MENU TUTUP

BI Papua dan ISEI Papua Lakukan Kajian Upaya Pengembangan Ekonomi di Bumi Cenderawasih

Rabu, 25 Januari 2023 | 05:42 WIB / Andi Riri
BI Papua dan ISEI Papua Lakukan Kajian Upaya Pengembangan Ekonomi di Bumi Cenderawasih KPw BI Papua dan ISEI Papua dalam kegiatan di Jayapura/dok:BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Upaya pembangunan ekonomi Papua memerlukan sinergi bersama terutama untuk pengembangan sumber pertumbuhan baru yang memperkuat pondasi ekonomi di bumi cenderawasih. 

Berkaitan dengan itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Papua bersinergi dalam berbagai kegiatan. Salah satunya, melakukan kajian bersama terkait topik-topik strategis perekonomian Papua.

Kajian bersama KPw BI Papua dan ISEI Papua pada tahun 2022 yang lalu mengangkat tema terkait penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. 

Kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan dipilih menjadi obyek penelitian karena penggunaan kendaraan listrik yang masif oleh masyarakat.  Lebih dari 90 persen masyarakat di Kota Agats menggunakan kendaraan listrik dalam aktivitas sehari-hari. 

Kepala Kpw BI Papua, Juli Budi Winantya dalam rilisnya mengatakan, hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan tenaga listrik didukung oleh permintaan masyarakat dan dukungan kebijakan pemerintah. 

"Selain itu, kebijakan pemerintah terkat penyediaan barang publik, infrastruktur, dan biaya produksi turut mendukung potensi kendaraan listrik di Agats," kata Juli.

Ia menjelaskan, penggunaan kendaaran listrik yang masif dapat terjadi karena menawarkan hemat tenaga dan waktu,kenyamanan, aksesibiltas yang mudah, trendy, dan stylist.

Lebih lanjut kata Juli, pelaksanaan kajian bersama akan terus berlanjut di tahun 2023 ini. Tema kajian yang diangkat di tahun ini berkaitan dengan sumber pertumbuhan baru sebagai mesin penggerak ekonomi khususnya pasca terbentuknya daerah otonomi baru (DOB). 

"Sumber pertumbuhan baru yang menjadi fokus kajian tahun ini adalah pengembangan pariwisata," ungkapnya. 

Beberapa destinasi utama potensial seperti wisata maritim di Nabire dan Biak dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

"Kajian di bidang pariwisata sekaligus selaras dengan rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderwasih di tahun ini," pungkas Juli.**

 


BACA JUGA

Masuki Tahun Politik di 2023, Diprediksi Pertumbuhan Ekonomi Papua Meningkat

Rabu, 04 Januari 2023 | 19:46 WIB

BI Papua Siapkan Rp5,3 Triliun, Jamin Kebutuhan Uang Tunai Masyarakat Selama Nataru

Sabtu, 24 Desember 2022 | 11:55 WIB

Festival Kopi Papua 2022: Total Transaksi UMKM Capai Rp300 Juta, Penggunaan QRIS 33,98 Persen

Senin, 29 Agustus 2022 | 05:53 WIB

Wujud Apresiasi Peluncuran Uang TE 2022, BI Papua Simbolis Serahkan TOA ke Pemda

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:59 WIB
TERKINI

Seorang Anak Balita di Jayapura Dianiaya Secara Keji oleh Ayah Kandungnya

6 Jam yang lalu

Tali Jembatan Gantung Putus, 4 Anggota TNI-Polri Terjatuh ke Sungai Digoel

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

1 Hari yang lalu

Polisi Bersama Komunitas Cap Panah Merah, Panen Cabai dan Tomat di Merauke

1 Hari yang lalu

Bocah 12 Tahun Nyaris Jadi Korban Penculikan di Sentani

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com