MENU TUTUP

Personil Kodim Yahukimo Gelar Upacara Bendera Pertama Kalinya di Sekolah Satu Atap Distrik Iwur

Senin, 17 Oktober 2022 | 21:03 WIB / Andi Riri
Personil Kodim Yahukimo Gelar Upacara Bendera Pertama Kalinya di Sekolah Satu Atap Distrik Iwur  Upacara bendera yang digelar personil Kodim Yahukimo di sekolah satu Atap Distrik Iwur, Pegunungan Bintang/dok:Penrem172

PEGUBIN, wartaplus.com - Personil Kodim 1715/Yahukimo yang sedang melaksanakan tugas Satgas  Pamtas RI - PNG di Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan menggelar upacara bendera bersama guru dan siswa SDN dan SMPN Satu Atap Iwur, Senin (17/10). 

Upacara yang digelar ini merupakan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang pertama kalinya bagi siswa/i SDN dan SMPN Satu atap Iwur. 

Bersama dengan Pos Pamtas RI-PNG Kodim 1715/Yahukimo, upacara ini dilakukan juga sebagai contoh bagi siswa tentang tata cara pelaksanaan upacara bendera.

Meskipun melewati medan yang cukup sulit bagi para siswa siswi untuk mencapai sekolah, namun tidak mematahkan semangat mereka untuk hadir dan mengikuti upacara dengan khidmat di sekolah mereka.

Danpos Iwur Serka Lukas Sosomar menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai Perintah Komandan Kodim 1715/Yahukimo, demi menanamkan Wawasan Kebangsaan (wasbang) dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda Indonesia yang berada di daerah perbatasan RI - PNG. Ini juga sejalan dengan program Pembinaan Teritorial Satuan Kodim 1715/Yahukimo. 

"Adapun kegiatan lain yang kami laksanakan hari ini di kelas yaitu memberi pemahaman kepada Siswa siswi SMPN Satu Atap Iwur dengan materi Wawasan Kebangsaan yang didalamnya juga terdapat contoh-contoh sikap tanah air seperti menggunakan produk dalam negeri, belajar sungguh - sungguh sehingga bisa ikut mengharumkan nama bangsa melalui prestasi," ujarnya. 

Harapkan Perhatian Pemda

Kepala Sekolah SDN Satu Atap Iwur, Willem B. Oropka Selaku pembina upacara menyampaikan terima kasih kepada Pos Kodim 1715/Yahukimo,  karena selama ini personel pos selalu berganti tetapi tidak ada yang mengajari anak-anak melaksanakan Upacara Bendera.  

"Kami harap upacara kali ini bisa menjadi contoh buat siswa - siswi kami, untuk dapat melaksanakan Upacara pada setiap hari senin. Kami juga sangat berharap perhatian dari pemerintah daerah dan perhatian penuh pemerintah pusat untuk memperhatikan Setiap Sekolah  yang ada di wilayah Perbatasan NKRI. Khususnya wilayah Kab. Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung Dengan Negara PNG," katanya. 

"Akhirnya Terimakasih buat Pimpinan TNI di Jakarta, di Jayapura dan Kodim 1715/Yahukimo yang anggotanya sudah mengajarkan banyak hal baik kepada masyarakat selama bertugas di Distrik Iwur," sambungnya.

Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf  Johanis Victorianus Tethool, S.Sos., saat dihubungi menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel Pos Pamtas RI - PNG Distrik Iwur yang sudah melaksanakan tugas dengan baik. 

"Dengan adanya pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang pertama kali dilaksanakan oleh SDN dan SMPN 1 Atap Iwur dapat menambah kecintaan kepada Negara Republik Indonesia dan memupuk jiwa nasionalisme terhadap generasi - generasi muda," katanya. 

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat dilakukan juga oleh satuan jajaran lain yang ada di wilayah Kodim 1715/Yahukimo.

"Dan kegiatan ini saya harapkan tidak hanya bersifat simbolis saja, tetapi harus dilaksanakan secara terus menerus dengan memberikan motivasi yang membangun kecerdasan bangsa di wilayah-wilayah terpencil seperti Distrik Iwur. Sebab kehadiran TNI harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekelilingnya," harapnya.**


BACA JUGA

Pasca Gangguan KST, TNI Dampingi Warga yang Mengungsi Kembali ke Distrik Serambakon

Selasa, 17 Oktober 2023 | 05:30 WIB

Dandim Yahukimo Pimpin Upacara Taptu dan Pawai Obor Jelang Peringatan Detik detik Proklamasi

Kamis, 17 Agustus 2023 | 05:35 WIB

Plh. Dandim Yahukimo Hadiri Pengukuhan 13 Kepala Suku, Berharap Membantu Jaga Kedamaian

Minggu, 02 April 2023 | 11:01 WIB

Danrem JO Sebut KST Sengaja Tebar Teror di Yahukimo, untuk Pecahkan Konsentrasi TNI Polri

Jumat, 10 Maret 2023 | 20:37 WIB

Danrem JO Bantah Ada Penyisiran di Yahukimo Pasca Penembakan Anggota Kodim oleh KST

Rabu, 08 Maret 2023 | 08:18 WIB
TERKINI

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Puncak Perayaan Hut Dekranas dan HKG di Solo

19 Jam yang lalu

Tahun Ini Pemprov Papua Tengah Bangun Perpanjangan Landasan Bandara Baru Nabire

1 Hari yang lalu

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka, Menteri PANRB Ingatkan Hal Ini

1 Hari yang lalu

Paulus Waterpauw Dinantikan, Dewan Adat Sarmi: Suara Akan Kami Bungkus Untuknya

1 Hari yang lalu

KPK Kembalikan 90 Unit Mobil yang sebelumnya Ditarik dari Mantan Anggota DPR Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com