MENU TUTUP

Wakil Gubernur Jawa Tengah Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Papua

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:39 WIB / Andi Riri
Wakil Gubernur Jawa Tengah Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Papua Penyerahan secara simbolis bantuan pembangunan masjid raya Baiturrahim Kota Jayapura oleh Wagub Jawa Tengah, H Taj Yasin Maimoen kepada KH. Kahar Yelipele Ketua Umum Masjid Raya/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen menyerahkan secara simbolis bantuan dana pembangunan Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/01).

Bantuan sebesar Rp100 juta  yang disalurkan melalui Badan Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah itu, diterima langsung oleh Ketua Umum Masjid Raya, KH. Abdul Kahar Yelipele.

Acara penyerahan bantuan yang berlangsung di Aula Masjid, dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Papua, H. Ridwan Rumasukun, para pengurus masjid serta paguyuban Jawa Tengah.

Ketua Umum Masjid Raya, KH. Abdul Kahar Yelipele di awal sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah yang sudah turut peduli dalam pembangunan masjid terbesar di Papua ini.

"Semoga bantuan yang dberikan jadi berkah untuk kita semua dalam meneruskan pembangunan," ucapnya.

Kahar Yelipele menuturkan, masjid raya Baiturrahim ini adalah masjid tertua kedua setelah masjid Jami di tanah Papua  yang dibangun pada tahun 1974, dan menjadi ikon masjid  seluruh umat islam di tanah Papua, yang senantiasa dijaga dan dirawat.

"Selama ini kami selalu bersinergi dengan pemerintah baik Provinsi maupun Kota Jayapura dalam pembangunannya," akunya.

Lanjut Yelipele, pembangunan masjid atau renovasi masjid ini telah berlangsung sejak 2007 silam, namun karena biaya pembangunannya cukup besar sehingga pembangunan dilakukan bertahap.

"Setelah kepengurusan kami 2019, kami sudah bangun parkiran dua lantai, kami juga bangun ruko. Harapan kami tentunya semoga pembangunan masjid ini bisa cepat selesai," tukasnya.

Penyerahan Cindera Mata dari Sekda Ridwan Rumasukun kepada Wagub Jawa Tengah

Ucapan terima kasih juga disampaikan Sekda Ridwan Rumasukun mewakili Gubernur Papua dalam sambutannya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Papua mengucapkan terima kasih sebes besarnya atas bantuan yang diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ketua Baznas RI Pusat dan Ketua Baznas Jawa Tengah. Tentunya ini  akan sangat berarti bagi kami dalam mengembangkan masjid ini sebagai tempat beribadah yang layak bagi masyarakat khususnya masyarakat sekitar masjid," ucap Ridwan.

Ia juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat di Provinsi Papua termasuk didalamnya umat muslim untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, memupuk rasa solidaritas yang tinggi, dengan terus mengembangkan sikap toleransi, saling menghargai satu dengan yang lainnya.

"Serta senantiasa bertekad memberikan yang terbaik di tanah Papua yang kita cintai ini," imbaunya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Tengah, H Taj Yasin Maimoen dalam sambutannya mengatakan, keinginan untuk membantu pembangunan masjid raya Baiturrahim terbersit saat ia mengunjungi Kota Jayapura pada perhelatan PON XX Oktober 2021 lalu.

"Waktu kesini saya sempat sholat di masjid ini, dan saya melihat masih dalam tahap pembangunan. Saya juga sempat keliling mengunjungi pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jayapura dan Keerom," ujar Yasin yang didampingi Ketua Basnaz Jawa Tengah, KH. Ahmad Daroji

Pulang ke Semarang, niat ini kemudian disampaikan Gubernur dan akhirnya disetujui untuk membantu pembangunan masjid.

"Kerjasama dalam pembangunan masjid tentunya harus mengedepankan keutuhan NKRI, keutuhan persaudaraan sebagai warga negara Indonesia," ucapnya.

"Semoga pembangunannya cepat selesai, kita bareng bareng kerjasama untuk membangun, sehingga kemakmuran masjid dapat segera tercipta," harapnya.

Wagub Yasin juga berharap agar masjid ini bisa digunakan oleh semua umat muslim, bukan hanya untuk golongan atau aliran islam tertentu saja.**


BACA JUGA

Delegasi Papua Berikan Hadiah Unik kepada 38 Gubernur Peserta GCF-TF Brazil

Minggu, 20 Maret 2022 | 06:20 WIB

Ridwan Rumasukun Sah Jabat Sekertaris Daerah Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:33 WIB

Pelaksana Tugas Sekda Papua dan Pimpinan OPD Walk Out Saat Sidang di DPRP

Selasa, 14 September 2021 | 05:23 WIB

Dance Flassy Klaim Tidak Dihubungi Acara Serah Terima Plt Sekda Papua

Rabu, 14 Juli 2021 | 14:43 WIB
TERKINI

Sebanyak 106 Kepala Sekolah di Papua Dilantik

6 Jam yang lalu
Jangan Ambil Untung

Dana Sekertariat 1 Milyar, Gubernur Waterpauw: Macam Mau Bangun Sekertariat Saja

19 Jam yang lalu

Terima Keluhan Mahasiswa, Bupati Puncak Jaya Siap Bantu Pembangunan Aula Uswim Nabire

1 Hari yang lalu

Bupati Puncak Jaya Goes To Campus, Berbagi Kisah Suksesnya di Kampus Uswim Nabire

1 Hari yang lalu

Bupati Puncak Jaya Bantu Dana Penerimaan Mahasiswa Baru di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com