MENU TUTUP

Wilayah Suru Suru Yahukimo Kini Aman Kondusif, Pasca Penyerangan KKB

Rabu, 05 Januari 2022 | 19:23 WIB / Andi Riri
Wilayah Suru Suru Yahukimo Kini Aman Kondusif, Pasca Penyerangan KKB Aksi pembakaran yang dilakukan KKB di Distrik Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo pada Agustus 2021 lalu/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Pasca penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata atau Kelompok Separatis Teroris (KKB/KST) terhadap aparat keamanan di Distrik Suru Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada November dan Desember 2021 lalu, kini wilayah tersebut dipastikan telah aman dan kondusif.

Seperti diketahui KKB melakukan penyerangan (penembakan) terhadap aparat keamanan Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil persiapan Suru-Suru, yang menyebabkan dua prajurit gugur dan dua lainnya terluka.

Pada November 2021 penembakan KKB menewaskan Sertu Ari Baskoro, kemudian awal Desember KKB kembali melakukan penyerangan dengan menembak mati Serda Putra Rahaldi dan melukai Praka Suheri.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H dalam keterangan persnya, Rabu (05/01/2022) menyatakan, secara umum sampai saat ini situasi di wilayah Kabupaten Yahukimo dalam keadaan kondusif, dimana masyarakat telah melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

"Informasi yang kami peroleh dari aparat kewilayahan di wilayah Yahukimo bahwa beberapa masyarakat di Suru Suru yang mengungsi ke sekitar kampung yang berdekatan dengan Suru Suru telah bertahap kembali ke kampung halamannya," kata Kapendam Aqsha.

Mengenai pemberitaan adanya seorang warga yang meninggal, Kapendam menegaskan, pemberitaan tersebut tidaklah benar atau hoax

"Dari Satuan Kewilayahan di Yahukimo telah berkoordinasi dengan Bupati dan Kapolres untuk mengecek kebenaran berita ini. Dan hasilnya sampai saat ini tidak ada korban dari warga yang meninggal di Suru Suru Yahukimo," bantahnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tetol yang mengatakan bahwa, untuk wilayah Suru-Suru saat ini kondusif dan warga beraktivitas seperti biasanya.

"Saya berharap situasi semakin kondusif, kami terus berkoordinasi dengan Bupati, Kapolres dan unsur Forkopimda serta elemen masyarakat lainnya untuk menciptakan situasi yang aman kondusif," kata Dandim 1715/Yahukimo.**


BACA JUGA

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB

Seorang Anggota Polres Yahukimo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Selasa, 16 April 2024 | 20:07 WIB

Satgas Ops Damai Cartenz Lumpuhkan Dua Anggota KKB Yahukimo, Ini Peringatan Keras!

Jumat, 12 April 2024 | 16:42 WIB

Baku Tembak Aparat Keamanan dan KKB, Bocah Tak Berdosa Tewas Tertembak

Senin, 08 April 2024 | 19:49 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

13 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

14 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

14 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

21 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com