MENU TUTUP

Jumlah Penumpang Bandara Sentani Naik, Pasca Persyaratan PCR dan Antigen Dilonggarkan

Selasa, 15 Maret 2022 | 06:43 WIB / Andi Riri
Jumlah Penumpang Bandara Sentani Naik, Pasca Persyaratan PCR dan Antigen Dilonggarkan Ilustrasi situasi ruang tunggu bandara Theys Eluay Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua/dok:Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pasca diterbitkannya Peraturan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengenai syarat perjalanan dalam negeri tertanggal 8 Maret 2022, dimana dalam aturan terbaru, hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen tidak lagi menjadi syarat mutlak untuk bepergian di dalam negeri bagi pelaku perjalanan yang telah memenuhi ketentuan, hal tersebut mempengaruhi trafik harian di Bandara Theys Eluay Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Stakeholder Relation Manager Bandara Theys Eluay Sentani, Surya Eka menyebut terjadi kenaikan 19 persen, dengan rata rata harian sebanyak 4.300 penumpang dari sebelunya 3.600 penumpang perhari.

“Kami prediksi akan ada peningkatan sekitar 20 hingga 40 persen dari penumpang kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Sentani, setelah ketentuan syarat bagi Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan (PPDN) dilonggarkan,” sebut Surya dalam siaran persnya, Senin (14/03).

Terkait kebijakan baru tersebut, Surya mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk terus mematuhi ketentuan perjalanan yang berlaku dan menjaga penerapan protokol kesehatan.

"Kepada calon penumpang senantiasa mengisi e-hac pada aplikasi Peduli Lindungi sebelum keberangkatan atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan," imbaunya.

Seperti diketahui, dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 11 tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 21 tahun 2022 disebutkan bahwa pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Meski begitu setiap pelaku perjalanan dalam negeri tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna meminimalisir penyebaran Covid-19.**


BACA JUGA

Ban Pecah, Pesawat Cargo Trigana Air Gagal Take Off di Bandara Sentani

Senin, 18 Desember 2023 | 13:55 WIB

Kedapatan Bawa Ganja, Seorang Penumpang Diamankan Personil Kopasgat di Bandara Sentani Jayapura

Minggu, 30 Juli 2023 | 13:37 WIB
Vaksinasi di Papua

Tidak Ada Tenaga Kesehatan, Capaian Vaksinasi Hanya 9% di Pegunungan Bintang Papua

Jumat, 04 Februari 2022 | 20:59 WIB

Ondofolo Ini Diamankan Polisi, Diduga Jadi Otak Penyerangan dan Pembakaran di Kompleks Bandara Sentani

Selasa, 07 September 2021 | 16:44 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

2 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

2 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com