulai dari pembayarannya hak relawan PON, hingga dugaan korupsi uang PON Tokoh dan Pemuda Adat Papua mempertanyakan penggunaan anggaran yang disebut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tahun 2018 – 2021, kurang lebih Rp 10,431 triliun. Dana yang sangat besar, namun tidak transparan*


BACA JUGA

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

Selasa, 16 April 2024 | 19:14 WIB

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

Senin, 15 April 2024 | 19:57 WIB

Mantan Kadis Pendidikan Kepulauan Yapen Divonis Bebas dalam Kasus Korupsi PSKGJ

Jumat, 05 April 2024 | 05:08 WIB

KPK Bakal Jemput Paksa Bupati Mimika dan Kembali Buka Kasus Korupsinya

Kamis, 04 April 2024 | 10:58 WIB

Kadisnakertrans Papua Barat Tersangka Korupsi Dana Tambahan Penghasilan Pegawai

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:58 WIB
TERKINI

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

9 Jam yang lalu

Spesialis Jambret di Kota Jayapura Berhasil Dibekuk Polisi

9 Jam yang lalu

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

9 Jam yang lalu

Satu Personil Polres Yahukimo Tewas Diserang OTK, Tiga Orang Diamankan

10 Jam yang lalu

Babinsa Pos Ramil Fawi Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Gereja

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com