MENU TUTUP

Pemprov Papua Siap Wujudkan Digitalisasi dan Modernisasi Sistem Pembayaran Pemda

Kamis, 04 Mei 2023 | 19:03 WIB / Andi Riri
Pemprov Papua Siap Wujudkan Digitalisasi dan Modernisasi Sistem Pembayaran Pemda Ilustrasi gedung Bank Papua di pusat Kota Jayapura/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua mengklaim siap mendukung dan bekerja sama dengan bank daerah setempat, guna mewujudkan digitalisasi serta modernisasi sistem pembayaran pemerintahan, lewat pengembangan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Dukungan tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, dalam keterangannya kepada pers di Jayapura, Kamis (04/05).

"Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung dan bekerja sama dengan Bank Papua untuk pengembangan KKPD. Hal demikian bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih akuntabel, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkap Ridwan.

Menurut ia, Bank Papua merupakan perbankan daerah yang terpilih sebagai salah satu BPD dari enam piloting pengembangan KKPD bersama bank nasional lainnya.

Plh Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun

Pengembangan KKPD ini melalui pengujian terbatas oleh pihak Bank Indonesia, bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 5 April - 5 Mei 2023. Dimana Bank Papua telah dinyatakan berhasil melakukan pengujian seratus persen.

"Untuk itu selama kepada Bank Papua dan pengembangan KKPD ini. Kita doakan supaya pengembangan KKPD ini bisa lebih baik lagi di masa mendatang, dalam mendukung modernisasi dan digitalisasi sistem pembayaran pemerintahan daerah," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A. Yudianto meyakini KKPD bakal lebih populer dimasa mendatang, mengingat sistem pembayarannya yang lebih mudah, praktis dan meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih Akuntable

"Apalagi kita kan saat ini semakin berada pada masa atau era digitalisasi. Sehingga KKPD kedepan saya yakin di pemerintah daerah akan bisa lebih baik dalam menunjang pembangunan," katanya.**


BACA JUGA

MoU Pemda Puncak Jaya dan Bank Papua Tentang Penyaluran Gaji dan Fasilitas Kredit Pegawai

Jumat, 15 Desember 2023 | 12:50 WIB

Bank Papua Cabang Merauke Raih Penghargaan BI Award 2023 untuk Kategori Ini

Kamis, 30 November 2023 | 12:24 WIB

Ondoafi Tabi Saireri Berunjuk Rasa, Tolak Hasil Seleksi Anggota MRP 2023 - 2028

Kamis, 27 Juli 2023 | 20:42 WIB

Plh Gubernur Papua Serahkan SK Perpanjangan Jabatan Pj Wali Kota Jayapura dan Bupati Sarmi

Jumat, 26 Mei 2023 | 19:59 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

2 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

2 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com