MENU TUTUP
Baksos IKAL Jatim

Merajut Kasih di Kampung Yoka

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:58 WIB / Roberth
Merajut Kasih di Kampung Yoka Pelayanan kesehatan gratis dalam kegiatan bakti sosial (baksos) yang digelar IKAL (Ikatan Keluarga Alumni) Jatim di Papua, Jumat (28/01/2022)/Istimewa

JAYAPURA ,wartaplus.com - Warga Kampung Yoka, Distrik Heram Kota Jayapura, tampak antusias mendatangi kantor Kampung tempat pelayanan kesehatan gratis dalam kegiatan bakti sosial (baksos) yang digelar IKAL (Ikatan Keluarga Alumni) Jatim di Papua, Jumat (28/01/2022 ).

Ketua Panitia Kegiatan Richardo Hutahaean mengaku, bakti sosial ini dilakukan IKAL Jatim sebagai wujud kepedulian dan membantu warga yang langsung bencana banjir pada 7 Januari 2022 lalu.

"Ada sekitar 60 KK warga Kampung Yoka yang mengalami bencana banjir tersebut. Pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dilayani 11 petugas terdiri dari dokter dan tenaga medis lain, tercacat 91 orang yang datang memeriksa kesehatan,"ujarnya. Dikatakannya, apabila masih ada kekuranga dalam kegiatan ini kami meminta maaf.

Foto: Ketua Panitia Kegiatan  Richardo Hutahaen menyerahkan bantuan kepada warga/Istimewa

Kepala Kampung Yoka Antonius Mebri mengatakan sangat bersyukur dengan pelayanan dan pengobatan gratis yang digelar IKAL Jatim karena warga korban banjir memang sangat membutuhkan pemeriksaan kesehatan.

''Kami berterima kasih kepada Tuhan bahwa saudara-saudara kita yang datang membantu kami setelah bencana banjir kemarin. Kami apresiasi IKAL Jatim yang membuat kegiatan luar biasa di kampung. Semoga waktu ke depan IKAL Jatim terus berjalan membantu masyarakat yang sudah ada. Tuhan akan menghargai alumni Jatim,'' ujarnya.

Banjir di Kampung Yoka kata Antonius adalah bencana tahunan, namun yang terjadi 7 Januari 2022 kata Antonius merupakan yang terbesar selama ini. Air lumpur bercampur masuk ke rumah-rumah warga merendam dan merusak semua perabotan yang ada,'' jelasnya.

Pdt Robert Nerotmilena dari IKAL Jatim selain mengatakan pelayanan kesehatan gratis juga ada pembagian sembako.

''Kami memilih Kampung Yoka agar bantuan yang diberikan dirasakan langsung oleh para korban,'' jelasnya.

IKAL Jatim kata Pdt Robert memiliki beberapa rencana untuk membantu korban banjir di Kota Jayapura, termasuk mengeruk Kali Acai di Kotaraja namun sesuai dengan Arahan Wali Kota Jayapura Dr Drs Benhur Tomi Mano bahwa untuk pengerukan yang sudah ditangani Balai Wilayah Sungai sehingga disarankan melakukan kegiatan lain yang langsung dirasakan warga korban banjir.

''Bakti Sosial ini merupakan salah satu kegiatan yang berdampak langsung atau dirasakan langsung oleh warga korban banjir dan kami melihat salah satu wilayah yang warganya adalah Kampung Yoka,'' jelasnya.

Bakti Sosial IKAL Jatim dalam kata Pdt Robert juga memahami PGG (Persatuan Gereja) Jayapura untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada saudara-saudara yang terkena bencana.

Sebelum pelayanan kesehatan dan pembagian sembako diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Pdt Robert.

Kepala Kamung Yoka mengatakan tidak bisa membalas kebaikan IKAL Jatim ini namun berdoa agar Tuhan membalasnya. ''Kami hanya bisa berdoa semoga Tuhan memberkati IKAL Jatim atas perhatian dan kepedulian kepada kami warga Kampung Yoka,' ujar Antonius. **


BACA JUGA

Gubernur Waterpauw Jabarkan Arahan Presiden Jokowi di Raker Ikal Jatim

Jumat, 15 Juli 2022 | 17:07 WIB

Gubernur Waterpauw Ajak Ikal Jatim Bersinergi Bangun Tanah Papua dan Papua Barat

Jumat, 15 Juli 2022 | 15:04 WIB

Alumni Jawa Timur di Tanah Papua Sumbang 2 Ekor Sapi, Suyanto: Terima Kasih Pak Paulus Waterpauw

Sabtu, 09 Juli 2022 | 15:40 WIB

Kapolri Berikan Instruksi ke Jajaran Seluruh Indonesia Untuk Melakukan Operasi Premanisme

Jumat, 11 Juni 2021 | 16:16 WIB
TERKINI

Berkas Perkara Lengkap, Polisi Serahkan Tersangka Penyuplai Senjata KKB ke Kejari Wamena

2 Jam yang lalu

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 Sasar Pulau 3T di Perairan Utara Papua

2 Jam yang lalu

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Dana Hibah 2,5 Miliar Pembangunan Aula Sekolah Alkitab

2 Jam yang lalu

Sisi Lain Irjen Fakhiri di Mata Ajudan Pribadi, Terkenal Disiplin dan Tak Pilih Kasih

9 Jam yang lalu

Klarifikasi Kepsek SMAN 2 Dogiyai Soal Pawai Kelulusan Siswanya Gunakan Atribut Bintang Kejora

12 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com