MENU TUTUP

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Provinsi Dipusatkan di Nabire

Rabu, 23 Februari 2022 | 14:23 WIB / Abdul
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Provinsi Dipusatkan di Nabire Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan Dan Lingkungn Hidup  memilih Nabire sebagai pusat peringatan HPSN/Istimewa

NABIRE,wartaplus.com - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Provinsi Papua dipusatkan di Kabupaten Nabire.

Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan Dan Lingkungn Hidup  sengaja memilih Nabire sebagai pusat peringatan HPSN,  dalam rangka mendukung program  100 kerja Bupati dan Wakil Bupati Nabire Mesak Magai dan Ismail Djamaluddin.

Juga sebagai bentuk dukungan dari Pemprov Papua dalam hal kampanye Nabire untuk Adipura dan program 'Nabire Bersih'.

"HPSN tahun ini  tingkat Provinsi Papua pusatnya di Nabire, ini bentuk dukungan kepada Bupati Nabire dalam  100 hari kerja, kami juga berikan perhatian khusus karena Nabire saat ini gencar mengkampanyekan Adipura dan Nabire Bersih," ujar Kepala Dinas Kehutanan Dan Lingkungn Hidup Provinsi Papua  Jan Jap L. Ormuserai,SH.M.Si, Rabu (23/2/2022).

HPSN mengambil tema Nasional “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim. Sedangkan tema tingkat pemprov Papua yakni “Bangun Kampung Proklim Untuk Kelola Sampah Bagi Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Masyarakat Papua".

Ormuserai menjelaskan, peringatan HPSN di Papua dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se Papua dengan dikoordinir oleh Dishut dan LH Papua juga Dishut dan LK masing-masing kabupaten/kota. 

"Tahun ini harapannya dapat mengedukasi seluruh komponen masyarakat, termasuk kaum milenial, anak-anak sekolah, agar sadar  pentingnya kebersihan,” katanya.

Ia pun menyampaikan pentingnya mengelola sampah hingga tingkat rumah tangga. Setiap masyarakat diminta untuk dapat memilah sampah sesuai jenisnya.

"Karena satu sampah ini sudah menjadi 1.000 masalah, bayangkan  jika ada tumpukan sampah pasti kotor, pasti ada lalat, dari sisi kesehatan juga sampah ini masalah, menimbulkan penyakit. Kalau sampah di selokan dan turun hujan deras, bisa sebabkan banjir dan musibah lain, untuk itu mari kelola sampah dengan cerdas," tandasnya.

Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin mengatakan, penanaman dan gerebek sampah diikuti oleh Pemda Kabupaten Nabire dan TNI/Polri. 

"Untuk penanaman ada 50 pohon yang kita tanam. Kita lakukan supaya mengedukasi masyarakat bahwa kebersihan itu penting dan juga penghijauan itu penting," kata Wabup Nabire usai melakukan penanaman pohon di Tugu Tinggal Landas, Kabupaten Nabire, Rabu (23/2/2022).

Ia pun mengapresiasi masyarakat yang dengan sadar menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. 

"Karena masyarakatlah paling utama yang menjaga Kota Nabire," jelasnya lagi.

Rangkain kegiatan HPSN Papua di Nabire juga dimeriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya lomba Eco Office dan kebersihan/keindahan sekolah yang dimulai 21-22 Februari. Selanjutnya dilaksanakan gerebek sampah dan penanaman  di beberapa titik Kota Nabire, diantaranya penanaman di Tugu Tinggal Landas, Tugu Selamat Datang, Gedung Karel Gobay, sepanjang  median Jalan Jenderal Sudirman serta gereja dan sekolah dan masjid.

Gerebek sampah dilakukan di Terminal dan Pasar Oyehe, terminal dan Pasar Kalibobo, Terminal dan Pasar Karang Tumaritis dan Pantai Nabire.

Kegiatan peringatan HPSN di Nabire akan berpuncak pada Kamis 24 Februari 2022 dengan apel peringatan HPSN Provinsi Papua di Kantor Bupati Nabire.


BACA JUGA

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

Sabtu, 27 April 2024 | 21:30 WIB

KDRT Istri Tikam Suami Berujung Pertikaian Antar Warga di Nabire, Tujuh Luka

Jumat, 12 Januari 2024 | 04:19 WIB

Kodim Nabire Terima Penghargaan Kasad, Juara I Kampung Pancasila Kategori Kota

Sabtu, 09 Desember 2023 | 10:29 WIB

Bandara Douw Aturure Nabire Diresmikan Presiden, Diharapkan Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Jumat, 24 November 2023 | 14:16 WIB

Pesawat Tariku Gagal Lepas Landas di Bandara Nabire

Selasa, 21 November 2023 | 20:28 WIB
TERKINI

Layanan Kas Keliling di Distrik Terpencil Asmat, Serap Hampir Rp3 Miliar Uang Tidak Layak Edar

8 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Maju Gubernur Papua, Tim Pemenang Ambil Formulir di 7 Parpol

13 Jam yang lalu

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Mulia Gelar Pelatihan Perawatan Luka Modern

16 Jam yang lalu

Puncak Jaya Launching Aplikasi JDIH, Pj Sekda: Ciptakan Pelayanan Lebih Mudah

16 Jam yang lalu

Ribuan Pendaftar di Program Pelatihan Institut Pertambangan Nemangkawi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com